SMK BUDI LUHUR

Wednesday, 13 October 2021

Pelatihan Safety Riding dari PT. Sinar Sentosa Primatama

 Dalam rangka memberikan pelajaran tentang keselamatan berkendara di jalan raya, Acara ini diikuti siswa/i dari kelas XII OTKP dengan total siswa 17 Orang, ditambah guru pendamping Internal sekolah 2 orang, pak Budiono dan Ibu Devi FN. S.Pd.



Materi ini disampaikan secara daring (dalam jaringan) oleh pemateri dari pihak Honda dengan PT. Sinar Sentosa Primatama, dengan pemateri 2 (dua) pemateri Bapak Rudi Septiadi dan Bapak Edi Yunus, Karena mengingat masih dalam kondisi pandemi siswa/i juga di wajibkan menggunakan masker.



Pada kesempatan ini materi yang disampaikan juga dari dasar berkendara yang baik dan aman di jalan raya, sebagaimana Tagar yang dimunculkan oleh PT. Sinar Sentosa Primatama yaitu #cari_aman, sebagaimana etika berkendara dijalan raya juga perlu dikenalkan terhadap siswa/i.



Acara ini berlangsung dari pukul 09:00 WIB - Selesai (14 Okt 2021) dan diakhir acara akan dipilih 3 peserta terbaik dan aktif selama pelatihan berlangsung.

Download RPP PAI SD Kelas 1 K13 Semester 1 Revisi 2017 Terbaru

Gurumaju.com – Download RPP PAI SD Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 ini dibagikan bagi rekan-rekan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD).
rekan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam  RPP PAI SD Kelas 1 K13 Semester 1 Revisi 2017
RPP PAI SD Kelas 1 K13 Semester 1 Revisi 2017

Banyak sekali permintaan dari rekan-rekan guru yang mungkin sedikit kecewa karena ketika mencari Contoh RPP PAI SD di situs Gurumaju.com ini ternyata tidak ditemukan. Namun dari banyaknya permintaan dari rekan-rekan Guru Mata Pelajaran PAI, maka pada kesempatan Kali ini  Admin akan memberikan  File contoh RPP PAI SD Kurikulum 2013 untuk kelas 1 tingkat Sekolah Dasar.

Seperti diketahui, RPP adalah salah satu perangkat pembelajaran yang perlu di buat oleh seorang guru, tentunya selain RPP, masih ada Silabus, Prota, Prosem, Jurnal pembelajaran, Pemetaan KD dan lain sebagainya. RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) kelas 1 SD/MI k13 ini sudah Integritas, PPK, Literasi, 4C dan HOST dan sesuai dengan model pembelajaran abad 21.

RPP PAI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi terbaru  ini di dalamnya terdapat KI1, KI2, KI3 dan KI4, dengan tujuan untuk menumbuhkan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan para peserta didik.

Silahkan bagi rekan-rekan Guru Mata Pelajaran PAI atau BP untuk mendownload Contoh RPP PAI SD Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 melalui tautan dibawah ini:

RPP PAI Kelas 1 SD/MI Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Pelajaran 1: Kasih Sayang
A. Kasih Sayang Nabi Muhammad [Download]
B. Kasih Sayang Allah [Download]

Pelajaran 2: Aku Cinta Al-Qur’an
A. Baca Basmalah [Download]
B. Lafal Huruf Hijaiyyah [Download]

Pelajaran 3: Iman Kepada Allah Swt
A. Yakin Allah Swt itu Ada [Download]
B. Allah Itu Esa [Download]

Pelajaran 4: Bersih itu Sehat [Download]

Pelajaran 5: Cinta Nabi dan Rasul
A. Keteladanan Nabi Adam a.s. [Download]
B. Kisah Keteladanan Nabi Nuh a.s. [Download]
C. Kisah Keteladanan Nabi Hud a.s. [Download]

Demikian Informasi mengenai RPP PAI SD K13 Revisi Untuk kelas 1 Semester 1 yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.


Monday, 11 October 2021

Kumpulan Terbaru Soal-Soal Tentang Surat OTKP Pemasaran

Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tulis  Kumpulan Soal-Soal Tentang Surat
Pengertian Surat

Ada dua macam surat, yaitu surat pribadi dan surat dinas. Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai pribadi bukan sebagai wakil atau urusan yang berkaitan dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi.

Sedangkan surat dinas adalah surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk kepentingan formal. Surat dinas dapat ditulis oleh pribadi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan, atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga. Isi dalam surat dinas bersifat resmi. Dalam menulis surat dinas, ada hal yang

Materi surat dipelajari pada mata pelajaran bahasa Indonesia di tingkat SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/MA. Berikut ini adalah contoh soal materi surat yang dipelajari pada tingkat SMP/MTs.

Kumpulan Soal-Soal Tentang Surat
Contoh Soal Surat Pribadi
Contoh Soal Melengkapi Surat Dinas/Surat Resmi
Kumpulan Soal tentang Surat Pribadi
Contoh Soal tentang Surat Pembaca
Contoh Soal Tentang Menulis Pesan Singkat (Memo)
Contoh Soal tentang Surat Dinas (Surat Resmi)
Sumber http://basindon.blogspot.com/

Bukti Fisik Akreditasi Standar Kompetensi Kelulusan tingkat SMP Nomor 31

Bukti Fisik Akreditasi Standar Kompetensi Lulusan Nomor 31 - Telah sampailah kita pada pembahasan mengenai bukti fisik akreditasi standar lulusan. Instrumen akreditasi nomor 31 merupakan instrumen pertama untuk standar lulusan pada instrumen akreditasi tingkat SMP.


Sementara itu, akreditasi SMA/SMK instrumen akreditasi sekolah nomor 31 masih pada standar proses. Pada kesempatan lain akan kita bahas kembali untuk tingkat SMA/SMK.

Standar Kompetensi adalah suatu ukuran/tolak ukur kompetensi/kemampuan yang harus dicapai atau terpenuhi oleh peserta didik setelah mengikuti suatu proses dalam satuan pendidikan pada tingkat tertentu.

Nach.! Jadi standar kompetensi itu sebuah patokan yang telah dibuat dan harus tercapai  ketika mengkuti proses pembelajaran.

Standar Kompetensi Lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup cara bersikap, keilmuan atau pengetahuan, dan keterampilan yang dimiliki.

Standar kompetensi lulusan sering disingkat dengan SKL. Adapun fungsi dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL), sebagai berikut:

  • Standar kompetensi lulusan digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik,dari satuan pendidikan
  • Standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
  • Standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan menengah umum bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
  • Standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan menengah kejuruan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Back to Topic! Disini kita fokus pada keperluan persiapan bukti fisik akreditasi. Mari memahami instrumen standar kompetensi lulusan agar mampu mempersiapkan akreditasi dengan baik.

Instrumen Akreditasi Kompenen Standar Kelulusan Nomor 31

31. Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, sesuai dengan perkembangan siswa yang diperoleh dari pengalaman pembelajaran melalui pembiasaan: (1) integrasi pengembangan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam kegiatan pembelajaran, (2) berdoa setiap memulai dan mengakhiri kegiatan, (3) santun dalam berbicara dan berperilaku, (4) berpakaian sopan sesuai aturan sekolah/madrasah, (5) mengucapkan salam saat masuk kelas, (6) melaksanakan kegiatan ibadah, (7) mensyukuri setiap nikmat yang diperoleh, (8) menumbuhkan sikap saling menolong/ berempati, (9) menghormati perbedaan, (10) antre saat bergantian memakai fasilitas sekolah/madrasah.
  • A. Melaksanakan 9 kegiatan pembiasaan atau lebih
  • B. Melaksanakan 7-8 kegiatan pembiasaan
  • C. Melaksanakan 5-6 kegiatan pembiasaan
  • D. Melaksanakan 3-4 kegiatan pembiasaan
  • E. Melaksanakan kurang dari 3 kegiatan pembiasaan

Berdasarkan instrumen akreditasi komponen standar isi kelulusan nomor 31 diatas dapat diketahui bahwa penerapan prilaku siswa yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pembiasaan yang dilakukan pada satuan unit pendidikan.

Penerapan pembiasaan sehingga membentuk sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dapat dilakukan  dengan 9 pembiasaan pada kegiatan sehari-hari disekolah.

Jika penerapan yang dilakukan oleh sekolah memenuhi semua point yang disebutkan pada instrumen akreditasi komponen standar lulusan maka dapat dipastikan jawaban dapat dipilih A.

Untuk mendukung pembuktian akreditasi sekolah pada instrumen ini, terhadap penerapan dan pembiasaan yang dilakukan oleh sekolah, mari memahami petunjuk teknis akreditasi standar kompetensi lulusan berikut ini.

Petunjuk Teknis Akreditasi Standar Kompetensi Kelulusan Nomor 31

  • Sekolah/madrasah memfasilitasi berbagai kegiatan untuk memotivasi siswa agar memiliki perilaku dan mengembangkan sikap orang beriman melalui pembiasaan (budaya sekolah) dalam menghargai dan menghayati sesuai dengan ajaran agama yang dianut, meliputi:
  • Integrasi pengembangan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam kegiatan pembelajaran.
  • Berdoa setiap memulai dan mengakhiri kegiatan.
  • Santun dalam berbicara dan berperilaku.
  • Berpakaian sopan sesuai aturan sekolah/madrasah.
  • Mengucapkan salam saat masuk kelas.
  • Melaksanakan kegiatan ibadah.
  • Mensyukuri setiap nikmat yang diperoleh.
  • Menumbuhkan sikap saling menolong/berempati
  • Menghormati perbedaan
  • Antre saat bergantian memakai fasilitas sekolah/madrasah
Dibuktikan dengan:
  • Dokumen:
    • program sekolah/madrasah melalui Rencana Kerja dan Pelaksanaan Program.
    • foto-foto kegiatan yang mencerminkan sikap religius siswa.
  • Observasi lingkungan tentang aktivitas yang dilakukan oleh siswa baik dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
  • Wawancara dengan kepala sekolah/madrasah, guru, tenaga kependidikan, pengurus OSIS, dan komite sekolah/madrasah.

Pahami dengan benar petunjuk teknis agar kita mampu mempersiapkan bukti fisik akreditasi sekolah dengan baik dan relevan dengan instrumen akreditasi sekolah. 

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk menerapkan pembiasaan dan pembentukan sikap beriman dan bertakwa pada diri siswa. Beberapa kegiatan tersebutkan pada petunjuk teknis akreditasi sekolah diatas. 

Setiap kegiatan yang akan dilakukan sudah seharusnya tercantum dalam Rencana Kerja dan Pelaksanaan Program.

Bukti Fisik Akreditasi Standar Kompetensi Kelulusan Nomor 31

Nach itulah yang dapat kami share pada kesempatan ini dengan judul artikel Bukti Fisik Akreditasi Standar Kompetensi Kelulusan Nomor 31.

Catatan Instrumen Sama Pada Jenjang Berbeda 

  • SD/MI : Instrumen Akreditasi Sekolah Standar Kompetensi Lulusan Nomor 32
  • SMP/MTs-SMA/SMK/MA : Instrumen Akreditasi Sekolah Standar Kompetensi Lulusan Nomor 31
Semoga dapat membantu rekan-rekan yang sedang mempersiapkan akreditasi sekolah. Jika artikel yang kami sajikan ini dirasakan ada manfaat, mohon dapat dishare ke teman-teman lain yach.!!
Sumber https://www.cararingkas.com/

Contoh Soal Pemasaran dan OTKP Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya

Contoh Soal Pilihan Ganda Pemasaran Kelas  Contoh Soal Pemasaran Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Lengkap Beserta Jawabannya
Contoh Soal Pilihan Ganda Pemasaran Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabannya
1. Inti dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan adalah …
a. bauran produksi
b. marketing mix
c. segmentting
d. targetting
e. positionning

2. Menurut falsafah market oriented kegiatan perusahaan diarahkan untuk memenuhi keinginan dan memuaskan  kebutuhan …
a. pemasaran
b. manajer
c. konsumen
d. pemilik saham
e. pemerintah dan perundang-undangan

3. Siklus kehidupan barang yang dimulai dari tahap perkenalan sampai dengan tahap penurunan disebut dengan:
a. PVC
b. LPC
c. PLC
d. LC
e. MCK

4. Dalam penentuan logo dan moto perusahaan, hal yang harus dipertimbangkan adalah …
a. dibuat seacara sederhana
b. dibuat dengan kalimat padat
c. harus berwarna
d. harus mudah diingat
e. bersifat kompleks

5. Harga ditentukan berdasarkan periode atau masa tertentu, merupakan metode penentuan harga menurut …
a. pelanggan
b. bentuk
c. tempat
d. fungsi
e. waktu

6. Menetapkan harga rendah di awal penjualan, namun kemudian menaikkan harga jual, merupakan strategi dari …
a. pricing
b. skimming price policy
c. penetration pricing policy
d. introductory price dealing
e. dumping

7. Fungsi logistik dalam saluran distribusi meliputi …
a. menghubungi & berkomunikasi dengan pelanggan
b. pengangkutan dan penyortiran
c. penelitian dan pembiayaan
d. penentuan lay out gedung
e. pelayanan dan garansi

8. Saluran distribusi langsung untuk produk konsumen adalah …
a. produsen distributor bisnis konsumen industri
b. produsen pengecer konsumen
c. produsen konsumen
d. produsen konsumen industri
e. produsen grosir pengecer konsumen

9. Untuk meningkatkan penjualan atau untuk meningkatkan jumlah pelanggan dalam waktu singkat,  kegiatan strategi promosi yang dapat  dilakukan adalah ….
a. iklan
b. promosi penjualan
c. publisitas
d. penjualan pribadi
e. pemasaran langsung

10. Pada media interaktif internet merupakan komponen utama sehingga media interaktif biasa disebut sebagai pemasaran …
a. langsung
b. tidak langsung
c. face to face
d. off line
e. on line

11. Ihktsar  dari seluruh rencana pemasaran yang dibuat beserta rekomendasinya, sehingga memberikan gambaran mengenai hal pokok isis rencana pemasaran disebut …
a. action program
b. gambaran situai saat ini
c. tujuan pemasaran
d. ringkasan eksekutif
e. anggaran

12. Inti dari rencana pemasaran adalah …
a. tujuan pemasaran
b. manfaat pemasaran
c. program kegiatan
d. anggaran
e. strategi pemasaran

13. Perkiraan mengenai perincian biaya yang diperlukan untuk melaksanakan semua kegiatan pemasaran dimasukkan dalam
a. action program
b. gambaran situai saat ini
c. tujuan pemasaran
d. anggaran
e. ringkasan eksekutif

14. Perencanaan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek memiliki karakteristik …
a. waktu tak tentu dan objektif
b. waktu tertentu dan objektif
c. waktu tak tentu dan subyektif
d. waktu tertentu dan subyektif
e. waktu tertentu dan tentatif

15. Kegiatan meramalkan atau merencakan permintaan produk untuk suatu periode tertentu disebut ….
a. evaluation
b. suportting dokumen
c. forecasting
d. planning
e. actuating

16. Contoh perencanaan yang mempunyai karakteristik  waktu periode tertentu adalah perencanaan ….
a. jangka pendek
b. jangka menengah
c. tahunan
d. operasional
e. strategis

17. Rencana jangka pendek yang secara sistematis dikembangkan dan diturunkan dari perencanaan yang lebih luas disebut perencanaan …
a. operasional
b. reaksi
c. tahunan
d. dekade
e. forecasting

18. Pada perusahan consumers good strategi produk dibuat untuk …
a. memenuhi forecasting
b. pesanan
c. disalurkan langsung kepada pembeli
d. disimpan
e. diekspor

19. Proses memperkenalkan produk baru kepada para penyalur dan pembeli mengenai kemasan, merk, harga, promosi, distribusi dan sebagainya merupakan tahap …
a. persiapan
b. penyaringan gagasan
c. uji coba
d. komesialisasi
e. evaluasi

20. Pada langkah_langkah perencanaan pemasaran kegiatan : pengawasan dan penilaian serta diagnosis untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan termasuk dalam tahap …
a. perencanaan
b. pengorganisasian
c. pelaksanaan
d. action
e. pengendalian

Baca Juga : 40 Soal Pemasaran Online Kelas 10 Lengkap Beserta Jawabannya

21. Jika ada pertanyaan dalam penentuan misi perusahaan  What is value to the customer?  Maka hal ini berhubungan dengan …
a. jenis usaha
b. konsumen
c. pendapatn konsumen
d. nilai yang dipakai konsumen
e. konsumen dimasa mendatang

22. Dalam penentuan misi perusahaan perlu diketahui : Kualitas produk, Teknologi proses produksi, Kelompok konsumen yang dituju untuk produk tersebut, Kebutuhan pasar, dan Kombinasi semua komponen tersebut. Lima hal ini disebut …
a. business domain
b. business oriented
c. market oriented
d. market domain
e. vision oriented

23. Sebelum menetapkan pasar sasaran (target pasar) perusahaan perlu melakukan …
a. survey pasar
b. segmentasi pasar
c. pemosisian pasar
d. menetapkan business domain
e. melakukan market oriented

24. Kelompok konsumen yang mempunyai ciri-ciri/sifat yang hampir sama yang dipilih perusahaan dan akan dicapai dengan strategi marketing mix yang berbeda untuk produk yang dipasarkan disebut …
a. market oriented
b. segemnatasi pasar
c. target pasar
d. positioning pasar
e. strategi pasar

25. Untuk evaluasi target pasar diperlukan informasi dan analisis tentang … kecuali
a. produk yang dipasarkan
b. strategi marketing mix
c. kepuasan konsumen
d. laba perusahaan
e. kepribadian pemilik perusahaan

26. Meninjau pasar secara keseluruhan dan memusatkan perhatian pada kesamaan kebutuhan konsumen merupakan ciri dari strategi target pasar …
a. market oriented
b. undifferentiated marketing
c. concentrated marketing
d. differentiated marketing
e. market tergetting

27. Untuk produk yang homogen, maka strategi yang tepat untuk target pasarnya adalah …
a. market oriented
b. undifferentiated marketing
c. concentrated marketing
d. differentiated marketing
e. market tergetting

28. Bila sumber daya yang dimiliki sangat terbatas maka strategi target pasar yang tepat adalah …
a. market oriented
b. undifferentiated marketing
c. concentrated marketing
d. differentiated marketing
e. market tergetting

29. Kelompok produk yang berhubungan erat karena kelompok produk tersebut memiliki fungsi, pelanggan, dijual pada gerai dan memiliki kisaran harga yang sama disebut …
a. siklus produk
b. lini produk
c. item produk
d. jenis produk
e. industri produk

30. Tahap paling awal dalam proses pengambilan keputusan pembelian adalah …
a. memutuskan membeli
b. menetapkan tujuan
c. menilai sumber
d. analisis kebutuhan dan keinginan
e. identifikasi alternatif pembelian

31. Mengenali basis untuk membuat segmentasi dan mengembangkan profil dari segmen yang dihasilkan merupakan kegiatan … dalam pemasaran terarah.
a. pemosisian
b. reposisi
c. pentargetan
d. segmentas
e. marketing mix

32  Segmentasi geografik membagi pasar menjadi beberapa unit/kelompok sesuai dengan ….
a. gambaran penduduknya
b. gambaran wilayah / tempatnya
c. gambaran sifat konsumen
d. gambaran psikologis
e. gambaran kebiasaan konsumen

33. Yang termasuk faktor demografi adalah:
a. kepribadian
b. wilayah
c. sikap
d. daerah pedesaan
e. penghasilan

34. Yang termasuk faktor psikografik adalah:
a. kepribadian
b. agama
c. lokasi daerah
d. jenis kelamin
e. kesempatan

35. Jika kita melakukan segmentasi tingkah laku konsumen menggunakan variabel status pengguna maka kegiatan pemasaran akan difokuskan kepada kelompok:
a. bukan pengguna
b. pengguna reguler
c. pengguna potensial
d. mantan pengguna
e. pengguna fanatik

36. Membuat segmentasi kepada konsumen atau perusahaan lain yang membutuhkan barang untuk bahan baku maupun bahan tambahan produksi disebut dengan segmentasi pasar ….
a. primer
b. skunder
c. industri
d. konsumen
e. internasional

37. Salah satu alasan dilakukannya segmentasi pasar karena pasar bersifat…
a. komplek
b. homogen
c. membingungkan
d. dinamis
e. statis

38. Salah satu syarat segmentasi pasar adalah dapat dijangkau dan dilayani secara efektif atau …
a. measurebility
b. accessibility
c. substantiality
d. faesibility
e. capability

39. Pada waktu melaksanakan tahap analisa untuk segmentasi pasar yang paling sering digunakan adalah analisis ….
a. faktor
b. korelasi
c. regresi
d. korelasi dan regresi
e. chi square

40. Suatu bidang / kuadran yang berisi titik-titik yang menghubungkan hubungan dalam variabel tingkat kecenderungan pembelian disebut dengan …
a. produk space
b. produk preferensi
c. preferensi
d. atribut produk
e. targeting

1. B
2. C
3. C
4. D
5. E
6. D
7. B
8. C
9. B
10. D
11. D
12. E
13. D
14. C
15. B
16. A
17. A
18. D
19. D
20. E
21. D
22. A
23. B
24. C
25. E
26. B
27. B
28. C
29. B
30. D
31. D
32. B
33. E
34. A
35. C
36. C
37. D
38. B
39. A
40. A

Demikianlah postingan mengenai Contoh Soal Pemasaran Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Lengkap Beserta Jawabannya, semoga bermanfaat salam sukses untuk semua sahabat Pemasaran. Sumber https://administrasingajar.blogspot.com/

Download Terbaru Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi

Download Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran  Download Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP)
Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan dalam hal ini peserta didik. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pembelajaran berorientasi keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dalam upaya menjaga keprofesionalannya, guru senantiasa harus meng-update diri dengan melakukan berbagai pengembangan keprofesian berkelanjutan. Selama ini program pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dikembangkan oleh Ditjen GTK didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, lebih memfokuskan pada peningkatan kompetensi guru terutama dalam kompetensi pedagogi dan profesional, adapun Program PKP Berbasis Zonasi ini lebih memfokuskan pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Terkait dengan itulah, memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi, pedoman ini dikembangkan.

PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP)
BERBASIS ZONASI

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, selanjutnya akan disingkat dengan Program PKP, merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan bagian dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan oleh UndangUndang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan keprofesiannya. Pada Program PKB terdahulu yang dikembangkan oleh Ditjen GTK sebelumnya, yang didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional. Sedangkan Program PKP lebih berfokus pada upaya mencerdaskan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Link Download Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP)

Demikianlah artikel ini dibuat semoga bermanfaat. Salam TIK Sumber https://www.duniatik.com/

Terbaru 11 Cara Belajar Menghafal dan Memahami Pelajaran

Bagaimana cara menghafalkan dan memahami ilmu pelajaran sekolah dan ilmu umum lainnya dengan cepat dan bisa tahan lama ?_Belajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan guna mengetahui dan memahami pengetahuan yang belum diketahui dengan jelas. Belajar menjadi suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua orang tanpa terkecuali. Bahkan belajar menjadi sebuah hak asasi manusia. Belajar dilakukan sepanjang hidup manusia dan merupakan salah satu kebutuhan abadi manusia dan mutlak tidak dapat diganggu gugat.

Setiap kegiatan yang dilakukan bersifat mendidik hingga mampu bisa disebut belajar. Belajar bukan hanya sekadar sebagai kegiatan membaca buku saja.

Membaca bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan dalam proses belajar mengajar. Kegiatan lain juga bisa dikatakan belajar.

Setiap indera manusia dapat digunakan sebagai media belajar, seperti melihat, mendengar, dan merasakan.

Namun salah satu masalah utama yang sering dihadapi adalah sulitnya menghafal pelajaran dengan cepat.

Kadang pelajaran yang sudah dipelajari berkali-kali akan tetapi tetap saja nantinya materi tersebut hilang dari ingatan.

Sebenarnya hal tersebut bukan karena seseorang tidak pintar atau tidak bisa mempelajari suatu hal, karena otak manusia memiliki fungsi yang sama yaitu untuk berpikir.
Bagaimana cara menghafalkan dan memahami ilmu pelajaran sekolah dan ilmu umum lainnya deng 11 Cara Belajar Menghafal dan Memahami Pelajaran dengan Cepat serta Tahan Lama
Tips-Trik Jitu Belajar Menghafal dan Memahami Pelajaran dengan Cepat serta Tahan Lama

1. Mengatur posisi belajar
Posisi belajar memang bukan hal utama yang menentukan tingkat pemahaman seseorang. Akan tetapi posisi belajar seseorang menjadi salah satu pemicu yang dapat meningkatkan daya ingat dan pemahaman.

Posisi yang kurang nyaman dapat mengganggu konsentrasi seseorang karena dapat membagi perhatian antara materi yang sedang dipelajari dan rasa tidak nyaman yang sedang dialami.

Posisi belajar yang terbaik menurut pakar kesehatan adalah dengan cara duduk atau memposisikan diri senyaman mungkin.

Duduk pun harus menggunakan alas atau bantalan duduk yang cukup nyaman bagi tubuh. Sering kali kita tidak terlalu memperhatikan posisi belajar yang dapat mengganggu proses pemahaman materi dan sering kali mengabaikan terhadap dampak buruk posisi belajar yang salah.

2. Belajar pada kondisi dan situasi yang tenang
Cara belajar untuk menghafal pelajaran dengan cepat dan tahan lama yang satu ini memang masih menjadi perdebatan.

Pasalnya ada juga orang yang bisa menghafal apabila sedang mendengarkan suara seperti misalnya musik dan sebagainya.

Akan tetapi fakta membuktikan bahwa, lebih banyak orang yang mampu menyerap pelajaran pada situasi dan kondisi yang tenang.

Salah satu kondisi yang tenang misalnya memilih belajar di waktu malam, karena malam hari umumnya sunyi, sehingga memungkinkan pikiran dan hati bisa terasa tenang.

Artikel terkait : Manfaat Belajar di Waktu Sepertiga Malam

Suasana yang ramai dan berisik akan mengurangi tingkat konsentrasi seseorang yang menjadi penghambat dalam menghafal dan memahami pelajaran.

Bukan hanya situasi dan kondisi lingkungan saja yang harus tenang, namun situasi hati dan pikiran juga.

Sebaiknya bila ada hal yang mengganjal hati dan pikiran maka segera diselelasikan dahulu sebelum belajar agar nantinya tidak mengganggu proses belajar.

3. Memahami materi
Akan sulit bagi seseorang untuk menghafal materi apabila tidak memahami terlebih dahulu dan/atau sebaliknya.

Memahami materi memang cukup sulit bagi seseorang yang baru pertama kali mengenal sebuah materi baru.

Memahami materi tidak bisa dengan cara sekali membaca dan berpatokan pada bacaan yang sama. Dalam memahami materi harus ada referensi lain yang dapat menguatkan pemahaman.

4. Re-telling
Proses ini cukup ampuh bagi seseorang yang ingin menghafal pelajaran dengan mudah. re-telling atau menceritakan kembali adalah konsep belajar yang mutakhir di mana ketika selesai membaca atau mempelajari sesuatu yang baru, orang tersebut akan bercerita mengenai pelajaran yang sudah didapat tadi.

Bercerita bisa dengan orang lain atau dengan pura-pura menceritakan pada diri sendiri.

Bercerita kembali tidak tentu harus sama persis dengan materi pelajaran yang dipelajari barusan.

Bahkan paling efektif adalah menggunakan bahasa sendiri. Selain untuk lebih memudahkan mengingat materi, juga memudahkan dalam penyampaian materi tersebut ke orang lain.

Materi yang diceritakan berulang kali oleh diri sendiri akan lebih mudah diingat oleh orang yang menyampaikan tersebut.

5. Mengingat keyword atau kata kunci
Metode mengingat keyword cukup ampuh dalam menghafal materi pembelajaran berupa teori yang cukup panjang.

Keyword merupakan kata kunci yang biasanya sering keluar dalam suatu kalimat atau merupakan kata yang menjadi pembahasan pokok pada materi tersebut.

Keywoard biasanya menjadi kata yang cukup mudah diingat karena sedikit berbeda dari kata-kata lainnya pada materi yang dipelajari.

Dengan hanya mengingat keyword seseorang bisa merangkai kalimat sendiri dari kata kunci tersebut. Sehingga hanya dengan menghafal keyword maka seseorang bisa menghafal hampir sebagian besar materi yang dipelajari dan materi tersebut akan tahan lama di ingatan karena biasanya kata kunci yang telah diingat tadinya akan tertanam di memori otak karena merupakan kata kunci yang dibuat sendiri.

6. Menghafal melalui audio
Trik belajar selanjutnya adalah menghafal dengan cara mendengarkan materi pelajaran melalui audio. Penelitian membuktikan bahwa belajar menggunakan audio cukup efektif dan mampu meningkatkan daya ingat seseorang terhadap materi yang sudah disampaikan.

Suara dari audio berupa materi pelajaran yang didengarkan akan lebih mudah langsung masuk ke dalam ingatan dan dengan mudah dipahami oleh orang yang mendengarkan.

Berbeda dengan belajar melalui membaca. Membaca membutuhkan beberapa fungsi anggota tubuh lainnya seperti mata untuk melihat tulisan, mulut untuk mengeja bacaan, serta otak untuk memahami.
Akan tetapi kembali lagi pada karakter setiap orang. Ada seseorang yang lebih cepat tanggap dalam menghafal menggunakan audio dan adapula yang lebih nyaman belajar menggunakan media bacaan.

7. Summary 
Summary atau dalam bahasa Indonesia artinya meringkas merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara meringkas pelajaran yang dipelajari menjadi kata yang sersingkat-singkatnya namun mengandung makna menyeluruh dari seluruh pelajaran.

Metode summary menjadi salah satu cara agar mudah menghafal dan memahami pelajaran. Karena materi semakin singkat maka semakin cepat pula di hafalkan dan dipahami.

8. Memanfaatkan sticky note
Sticky note berfungsi untuk mencatat pelajaran yang penting dan menempelkan pada tembok kamar, dinding tempat tidur, atau ruangan yang sekiranya sering ditempati.

Cara ini biasanya dilakukan untuk mempercepat penghafalan dan supaya hafalan tahan lama. Materi yang ditempelkan pada secarik kertas tersebut akan rutin dilihat dan otomatis dibaca. Semakin sering dilihat, semakin mudah dihafalkan.

9. Membuat sebuah gambaran atau imajinasi
Gambar merupakan objek yang cukup mudah dihafal jika dibandingkan tulisan. Metode menggambarkan sesuatu pada pikiran dapat diterapkan khususnya pada materi berupa pelajaran sejarah dan biologi.

Dalam proses penggambaran tersebut akan lebih efektif jika dibumbui dengan imajinasi. Imajinasi seseorang biasanya akan mudah diingat, oleh karenanya perpaduan kedua metode ini cukup ampuh.

10. Diimbangi dengan olahraga dan mengistirahatkan otak
Tidak banyak yang menyadari bahwa olahraga dapat membantu menguatkan ingatan. Menggerakkan tubuh dapat membantu memperlancar aliran darah dan oksigen ke otak.

Tubuh energik yang sering olahraga memiliki otak yang cukup segar dan cepat tanggap. Otak juga sama halnya dengan tubuh, otak juga membutuhkan istirahat, memaksakan otak untuk menghafal dan berpikir justru tidak akan efektif.

11. Jangan lupa makan makanan yang sehat
Makanan yang sehat berupa gizi yang seimbang menjadi salah satu pendukung kemampuan otak dalam menghafal dan menguatkan daya ingat.

Beberapa makanan seperti ikan salmon, telur, kacang-kacangan, gandum, dan sayuran berwarna dapat meningkatkan kemampuan dan kapabilitas otak dalam mengingat pelajaran dengan cepat dan tahan lama.

Artikel terkait : Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Beserta Kandungan Gizinya

Demikian tentang Sebelas Cara Belajar Menghafal dan Memahami Pelajaran dengan Cepat serta Tahan Lama. Semoga bermanfaat

Sumber https://www.websitependidikan.com/