SMK BUDI LUHUR

Tuesday, 3 January 2023

Terbaru Langkah-Langkah Menemukan Tema, Latar, dan Penokohan pada Teks Cerpen

Kali ini admin akan membagikan materi tentang langkah-langkah menemukan tema, latar, dan penokohan dalam teks cerpen. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya dalam mencari referensi tentang teks cerpen dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Harapannya materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.

Kali ini admin akan membagikan materi tentang langkah Langkah-Langkah Menemukan Tema, Latar, dan Penokohan pada Teks Cerpen
www.IndoINT.com

Cerita rekaan Indonesia secara umum memperlihatkan tiga cara penokohan. Pertama, cara analitik, yaitu pengarang dengan kisahnya menjelaskan tokoh itu. Cara kedua adalah dramatik, yakni apa dan siapa tokoh itu tidak dikisahkan pengarang secara langsung, tetapi melalui hal-hal lain. Biasanya kedua cara ini digunakan berganti-ganti dalam sebuah teks cerpen. Cara ketiga merupakan cara yang unik. Hal ini terlihat dalam cerita Salah Asuhan, yaitu digunakan cara analitik yang panjang kemudian ditutup dengan dua-tiga kalimat cara-cara dramatik, dan cara dramatik yang panjang disudahi dengan dua-tiga kalimat analitik.

Cara dramatik memberikan gambaran secara tidak langsung melalui berikut.
  • Gambaran tentang tempat atau lingkungan sang tokoh. Misalnya digambarkan keadaan kamar si A yang porak-poranda. Buku-buku berhamburan, di sudut terlihat sepatunya, disudut lain tergantung berbagai macam benda, dan sebagainya. Dalam hal ini, pengarang tidak perlu mengatakan watak tokoh, pembaca sudah dapat menarik kesimpulan sendiri bagaimana watak penghuni kamar tersebut.
  • Cakapan yaitu cakapan tokoh itu dengan tokoh lain atau cakapan tokoh-tokoh lain tentang dia
  • Pikiran sang tokoh atau pendapat tokoh-tokoh lain tentang dia
  • Perbuatan sang tokoh
Cakapan dalam sebuah cerita rekaan bersifat serbaguna. Cakapan berguna untuk memahami tema, alur cerita, penokohan, dan juga untuk mengetahui latar cerita. Cakapan dalam cerita selalu menjadi bagian yang menyatu dan mendukung isi cerita yang disampaikan. Cakapan yang tidak ada hubungannya dengan peristiwa tertentu hanya merusak kesatuan cerita.

Bacalah dua cerpen yang dikutip dari kumpulan cerpen " Buah Keikhlasan" karya Achmad Sapari berikut!

Cerpen 1

Sebatang Kara

Tanah di pekuburan umum itu masih besah ketika para pentakziah sudah pulang. Sementara Ogal masih duduk sambil sesekali menyeka air matanya. Ibu yang selama ini paling dia hormati dan cintai, tadi malam telah meninggal dunia, menghadap Tuhan Yang Maha Esa.
Burung-burung camar terbang rendah dan sesekali mencelupkan paruhnya di air laut. Bu Tuti dan suaminya  masih berdiri dibelakang sambil menunggu Ogal. Kedua orang tua asuh itu sangat setia kepada Ogal.
"Rasanya saya sudah tidak punya siapa-siapa lagi, Bu," tiba-tiba Ogal berkata dengan suara agak berat.
Bu Tuti memegang lengan Ogal sambil mengelus rambutnya.
"Jangan berkata begitu, anakku. Kami akan menjadi orang tuamu sampai kapan pun."
"Sampai saya mandiri?" desak Ogal.
"Sampai kapan pun. Aku tidak akan membatasi kamu, sebab pada hakikatnya engkau adalah anakku juga."
"Maksud Ibu?" Ogal tidak mengerti.
"Ya, rupanya engkau ditakdirkan untuk aku asuh dan menjadi anak kami. Tetapi kami bertekad untuk menjadi orang tuamu, bukan sekadar orang tua asuh."
Ogal memeluk Bu Tuti. Air mata di pipinya tak henti-hentinya mengalir sehingga membasahi bajunya. Sementara suami Bu Tuti turut berduka atas kematian Bu Arpati.
Sebenarnya Ogal masih ragu-ragu , apakah dia akan ikut Bu Tuti atau bertahan hidup dengan mandiri. Jika dia ikut Bu Tuti tentu tidak dapat bekerja seperti ketika ia masih hidup bersama ibunya. Hal itu menjadikannya manja. Tetapi jika menolak kebaikan Bu Tuti, terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah sedemikian besarnya.
Dari pengalaman hidupnya selama ini, banyak hal yang dapat Ogal petik. Ia biasa bekerja keras, tidak suka menggantungkan pada orang lain. Ia juga biasa hidup prihatin sehingga tidak suka berfoya-foya.
"Bolehkah saya menjajakan kue lagi, Bu?" pinta Ogal kepada Bu Tuti
"Buat apa, Ogal?"
"Agar saya tetap bisa bekerja."
"Kurasa tidak perlu, Ogal. Pusatkan perhatianmu untuk belajar. Sebentar lagi engkau akan ujian."
"Tapi, saya tidak enak kalau menganggur, Bu!"
"Di rumahku engkau tidak mungkin menganggur. Engkau bisa belajar menggunakan komputer, mengetik, nonton TV, dan memelihara kebun."
"Tapi, saya akan tidak bekerja, Bu!"
"Pada hakikatnya engkau bekerja juga.
Memelihara kebun atau membantuku di rumah juga bekerja."
"Jadi, tidak harus menjajakan kue, Bu?"
Bu Tuti mengangguk
"Kalau begitu, tolong carikan pekerjaan yang bisa saya lakukan."
Bu Tuti tersenyum
"Jangan khawatir."
Bu Tuti ternyata dapat memenuhi harapan Ogal. Banyak pekerjaan yang dapat dilakukan Ogal. Misalnya, memelihara kebun mangga, mencatat keluar masuknya barang, dan sebagainya.
Kali ini Ogal tidak kalah sibuknya dengan sewaktu berada di desa nelayan. Bahkan, mungkin boleh dikatakan sangat sibuk. Pekerjaan di rumah Bu Tuti tidak hanya satu, melainkan sangat banyak. Walaupun begitu, Bu Tuti tidak pernah memaksa Ogal untuk bekerja. Semua itu hanya semata-mata menuruti keinginan Ogal.

Cerpen 2

Musibah
 
Kemakmuran di desa nelayan itu tidak selamanya abadi. Ada saatnya naik dan ada saatnya pula turun bak gelombang pasang yang datang.
Sudah dua bulan terakhir angin kencang selalu melanda desa itu. Jika sudah demikian, tidak seorang nelayan pun berani mencari ikan menggunakan perahu, bahkan dengan perahu motor pun tidak berani.
Pak Bakri, yang dikenal sebagai nelayan terkaya di desa itu juga menderita akibat datangnya angin kencang selama dua bulan berturut-turut. Sebagai juragan nelayan, ia merasa kehilangan pendapatan. Apalagi setelah datangnya penyakit yang misterius menyerang sebagian besar penduduk. Bu Bakri sudah dua minggu tidak bisa turun dari tempat tidurnya. Tubuh terasa kaku, seakan-akan mati.
Pak Bakri telah menjual dua perahu motornya. Jika tidak, mana mungkin ia bisa membayar utangnya pada bank. Padahal sudah waktunya ia harus membayar cicilan utangnya. Belum  lagi biaya pengobatan ke dokter dan dukun akibat penyakit yang diderita Bu Bakri.
Pada saat itu Pak Bakri mulai merasakan betapa besarnya kesalahan yang telah diperbuatnya kepada penduduk. Ia yang ia yang selama ini suka mencela dan melecehkan penduduk yang miskin, merasa berdosa. Manol yang selama ini dimanjakan, terasa tidak lagi dipedulikan. Kesusahan keluarga itu terasa sangat menyiksanya.
Penduduk di desa nelayan itu benar-benar berada dalam keadaan tidak berdaya. Kebiasaan mereka membeli barang elektronika saat musim panen ikan, kini barang itu dijualnya. Radio, televisi, video, dan sebagainya, dijual agar mereka dapat mempertahankan hidupnya. Bukan cuma itu, lemari, kursi, dan perhiasan yang dipakainya juga dijual.
Orang-orang yang berada di sekitar desa nelayan itu juga turut merasakan penderitaan. Mereka yang membuka warung, toko, atau apa saja tidak laku. Pembelinya tidak ada. Utang-utang para nelayan itu menunggak sampai batas waktu yang belum diketahui.
...
Tiba-tiba angin bertiup perlahan-lahan. Deburan ombak pun mulai berkurang. Sementara wajah-wajah nelayan menatap ke langit dan penuh harap. Mereka mulai merasakan betapa musibah ini merupakan ujian yang terberat yang pernah mereka alami. Betapa tidak, selama puluhan tahun belum pernah mereka mengalami musibah seperti tiga hari. Itu pun rasanya sangat meresahkan. Selama ini mereka harus beristirahat total selama dua bulan.

Tema, latar, serta penokohan dalam cerpen di atas adalah sebagai berikut.
Tema 
Cerpen 1
Mengenai keteguhan hati seorang anak yatim piatu yang tidak ingin bergantung kepada orang lain. Tema tersebut memiliki  subtema mengenai kebaikan hati seseorang.
Cerpen 2
Mengenai perputaran kehidupan atau keadaan yang sewaktu-waktu dapat berubah. Tema tersebut memiliki subtema kesadaran atau penyesalan seseorang yang muncul karena adanya musibah

Latar
Cerpen 1
1) Latar tempat: tanah pemakaman, rumah Bu Tuti
2) Latar suasana: kesedihan, ketegaran dan keteguhan, serta kesibukan
3) Latar waktu: saat di pemakaman, saat di rumah Bu Tuti
Cerpen 2
1) Latar tempat: kampung nelayan dan rumah Pak Bakri
2) Latar suasana: keadaan yang susah atau sedih di suatu daerah karena adanya musibah dan penyakit; penyesalan.
3) Latar waktu: pada suatu hari saat terjadi musibah di kampung nelayan

3. Penokohan
Cerpen 1
1) Ogal: tegar dan bersemangat mandiri
2) Bu Tuti : baik hati
Cerpen 2
1) Pak Bakri : pencela yang kemudian sadar
2) Bu Bakri : tidak terungkap jelas
3) Manol : manja
4) Penduduk : pemboros

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menemukan tema, latar, dan penokohan dalam teks cerpen. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.
Sumber http://www.ilmubindo.com/

Monday, 2 January 2023

Info Guru Sertifikasi Dapat Mengajar Sesuai Ijazah S1

Kini, guru sertifikasi dapat mengajar sesuai dengan ijazah S1/DIV yang dimiliki. Meski antara prodi dalam ijazah dengan bidang studi sertifikat yang dimilikinya berbeda. Ini merupakan regulasi terbaru sebagaimana tertuang dalam Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik. Baca: Membedah Permendikbud No. 16 Tahun 2019 Tentang Linieritas

Dan khusus bagi guru RA dan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, melalui edarannya telah menyatakan bahwa Simpatika akan mengimplementasikan permendikbud tersebut mulai semester ini. Terkait surat edaran tersebut dapat diunduh dan dibaca di tautan berikut: Edaran Pengelolaan Simpatika Semester 1 2019/2020

guru sertifikasi dapat mengajar sesuai dengan ijazah S Guru Sertifikasi Dapat Mengajar Sesuai Ijazah S1

Ketentuan seorang guru bersertifikat pendidik untuk dapat mengajar sesuai dengan kualifikasi pendidik (ijazah) yang dimiliki menjadi kabar gembira bagi sebagian guru madrasah. Mengingat selama ini tidak sedikit guru madrasah yang tidak linier lantaran bidang studi dalam sertifikat pendidiknya tidak linier dengan mata pelajaran yang diampu.

Sebagai contoh:
  • Memiliki sertifikat pendidik Guru Kelas MI (kode sertifikat 021) tetapi mengajar di RA
  • Memiliki sertifikat pendidik Bahasa Inggris (157) tetapi mengajar di MI
  • Memiliki sertifikat pendidik Geografi (114) tetapi mengajar sebagai guru kelas MI
  • Memiliki sertifikat pendidik Antropologi (215) tetapi mengajar sebagai guru kelas RA
  • Memiliki sertifikat pendidik Guru Kelas SD (020) tetapi mengajar sebagai guru mapel di MTs atau MA
  • Memiliki sertifikasi pendidik Bahasa Jerman (160) tetapi mengajar sebagai guru mapel di MTs 
Sehingga di simpatika memunculkan peringatan bahwa mata pelajaran yang diampu tidak linier dengan bidang studi sertifikat pendidik.

Sebelumnya, jika ingin linier maka guru-guru tersebut harus berpindah mata pelajaran yang diampu, bahkan jenjang madrasah (satminkal). Guru dengan sertifikat pendidik Geografi (114) tetapi mengajar sebagai guru kelas MI harus berpindah satminkal ke MA untuk mengampu mata pelajaran Geografi. Guru dengan sertifikat pendidik Bahasa Inggris (157) tetapi mengajar di MI harus mencari MTs atau MA sebagai satminkal agar bisa mengajar Bahasa Inggris.

1. Guru Sertifikasi Dapat Pindah Mengajar Sesuai Ijazah


Namun berdasarkan regulasi terbaru (Permendikbud No. 16 Tahun 2019), kasus-kasus seperti diatas dapat diatasi tanpa harus pindah satminkal. Guru tetap dapat mengajar di tempat semula dan statusnya menjadi linier. Syaratnya, harus memiliki kualifikasi pendidikan (ijazah) sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan.
  • Pada RA/TK, guru yang memiliki sertifikat pendidik selain sertifikat pendidik guru kelas TK/RA (kode 020, 021, 024) dapat mengar sebagai guru kelas di RA/TK apabila memiliki ijazah S1/D-IV PGTK, PGPAUD, atau psikologi (Poin B Lampiran I Permendikbud No. 16 Tahun 2019)
  • Pada SD/MI; guru dengan sertifikat pendidik selain sertifikat pendidik guru kelas SD/MI, dapat pindah mengajar sebagai guru kelas SD/MI, dengan ketentuan:
    • Guru bersertifikat pendidik Bahasa Inggris (157) yang memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi
    • Guru bersertifikat pendidik guru kelas TK (020) yang memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi
    • Guru pada jenjang SMP, SMA, dan SMK atau sederajat yang telah memiliki sertifikat pendidik tertentu, apabila memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi. (Poin B Lampiran II Permendikbud No. 16 Tahun 2019)
  • Pada SMP/MTs; guru yang memiliki sertifikat pendidik dapat pindah dan/atau mengajar di SMP sebagai guru mata pelajaran apabila memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) sesuai dengan mata pelajaran yang diampu pada jenjang SMP. (Poin B Lampiran III Permendikbud No. 16 Tahun 2019)
  • Pada SMA/MA; Guru yang memiliki sertifikat pendidik dapat pindah dan/atau mengajar di SMA sebagai guru mata pelajaran apabila memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) sesuai dengan mata pelajaran yang diampu pada jenjang SMA. (Poin B Lampiran IV Permendikbud No. 16 Tahun 2019)

Syarat utamanya adalah memiliki kualifikasi pendidikan (ijazah S1 atau D-IV) sesuai dengan mata pelajaran yang akan diampu. Jika tidak memiliki atau sedang menjalani pendidikan maka tidak bisa.

2. Cek Dulu dengan Daftar Linieritas


Sebelum melakukan pergantian mata pelajaran agar sesuai dengan ijazah yang dimiliki, sebaiknya melakukan pengecekan dulu dengan daftar linieritas sebagaimana terdapat dalam lampiran Permendikbud ini. Jika sudah linier maka tidak perlu pindah mengajar.

Dalam Permendikbud No. 16 Tahun 2019 terdapat lima buah lampiran yang terdiri atas:
  • Lampiran I, Kesesuaian Bidang/Mata Pelajaran yang Diampu dengan Sertifikat Pendidik Jenjang Taman Kanak-Kanak (TK/RA)
  • Lampiran II, Kesesuaian Bidang/Mata Pelajaran yang Diampu dengan Sertifikat Pendidik Jenjang Sekolah Dasar (SD/MI)
  • Lampiran III, Kesesuaian Bidang/Mata Pelajaran yang Diampu dengan Sertifikat Pendidik Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs)
  • Lampiran IV, Kesesuaian Bidang/Mata Pelajaran yang Diampu dengan Sertifikat Pendidik Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA/MA)
  • Lampiran V, Kesesuaian Bidang/Mata Pelajaran yang Diampu dengan Sertifikat Pendidik Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Daftar linieritas dalam permendikbud ini lebih banyak dan lengkap dibanding permendikbud sebelumnya.

Jika kode sertifikat pendidik yang dimiliki sudah sesuai dan linier dengan mata pelajaran yang diampu, tidak perlu melakukan perpindahan mata pelajaran. Pun tidak perlu memperhitungkan ijazahnya apa.

Contoh untuk guru kelas SD/MI (kode 027) linier dengan kode 028 (Guru Kelas MI), 047 (Matematika), 050 (Pendidikan Kewarganegaraan), 054 (Bahasa Indonesia), 057 (IPA Fisika), dan 060 (IPS).

Sehingga guru-guru dengan kode sertifikat pendidik seperti di atas, tidak perlu melakukan pindah mata pelajaran (yang mensyaratkan memiliki ijazah PGSD atau psikolog). Karena otomatis akan linier ketika mengajar sebagai guru kelas di SD/MI.

Untuk jenjang-jenjang lain, sila baca dan cermati lampiran Permendikbud Nomor 16 tahun 2019.

3. Hanya untuk yang Belum Linier


Perpindahan mata pelajaran mengikuti ijazah yang dimiliki memang bisa dilakukan. Namun saran , hanya untuk dilakukan oleh guru-guru yang selama ini belum linier. Atau setidaknya, bagi yang memiliki alasan-alasan tertentu harus berpindah satminkal.

Bagi guru yang sudah linier meski memiliki ijazah yang tidak sama dengan sertifikat pendidiknya sebaiknya tetap seperti sedia kala. Sebagai contoh guru berijazah Matematika tetapi memiliki sertifikat pendidik sebagai guru kelas RA dan sudah mengajar sebagai guru kelas RA, sebaiknya tetap mengajar sebagai guru kelas RA. Karena dengan kondisi tersebut toh sudah linier dan tidak bermasalah. 

Kecuali jika seumpama RA satminkal tersebut tutup (berhenti beroperasi) sehingga Sang Guru terpaksa harus berpindah satminkal seperti ke Madrasah Tsanawiyah atau Madrasah Aliyah. Maka ijazah S1 Matematika tersebut dapat digunakan untuk melakukan pengajuan pindah mata pelajaran sertifikasi.

4. Simpatika Akan Melakukan Pemetaan Ijazah


Sehubungan dengan implemnetasi Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 yang memungkinkan perpindahan mata pelajaran mengikuti ijazah (kualifikasi pendidikan) yang dimiliki, maka Simpatika akan melakukan pemetaan ijazah S1/D-IV. Ini berlaku bagi semua guru madrasah baik yang sudah bersertikat pendidik maupun yang belum. Jadi tampaknya, guru sertifikasi dapat pindah mengajar sesuai ijazah, harus menunggu fitur terbaru Simpatika.

Mekanismenya bagaimana, apakah akan dibuka layanan Verval Ijazah atau bagaimana, kita tunggu aksi Simpatika dalam beberapa waktu ke depan.
Sumber https://ayomadrasah.blogspot.com/

Download Logo Peringatan HUT RI Ke-74 Tahun 2019

Kementerian Sekretarian Negara Republik Indonesia (Setneg RI) telah mennerbitkan surat edaran tentang peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019.

Dalam Website resminya https://www.setneg.go.id/ pada senin 24 Juni 2019 menulis tentang Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik lndonesia Tahun 2019. Dalam tulisan tersebut diupload beberpa dokumen dalam rangka peringatan HUT RI Ke-74 Tahun 2019.

Kementerian Sekretarian Negara Republik Indonesia  Download Logo Peringatan HUT RI Ke-74 Tahun 2019

Namun tema disempurnkan lagi melalui Surat Edaran Penyempurnaan Tema HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 nomor B-779/M.Sesneg/Set/TU.00.04/7/2019 tertanggal 23 JUli 2019.

Dokumen tersebut dapat anda unduh pada link berikut ini;

  • Surat Edaran Penyempurnaan Tema HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 [download]
  • Surat Edaran Partisipasi Menyemarakkan Bulan Kemerdekaan Tahun 2019 [download]
  • Salinan Keputusan Menteri Sekretaris Negara Nomor 174 tahun 2019 - Pembentukan Panitia Pelaksana HUT Ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 [download]
  • Pedoman Visual dapat anda unduh berikut ini;

Terbaru Cara Menyunting Berbagai Jenis Teks Bahasa Indonesia SMP | Menyunting Karangan

Kali ini admin akan membagikan materi tentang cara menyunting berbagai jenis teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang bagaimana menyunting sebuah teks yang baik dan benar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi ini memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga materi kali ini bermanfaat buat anak didik semuanya. 

Kali ini admin akan membagikan materi tentang cara menyunting berbagai jenis teks dalam p Cara Menyunting Berbagai Jenis Teks Bahasa Indonesia SMP | Menyunting Karangan
www.IndoINT.com

Menyunting teks karangan merupakan proses pembenahan sebuah teks karangan, baik itu teks cerpen, rekaman percobaan, deskripsi, ulasan, biografi, eksplanasi, eksposisi, prosedur, tantangan, puisi dan masih banyak lagi sebelum menjadi teks karangan yang siap disajikan, dinilaikan, atau pun di presentasekan. penyuntingan bertujuan untuk menghindarkan teks karangan dari kesalahan, baik menyangkut isi maupun penggunaan bahasa, dengan cara mengoreksi isi tulisan secara cermat dan teliti.

Perhatikan cara menyunting sebuah teks di bawah ini disertai dengan penjelasannya.
 
Teks 1
Persaingan bisnis angkutan udara di Kota Semarang makin ketat di tengah kenaikan harga minyak mentah dunia yang menyebabkan peningkatan biaya tambahan untuk bahan bakar atau fuel surcharge. Pengelola Bandara Ahmad Yani, Semarang mengisyaratkan tidak ada penambahan jalur baru selama tahun 2019.
Pendapatan Garuda Semarang memang 105 persen dari target yang sudah ditentukan dengan rata-rata tingkat isian penumpang (load factor) mencapai 85 persen untuk rute unggulan Semarang-Jakarta. Namun, tahun ini hanya menargetkan pertumbuhan pendapatan tiga persen. Persaingan kian ketat. Imbas paling besar disebabkan harga minyak mentah dunia.
Kenaikan harga minyak mentah ini menyebabkan pihaknya terpaksa meningkatkan fuel surcharge bahkan sampai dua kali pada bulan lalu. Biaya tambahan untuk bahan bakar ini sudah mencapai Rp160.000,00 perpenumpang. Padahal, bulan Oktober masih sekitar Rp80.000,00. Bulan mendatang, biaya diperkirakan  mencapai angka Rp175.000,00. dengan kondisi ini, Garuda belum dapat menammbah target penumpang maupun frekuwensi penerbangan.

Teks 1 merupakan teks sebelum dilakukan penyuntingan atau sering diistilahkan sebagai bahan suntingan. Berdasarkan teks di atas dapat kita identifikasikan beberapa kesalahan yang terdapat dalam teks tersebut. Contoh pengidentifikasian teks tersebut dapat kalian tuliskan seperti di bawah ini.
  1. Penulisan fuel surcharge pada kalimat pertama paragraf I dan paragraf 3 serta penulisan load factor pada kalimat pertama paragraf 2 seharusnya dicetak miring atau diberikan tanda pembeda. Dalam hal ini, kedua kata tersebut merupakan istilah asing.
  2. Penulisan perpenumpang pada kalimat kedua paragraf 3, seharusnya per penumpang (di pisah). Dalam hal ini, per pada kata tersebut bukan merupakan afiks, melainkan kata keterangan yang berarti tiap.
  3. Penulisan dengan pada kalimat di akhir paragraf seharusnya Dengan. dalam hal ini, penulisan huruf di awal kalimat harus menggunakan huruf besar.
  4. Penulisan menammbah pada kalimat terakhir seharusnya menambah. Dalam hal ini, kesalahan tersebut dikarenakan adanya kesalahan pengetikan atau penulisan.
  5. Penulisan frekuwensi pada kalimat terakhir seharusnya frekuensi. Dalam hal ini, penulisan kata harus baku, yaitu disesuaikan dengan Ejaan yang Disempurnakan.
Setelah mengidentifikasikan kesalahan dan melakukan pembenaran, hasil suntingan teks 1 di atas yang benar adalah sebagai berikut.

Teks 2
Persaingan bisnis angkutan udara di Kota Semarang makin ketat di tengah kenaikan harga minyak mentah dunia yang menyebabkan peningkatan biaya tambahan untuk bahan bakar atau fuel surcharge. Pengelola Bandara Ahmad Yani, Semarang mengisyaratkan tidak ada penambahan jalur baru selama tahun 2019.
Pendapatan Garuda Semarang memang 105 persen dari target yang sudah ditentukan dengan rata-rata tingkat isian penumpang (load factor) mencapai 85 persen untuk rute unggulan Semarang-Jakarta. Namun, tahun ini hanya menargetkan pertumbuhan pendapatan tiga persen. Persaingan kian ketat. Imbas paling besar disebabkan harga minyak mentah dunia.
Kenaikan harga minyak mentah ini menyebabkan pihaknya terpaksa meningkatkan fuel surcharge bahkan sampai dua kali pada bulan lalu. Biaya tambahan untuk bahan bakar ini sudah mencapai Rp160.000,00 per penumpang. Padahal, bulan Oktober masih sekitar Rp80.000,00. Bulan mendatang, biaya diperkirakan  mencapai angka Rp175.000,00. Dengan kondisi ini, Garuda belum dapat menambah target penumpang maupun frekuensi penerbangan.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang cara menyunting berbagai jenis teks dalam bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dan memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Sumber http://www.ilmubindo.com/

Sunday, 1 January 2023

Pengertian Fungsi dan Jenis Jenis Pasar beserta Contohnya

Pengertian fungsi dan jenis jenis pasar beserta contohnya - Apakah pasar itu? Tentunya kita peranah pergi ke pasar kan? Mungkin kita pergi ke pasar untuk mencari dan membeli suatu barang yang kita butuhkan. Nah pastinya teman-teman sudah tahu kan apa itu pasar dan seperti apa yang dimaksud dengan pasar? Lalu bisakah kamu menjelaskan definisi dari pasar secara rinci? Bagi kamu yang belum bisa menjelaskan secara rinci tentang apa yang dimaksud pasar, maka kamu bisa menyimak penjelasan tentang arti dari pasar di sini. Di sini selain membahas pengertian pasar secara umum juga membahas pengertian pasar menurut para ahli. Selain itu juga kami bahas tentang fungsi pasar, jenis jenis pasar dan contohnya juga ciri-ciri pasar. Langsung saja mari kita simak pembahasan tentang pengertian fungsi dan jenis jenis pasar serta contoh pasar sebagai berikut.
Pengertian fungsi dan jenis jenis pasar beserta contohnya Pengertian Fungsi dan Jenis Jenis Pasar beserta Contohnya

Pengertian Pasar

Pengertian pasar adalah sebuah tempat di mana bertemunya antara penjual dengan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli baik itu berupa barang maupun jasa. Pasar tidak mempunyai batas geografis sehingga definisi pasar tidak merujuk pada sebuah lokasi atau tempat-tempat tertentu. Selain itu dengan adanya sistem jaringan komunikasi yang modern seperti hadirnya internet juga telah membuat pengertian pasar menjadi semakin luas tanpa adanya hambatan ataupun batasan-batasan geografis. Sehingga bisa memungkinkan penjual dan pembeli melakukan transaksi tanpa harus saling bertemu secara langsung.

Pengertian pasar yang kami bahas di sini adalah pengertian pasar yang menitik beratkan ke dalam arti kegiatan ekonomi yaitu transaksi jual beli, baik itu dilakukan di pasar tradisional maupun dilakukan secara online. Dalam ilmu ekonomi definisi pasar adalah jumlah permintaan dan penawaran pada jenis barang atau jasa tertentu. Dalam hal ini, pasar juga merujuk pada segala aktivitas permintaan dan penawaran termasuk di dalamnya modal, tenaga kerja, surat berharga dan uang.

Kegiatan perekonomian yang terjadi di pasar pada prinsipnya di dasarkan dengan adanya suatu kebebasan dalam bersaing, baik itu bagi penjual maupun bagi pembeli. Penjual (produsen) memiliki kebebasan dalam memutusakan barang atau jasa apa saja yang seharusnya diproduksi dan didistribusikan. Sedangkan pembeli (konsumen) memiliki kebebasan dalam memilih dan membeli barang atau jasa yang sesuai dengan kemampuan daya belinya.

Keberadaan pasar dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Hal itu dikarenakan, jika ada kebutuhan yang tidak bisa dihasilkan sendiri, bisa mendapatkan kebutuhan tersebut di pasar. Para pembeli datang ke pasar untuk berbelanja berbagai kebutuhan untuk memenuhi kebutuhannya dengan membawa sejumlah uang untuk membayar harga barang atau jasa yang dibutuhkan.

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi pasar menurut para ahli. Berikut ini definisi pasar menurut para ahli ekonomi:

Pengertian Pasar Menurut William J Stanton
Bahwa pengertian pasar adalah sekumpulan orang yang mempunyai keinginan untuk meraih kepuasan dengan menggunakan uang untuk berbelanja , dan mempunyai kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.

Pengertian Pasar Menurut Simamora
Bahwa pasar adalah sekumpulan orang yang mempunyai kebutuhan dan keinginan terhadap suatu produk tertentu, mempunyai kemauan dan kemampuan untuk membeli produk tersebut dan mempunyai kesempatan untuk memutuskan membeli suatu produk.

Pengertian Pasar Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Pengertian pasar menurut KBBI adalah tempat sekumpulan orang yang melakukan transaksi jual beli. Pasar merupakan suatu tempat yang digunakan untuk jual beli yang diselenggarakan oleh suatu organisasi atau perkumpulan dengan maksud untuk dapat mencari derma.

Pengertian Pasar Menurut Wikipedia
Pengertian pasar adalah sebuah hubungan sosial, sistem, prosedur, institusi, dan infrastruktur di mana terdapat sebuah usaha dalam menjual barang dan jasa serta tenaga kerja untuk sekumpulan orang dengan imbalan yang berupa uang.

Fungsi Pasar

Sebutkan 5 fungsi pasar? 5 Fungsi pasar adalah sebagai berikut:
  1. Fungsi pasar sebagai sarana distribusi
  2. Pasar merupakan tempat yang digunakan untuk kegiatan menyalurkan barang atau jasa yang diproduksi oleh produsen kepada para konsumen.
  3. Fungsi pasar sebagai penetapan harga
  4. Karena adanya interaksi antara penjual dengan pembeli, maka timbul permintaan dan penawaran dari kedua belah pihak. Sehingga ditetapkanlah harga dari suatu barang atau jasa yang diperjual belikan.
  5. Fungsi pasar sebagai tempat promosi
  6. Terangkan fungsi pasar sebagai tempat promosi? Pasar merupakan tempat promosi yang sempurna bagi produsen maupun penjual untuk memperkenalkan berbagai macam produk, karena pasar merupakan tempat berkumpulnya para konsumen. Jadi Fungsi pasar sebagai tempat promosi dapat dibuktikan dengan adanya produsen/ penujual yang memperkenalkan produk yang dijualnya kepada para konsumen.
  7. Fungsi pasar sebagai penyerapan tenaga kerja
  8. Jelaskan fungsi pasar sebagai penyerapan tenaga kerja? Fungsi pasar sebagai tempat penyerapan tenaga kerja yaitu karena di pasar banyak pihak yang terlibat dalam kegiatan ekonomi. Misalnya tukang parkir, tukang sapu, tukang sampah, tukang ojek dan lain-lain.
  9. Fungsi pasar modal dalam investasi
  10. Pasar mempunyai peranan sebagai fasilitator untuk mengelola tabungan dan investasi. Investasi tersebut berguna untuk menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan di masa mendatang. Tabungan dan investasi tersebut akan berinteraksi di pasar. Pasar yang memfasilitasi investasi dan tabungan adalah pasar modal. Investor akan mencari pihak-pihak yang memiliki tabungan untuk kepentingan investasinya, dan penabung mencari pihak yang memerlukan modal. Kedua belah pihak tersebut bisa bertemu di pasar modal.

Jenis jenis Pasar dan Contohnya

Sebutkan jenis-jenis pasar dan contohnya? Berikut ini adalah penjelasan tnetang jenis jenis pasar dan contohnya.

Jenis-jenis Pasar Menurut Cara Transaksinya
Jenis pasar berdasarkan cara transaksinya yaitu terdiri dari pasar tradisional dan pasar modern. Jenis pasar menurut cara transaksinya ini merupakan klasifikasi pasar secara umum.
  • Pasar tradisional adalah tempat bertemunya para penjual dengan pembeli dan terjadi proses jual beli secara langsung yang bisa saling tawar menawar. Bentuk bangunan pasar tradisional bisa berupa kios, gerai dan los. Barang yang dijual di pasar tradisional berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari. Contoh pasar tradisional adalah pasar minggu di Jakarta, pasar klewer di Solo, pasar beringharjo di Yogyakarta.
  • Pasar modern adalah tempat bertemunya penjual dengan pembeli dan melakukan transaksi. Tetapi, di pasar modern tidak terjadi proses tawar menawar, hal itu karena barang yang dijual di pasar modern sudah diberikan label harga pas. Baang-barang yang dijual di pasar modern biasanya adalah kebutuhan sehari-hari dan juga barang lain yang tahan lama. Bentuk dari pasar modern ini ada di dalam bangunan di mana para pelayanannya dilakukan secara swalayan atau mandiri, biasanya dilayani oleh seorang pramuniaga. Contoh pasar modern adalah Mall, Plaza, dan lain-lain.

Jenis-jenis Pasar Menurut Bentuk Kegiatannya
Jenis pasar berdasarkan bentuk kegiatannya dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata dan pasar abstrak.
  • Pasar nyata adalah sebuah pasar dimana terjadi hubungan secara langsung antara penjual dengan pembeli. Contoh pasar nyata adalah pasar tradisional dan pasar swalayan.
  • Pasar abstrak adalah suatu pasar apabila barang yang diperdagangkan berupa barang yang tak kasat mata atau hanya berupa gambar (biasanya di internet). Contoh pasar abstrak adalah pasar modal, pasar online, pasar saham, dan pasar valuta asing.

Jenis jenis Pasar Menurut Jenis Barangnya
Pasar menurut jenis barangnya dibedakan menjadi pasar barang konsumsi dan pasar sumber daya produksi. Berikut ini kami menjelaskan jenis pasar berdasarkan jenis barangnya:
  • Pasar barang konsumsi adalah sebuah pasar yang memperjualbelikan berbagai jenis barang yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Barang yang diperjual belikan di pasar barang konsumsi bisa secara langsung digunakan oleh konsumen. Contoh pasar barang konsumsi adalah pasar beras, pasar buah-buahan, pasar sayur-mayur, pasar kelontong, dan pasar tekstil.
  • Pasar sumber daya produksi adalah suatu pasar yang memperjual belikan tentang faktor-faktor produksi. Contoh pasar sumber daya produksi yaitu pasar tenaga kerja, tenaga ahli, mesin-mesin dan tanah.

Jenis jenis Pasar Menurut Waktunya
Jenis jenis pasar menurut waktu penyelenggaraannya adalah sebagai berikut:
  • Pasar harian adalah pasar yang menjadi tempat di mana penjual dan pembeli dapat dipertemukan setiap harinya. Pada umumnya pasar harian menjual jenis barang kebutuhan konsumsi, jasa, kebutuhan bahan mentah dan juga kebutuhan untuk produksi. Contoh pasar harian adalah pasar tradisional, supermarket, supermall, hypermart, toserba dan lain-lain.
  • Pasar mingguan adalah pasar yang dilakukan setiap seminggu sekali. Pasar mingguan biaasnya terdapat di daerah pedesaan. Contoh pasar mingguan adalah pasar minggu, pasar senen, pasar kamis dan lain-lain.
  • Pasar bulanan adalah pasar yang dilakukan seiap satu bulan sekali, dan terdapat di daerah-daerah tertentu. Biasanya terdapat para pembeli di pasar bulanan yang membeli barang-barang tertentu untuk dijual kembali. Contoh pasar bulanan adalah pasar hewan.
  • Pasar tahunan adalah pasar yang berlangsung setiap setahun sekali contohnya Pameran Pembangunan, Pekan Raya Jakarta, dan lain lain. Pada umumnya pasar tahunan bersifat nasional dan diperuntukkan untuk melakukan promosi terhadap sebuah produk yang baru.
  • Pasar temporer adalah pasar yang diselenggarakan pada waktu tertentu secara tidak rutin. Pasar temporer umumnya dibuka untuk merayakan suatu peristiwa tertentu.Contoh pasar temporer adalah Bazar.

Jenis-jenis Pasar Menurut Keleluasaan Distribusi
Berikut ini adalah jenis pasar menurut keleluasaan distribusi:
  • Pasar daerah adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu daerah produk tersebut dihasilkan. Bisa juga didefinisikan, pasar daerah adalah pasar yang melayani permintaan dan penawaran hanya dalam satu daerah. contoh pasar daerah yaitu pasar Johar di Semarang, pasar Klewer di Solo, dan pasar Beringharjo di Yogyakarta.
  • Pasar lokal adalah sebuah pasar yang membeli dan menjual produk di dalam satu kota tempat produk tersebut dihasilkan. Atau pasar lokal merupakan pasar yang melayani permintaan serta penawaran hanya dalam 1 kota. Contoh pasar lokal adalah pasar Klewer Solo yang menyediakan berbagai macam batik, karena masyarakat solo dan sekitarnya banyak yang mengenakan batik.
  • Pasar nasional adalah sebuah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu negara tempat produk tersebut dihasilkan. Disebut sebagai pasar nasional karena melayani permintaan dan penjualan dari dalam negeri. Contoh pasar nasional adalah pasar uang dan pasar modal BEJ (Bursa Efek Jakarta).
  • Pasar internasional adalah sebuah pasar yang membeli dan menjual produk dari berbagai negara. Pasar internasional merupakan pasar yang mempunyai jangkauan luas di seluruh dunia. Contoh pasar internasional adalah pasar intan di Amsterdam, pasar karet di New York, dan pasar kopi di Santos.

Jenis jenis pasar menurut bentuk serta strukturnya
Jenis jenis pasar berdasarkan bentuk dan strukturnya yaitu terdiri dari pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
  • Pasar persaingan sempurna adalah pasar persaingan murni yang mana di dalamnya terdapat banyak pembeli dan penjual, dan mereka sudah paham dengan keadaan pasar tersebut. Contoh pasar persaingan sempurna adalah pasar berbagai jenis hasil pertanian.
  • Pasar persaingan tidak sempurna adalah kebalikan dari pasar sempurna yaitu pasar yang terdiri dari sedkit penjual yang mempunyai banyak pembeli. Pasar persaingan tidak sempurna dibedakan menjadi empat macam yaitu:
    1. Pasar monopoli adalah pasar di mana semua penawaran terhadap permintaan telah dikuasai oleh satu organisasi penjual tertentu. Contoh pasar monopoli adalah PT Pertamina (persero).
    2. Pasar monopolistik adalah sebuah pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual yang menjual barang dengan produk yang berbeda. Contoh pasar monopolistik adalah toko kelontong, apotek, jasa salon, dan angkutan.
    3. Pasar oligopoli adalah suatu pasar yang terdiri dari beberapa penjual yang menjual suatu barang khusus tertentu, sehingga penjual satu dengan penjual yang lain bisa saling mempengaruhi harga. Cntoh pasar oligopoli adalah perusahaan industri telekomunikasi, perusahaan semen serta perusahaan yang menjual sepeda motor dan mobil.
    4. Pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai oleh pembeli (Jadi dalam pasar monopsoni banyak penjual dan sedikit pembeli). Maka pembeli bisa saja meminta harga yang se murah-murahnya. Contoh pasar monopsoni adalah pasar sayuran di daerah terpencil biasanya akan kesulitan untuk menjual produknya ke tempat lain.

Ciri-ciri Pasar

Dari berbagai penjelasan tentang pasar di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri pasar adalah sebagai berikut:
  • Adanya barang atau jasa yang diperjualbelikan.
  • Ada calon penjual dan pembeli.
  • Terjadi interaksi antara pembeli dan penjual baik itu seara langsung maupun tidak langsung.
  • Adanya proses permintaan dan penawaran dari kedua belah pihak.
  • Transaksi terjadi pada saat ada kesepakatan antara penjual dengan pembeli.
  • Terjadi transaksi jual beli.

Bagaimana sekarang kamu sudah mengerti tentang pengertian fungsi dan jenis jenis pasar beserta contohnya kan. Semoga apa yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian tersebut dapat memberikan manfaat.
Sumber https://www.temukanpengertian.com/

Terbaru Juknis Dekonsentrasi SMA 2019. PDF

Download Juknis Dekonsentrasi SMA 2019 – Petunjuk teknik DEKON Sekolah Menengah Atas merupakan acuan yang ditujukan sebagai bagian dari upaya pemerintah guna mencapai tujuan yang telah direalisasikan dalam RENSTRA (Rencana Strategis) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD) pelaksanaannya dimulai dari 2015  sampai dengan 2019.

Petunjuk teknik DEKON Sekolah Menengah Atas merupakan acuan yang ditujukan sebagai bagian Download Juknis Dekonsentrasi SMA 2019. PDF
Download Juknis Dekonsentrasi SMA 2019. PDF

Tahun ini merupakan tahun yang bisa dikatakan sangat penting karena sudah ke (tiga) kalinya program yang diselenggarakan DITERKTORAT PEMBINAN SMA terkait dengan pengelolaan pendidikan tingkat menengah yang seutuhnya berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi di Wilayah Indonesia, sebagai konsekuensi penerapan Undang-Undang Nomor 23 2014 mengenai Otonomi Daerah.

Setelah kegiatan Dekonsentrasi SMA selesai diselenggarakan, selanjutnya harapan dari tim pengembang peserta didik dapat memperoleh pengetahun (PKB) pendidikan karakter bangsa; mendapatkan pelatihan meneganai MBS (manajemen berbasis sekolah) bisa berpartisipasi ataupun mengikuti perlombaan, olimpiade, atau festival.

LOMBA, FESTIVAL DAN OLIMPIADE
(output 5627.016 : siswa yang mengikuti lomba, festival, dan olimpiade)

Gambaran Umum

Dalam rangka mendukung bakat, minat, dan potensi peserta didik, maka Direktorat Pembinaan SMA melaksanakan kegiatan kesiswaan berupa kegiatan lomba, festival, dan olimpiade. Melalui kegiatan tersebut diharapkan memacu peserta didik untuk meraih prestasi dan memiliki daya saing yang kompetitif di bidang sains, bahasa, seni, dan olahraga. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan meliputi:
  • Olimpiade Sains Nasional (OSN);
  • Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N);
  • Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN);
  • Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan Lomba Debat Bahasa Inggris (National Schools Debating Championship - NSDC).
Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui proses seleksi secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. setiap provinsi mengirim peserta didik hasil seleksi/juara untuk dikirim ke tingkat nasional.

Tujuan
Secara umum, tujuan dari kegiatan ini adalah:
  1. Mengembangkan minat, bakat, potensi, dan kreativitas peserta didik dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa, secara optimal;
  2. Memberikan akses layanan peserta didik dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa;
  3. Meningkatkan sikap kritis, budaya kompetitif, penerapan problem solving dalam pembelajaran; d. Meningkatkan kemandirian diri peserta didik untuk mendukung ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang positif;
  4. Meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan;
  5. Mendorong satuan pendidikan dalam pembinaan peserta didik dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa;
  6. Menumbuhkan budaya literasi dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa, secara optimal;
  7. Menumbuhkan semangat nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penerima Manfaat
Penerima Manfaat dari kegiatan ini adalah sebagai berikut :
  • Peserta Didik SMA di seluruh Indonesia Mendapatkan peningkatan pengetahuan dan kapasitas akademik, pembentukan sikap, meningkatkan mutu, dan semangat daya saing SMA di seluruh Indonesia.
  • Dinas Pendidikan Provinsi di seluruh Indonesia Mendapatkan gambaran kualitas pendidikan di tingkat provinsi.
  • Direktorat Pembinaan SMA. Mendapatkan gambaran kualitas dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa di tingkat nasional dan internasional.
Jenis Kegiatan

Untuk output ini terdapat 4 (empat) sub-output yang pelaksanaanya didanai dengan dana dekonsentrasi, yakni: a. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains; b. Siswa yang mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N); c. Siswa yang mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN); d. Siswa yang mengikuti Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan Bahasa Inggris Tingkat Nasional/National Schools Debating Championships (NSDC). Secara terinci kegiatan masing-masing sub-output adalah sebagai berikut :

Koordinasi Penyusunan Roadmap Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025

1). Deskripsi Kegiatan Koordinasi Penyusunan Roadmap Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025 adalah fasilitasi untuk melakukan Pemetaan Kebutuhan Sarana dan Prasarana SMA Tahun 2019-2025 serta menyusun Draft Roadmap Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA tahun 2025 di Tingkat Provinsi. Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh 34 Dinas Pendidikan Provinsi dengan melibatkan Dinas Pendidikan Provinsi (Bagian Penyusunan Program dan Anggaran), BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) Provinsi, Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi (UPT Dinas Pendidikan), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), SMA Rujukan dan SMA Kewirausahaan, Tim Satgas Data Pokok Pendidikan Provinsi.

2). Mekanisme Kegiatan Mekanisme kegiatan Penyusunan Roadmap Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025, sebagai berukut: a) Menyusun jadwal pelaksanaan Kegiatan Koordinasi Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025 Tingkat Provinsi. b) Penggandaan materi dan panduan pelaksanaan Kegiatan Koordinasi Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025 Tingkat Provinsi. c) Melakukan koordinasi dengan Direktorat Pembinaan SMA terkait pelaksanaan Kegiatan Koordinasi Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025 Tingkat Provinsi. d) Melaksanakan Kegiatan Kegiatan Koordinasi Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025 Tingkat Provinsi.

Download Juknis Dekonsentrasi SMA Tahun 2019

Dalam melaksanakan rencana kegiatan, Dinas Pendidikan Provinsi terlebih dahulu harus menyusun Panduan Pelaksanaan setiap kegiatan dengan mengacu pada Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kegiatan Dekonsentrasi Direktorat Pembinaan SMA Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Sumber https://www.pelitaguru.id/

Terbaru Kesiapan SMP dan SMA dalam Menerapkan Informatika Sebagai MataPelajaran Terbaru Tahun 2019/2020

Kesiapan SMP dan SMA dalam Menerapkan Informatika Sebagai Mata Pelajaran Terbaru Tahun 2019/2020

Kesiapan SMP dan SMA dalam Menerapkan Informatika Sebagai Mata Pelajaran Terbaru Tahun 2019/2020

Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://indoint.com/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Kesiapan SMP dan SMA dalam Menerapkan Informatika Sebagai Mata Pelajaran Terbaru Tahun 2019/2020 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Kesiapan SMP dan SMA dalam Menerapkan Informatika Sebagai Mata Pelajaran Terbaru Tahun 2019/2020.

Kurikulum 2013 yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2013/2014 dikembangkan dengan memerhatikan faktor-faktor yang bersifat internal dan eksternal. Faktor yang bersifat internal terkait dengan aspek teknis pengembangan kurikulum, sedangkan faktor eksternal antara lain terkait kebijakan pemerintah yang ditetapkan melalui berbagai produk hukum seperti Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden, Peraturan Menteri, dan peraturan di bawahnya. Faktor eksternal lainnya adalah perubahan -perubahan yang terjadi di masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan sosial, budaya, ekonomi, ilmu pengetahuan, teknologi, politik, dan hubungan antar bangsa yang semakin terbuka sebagai akibat globalisasi dan perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum 2013 dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran (ICT for learning) yang terintegrasi pada semua mata pelajaran karena pada hakikatnya, saat ini semua kegiatan kehidupan termasuk pembelajaran, berbasis TIK. Untuk mewujudkannya warga sekolah seyogyanya memahami dan menerapkan TIK dalam pelaksanaan kegiatan di sekolah. Oleh karena itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mengatur peran guru TIK sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014 tentang Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi Kurikulum 2013, yaitu membimbing peserta didik untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran, memberikan layanan/fasilitasi kepada sesama guru untuk persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dan memberikan layanan/fasilitasi kepada tenaga kependidikan untuk mengembangkan sistem manajemen sekolah berbasis TIK.
Dewasa ini, pemanfaatan TIK sebagai alat pembelajaran dalam dunia pendidikan tidaklah cukup, karena saat ini dunia global telah memasuki era revolusi industri generasi keempat atau Revolusi Industri 4.0 (Industry Revolution 4.0/IR4.0) yang tidak dapat dihindari oleh bangsa Indonesia.

IR4.0 menghadirkan sistem cyber-physical, dimana industri bahkan kehidupan sehari-hari mulai bersentuhan dengan dunia virtual yang berbentuk komunikasi manusia dengan mesin yang ditandai dengan kemunculan komputer super, mobil otonom, robot pintar, pemanfaatan Internet of Things (IoT), sampai dengan rekayasa genetika, dan perkembangan neurotechnology. Era ini menghadirkan teknologi disruptif (disruptive technology) yang menggantikan peran manusia. Mengacu pada https://www8.cao.go.jp/cstp/english/society5_0/index.html, manusia dalam bermasyarakat sudah memasuki era Society 5.0 di mana masyarakat hidup di dunia nyata dan sekaligus di dunia digital.

Untuk mengikuti perkembangan tersebut di atas, sistem pendidikan Indonesia perlu memberikan Informatika sebagai dasar-dasar pengetahuan dan kompetensi yang dapat membentuk manusia Indonesia menjadi insan yang cerdas dan punya daya saing di kawasan regional maupun global.
Beberapa pemikiran yang melandasi pentingnya Informatika diajarkan kepada peserta didik antara lain sebagai berikut.

1. Di dunia digital modern yang dipenuhi dengan komputasi dan perangkat komputer, seseorang hendaknya bukan hanya pengguna di dunia yang tak dipahaminya, tetapi sebaliknya juga berperan serta secara aktif dan menguasai konsep dasar informatika.
2. Pemahaman konsep Informatika yang baik akan membuat peserta didik sejak usia dini dapat memanfaatkan sistem komputer dengan baik dan dapat memberikan solusi persoalan pada saat suatu sistem tak berjalan sebagaimana mestinya.
3. Warga dunia digital yang mampu berpikir komputasional akan mampu
untuk memahami secara rasional tentang isu-isu terkait, seperti: hak kekayaan intelektual perangkat lunak, pencurian identitas, rekayasa
genetika, kejahatan cyber, dan sebagainya.
4. Adanya standar dan framework kurikulum Informatika yang sudah dirilis dan diimplementasikan oleh negara maju, antara lain yang dirilis oleh Association for Computing Machinery (ACM), Computer Science Teacher Association (CSTA), dan lembaga nirlaba (code.org) maupun industri.
Pada bulan Desember tahun 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengakomodasi kebijakan diselenggarakannya Informatika sebagai muatan pembelajaran pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dan sebagai mata pelajaran (mapel) Informatika pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).
Dan masih banyak Kesiapan SMP dan SMA dalam Menerapkan Informatika Sebagai Mata Pelajaran Terbaru Tahun 2019/2020 lainnya.

Berikut ini File Kesiapan SMP dan SMA dalam Menerapkan Informatika Sebagai Mata Pelajaran Terbaru Tahun 2019/2020 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDWONLOAD :

Surat Edaran TI.pdf ( Di Sini )
Pedoman Implementasi Mapel TI.pdf ( Di Sini )
KI KD Mapel Informatika SMP SMA.pdf ( Di Sini )
Sumber http://www.materipendidikan.net/