SMK BUDI LUHUR

Monday, 2 January 2023

Terbaru Cara Menyunting Berbagai Jenis Teks Bahasa Indonesia SMP | Menyunting Karangan

Kali ini admin akan membagikan materi tentang cara menyunting berbagai jenis teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang bagaimana menyunting sebuah teks yang baik dan benar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi ini memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga materi kali ini bermanfaat buat anak didik semuanya. 

Kali ini admin akan membagikan materi tentang cara menyunting berbagai jenis teks dalam p Cara Menyunting Berbagai Jenis Teks Bahasa Indonesia SMP | Menyunting Karangan
www.IndoINT.com

Menyunting teks karangan merupakan proses pembenahan sebuah teks karangan, baik itu teks cerpen, rekaman percobaan, deskripsi, ulasan, biografi, eksplanasi, eksposisi, prosedur, tantangan, puisi dan masih banyak lagi sebelum menjadi teks karangan yang siap disajikan, dinilaikan, atau pun di presentasekan. penyuntingan bertujuan untuk menghindarkan teks karangan dari kesalahan, baik menyangkut isi maupun penggunaan bahasa, dengan cara mengoreksi isi tulisan secara cermat dan teliti.

Perhatikan cara menyunting sebuah teks di bawah ini disertai dengan penjelasannya.
 
Teks 1
Persaingan bisnis angkutan udara di Kota Semarang makin ketat di tengah kenaikan harga minyak mentah dunia yang menyebabkan peningkatan biaya tambahan untuk bahan bakar atau fuel surcharge. Pengelola Bandara Ahmad Yani, Semarang mengisyaratkan tidak ada penambahan jalur baru selama tahun 2019.
Pendapatan Garuda Semarang memang 105 persen dari target yang sudah ditentukan dengan rata-rata tingkat isian penumpang (load factor) mencapai 85 persen untuk rute unggulan Semarang-Jakarta. Namun, tahun ini hanya menargetkan pertumbuhan pendapatan tiga persen. Persaingan kian ketat. Imbas paling besar disebabkan harga minyak mentah dunia.
Kenaikan harga minyak mentah ini menyebabkan pihaknya terpaksa meningkatkan fuel surcharge bahkan sampai dua kali pada bulan lalu. Biaya tambahan untuk bahan bakar ini sudah mencapai Rp160.000,00 perpenumpang. Padahal, bulan Oktober masih sekitar Rp80.000,00. Bulan mendatang, biaya diperkirakan  mencapai angka Rp175.000,00. dengan kondisi ini, Garuda belum dapat menammbah target penumpang maupun frekuwensi penerbangan.

Teks 1 merupakan teks sebelum dilakukan penyuntingan atau sering diistilahkan sebagai bahan suntingan. Berdasarkan teks di atas dapat kita identifikasikan beberapa kesalahan yang terdapat dalam teks tersebut. Contoh pengidentifikasian teks tersebut dapat kalian tuliskan seperti di bawah ini.
  1. Penulisan fuel surcharge pada kalimat pertama paragraf I dan paragraf 3 serta penulisan load factor pada kalimat pertama paragraf 2 seharusnya dicetak miring atau diberikan tanda pembeda. Dalam hal ini, kedua kata tersebut merupakan istilah asing.
  2. Penulisan perpenumpang pada kalimat kedua paragraf 3, seharusnya per penumpang (di pisah). Dalam hal ini, per pada kata tersebut bukan merupakan afiks, melainkan kata keterangan yang berarti tiap.
  3. Penulisan dengan pada kalimat di akhir paragraf seharusnya Dengan. dalam hal ini, penulisan huruf di awal kalimat harus menggunakan huruf besar.
  4. Penulisan menammbah pada kalimat terakhir seharusnya menambah. Dalam hal ini, kesalahan tersebut dikarenakan adanya kesalahan pengetikan atau penulisan.
  5. Penulisan frekuwensi pada kalimat terakhir seharusnya frekuensi. Dalam hal ini, penulisan kata harus baku, yaitu disesuaikan dengan Ejaan yang Disempurnakan.
Setelah mengidentifikasikan kesalahan dan melakukan pembenaran, hasil suntingan teks 1 di atas yang benar adalah sebagai berikut.

Teks 2
Persaingan bisnis angkutan udara di Kota Semarang makin ketat di tengah kenaikan harga minyak mentah dunia yang menyebabkan peningkatan biaya tambahan untuk bahan bakar atau fuel surcharge. Pengelola Bandara Ahmad Yani, Semarang mengisyaratkan tidak ada penambahan jalur baru selama tahun 2019.
Pendapatan Garuda Semarang memang 105 persen dari target yang sudah ditentukan dengan rata-rata tingkat isian penumpang (load factor) mencapai 85 persen untuk rute unggulan Semarang-Jakarta. Namun, tahun ini hanya menargetkan pertumbuhan pendapatan tiga persen. Persaingan kian ketat. Imbas paling besar disebabkan harga minyak mentah dunia.
Kenaikan harga minyak mentah ini menyebabkan pihaknya terpaksa meningkatkan fuel surcharge bahkan sampai dua kali pada bulan lalu. Biaya tambahan untuk bahan bakar ini sudah mencapai Rp160.000,00 per penumpang. Padahal, bulan Oktober masih sekitar Rp80.000,00. Bulan mendatang, biaya diperkirakan  mencapai angka Rp175.000,00. Dengan kondisi ini, Garuda belum dapat menambah target penumpang maupun frekuensi penerbangan.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang cara menyunting berbagai jenis teks dalam bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dan memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Sumber http://www.ilmubindo.com/

Sunday, 1 January 2023

Pengertian Fungsi dan Jenis Jenis Pasar beserta Contohnya

Pengertian fungsi dan jenis jenis pasar beserta contohnya - Apakah pasar itu? Tentunya kita peranah pergi ke pasar kan? Mungkin kita pergi ke pasar untuk mencari dan membeli suatu barang yang kita butuhkan. Nah pastinya teman-teman sudah tahu kan apa itu pasar dan seperti apa yang dimaksud dengan pasar? Lalu bisakah kamu menjelaskan definisi dari pasar secara rinci? Bagi kamu yang belum bisa menjelaskan secara rinci tentang apa yang dimaksud pasar, maka kamu bisa menyimak penjelasan tentang arti dari pasar di sini. Di sini selain membahas pengertian pasar secara umum juga membahas pengertian pasar menurut para ahli. Selain itu juga kami bahas tentang fungsi pasar, jenis jenis pasar dan contohnya juga ciri-ciri pasar. Langsung saja mari kita simak pembahasan tentang pengertian fungsi dan jenis jenis pasar serta contoh pasar sebagai berikut.
Pengertian fungsi dan jenis jenis pasar beserta contohnya Pengertian Fungsi dan Jenis Jenis Pasar beserta Contohnya

Pengertian Pasar

Pengertian pasar adalah sebuah tempat di mana bertemunya antara penjual dengan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli baik itu berupa barang maupun jasa. Pasar tidak mempunyai batas geografis sehingga definisi pasar tidak merujuk pada sebuah lokasi atau tempat-tempat tertentu. Selain itu dengan adanya sistem jaringan komunikasi yang modern seperti hadirnya internet juga telah membuat pengertian pasar menjadi semakin luas tanpa adanya hambatan ataupun batasan-batasan geografis. Sehingga bisa memungkinkan penjual dan pembeli melakukan transaksi tanpa harus saling bertemu secara langsung.

Pengertian pasar yang kami bahas di sini adalah pengertian pasar yang menitik beratkan ke dalam arti kegiatan ekonomi yaitu transaksi jual beli, baik itu dilakukan di pasar tradisional maupun dilakukan secara online. Dalam ilmu ekonomi definisi pasar adalah jumlah permintaan dan penawaran pada jenis barang atau jasa tertentu. Dalam hal ini, pasar juga merujuk pada segala aktivitas permintaan dan penawaran termasuk di dalamnya modal, tenaga kerja, surat berharga dan uang.

Kegiatan perekonomian yang terjadi di pasar pada prinsipnya di dasarkan dengan adanya suatu kebebasan dalam bersaing, baik itu bagi penjual maupun bagi pembeli. Penjual (produsen) memiliki kebebasan dalam memutusakan barang atau jasa apa saja yang seharusnya diproduksi dan didistribusikan. Sedangkan pembeli (konsumen) memiliki kebebasan dalam memilih dan membeli barang atau jasa yang sesuai dengan kemampuan daya belinya.

Keberadaan pasar dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Hal itu dikarenakan, jika ada kebutuhan yang tidak bisa dihasilkan sendiri, bisa mendapatkan kebutuhan tersebut di pasar. Para pembeli datang ke pasar untuk berbelanja berbagai kebutuhan untuk memenuhi kebutuhannya dengan membawa sejumlah uang untuk membayar harga barang atau jasa yang dibutuhkan.

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi pasar menurut para ahli. Berikut ini definisi pasar menurut para ahli ekonomi:

Pengertian Pasar Menurut William J Stanton
Bahwa pengertian pasar adalah sekumpulan orang yang mempunyai keinginan untuk meraih kepuasan dengan menggunakan uang untuk berbelanja , dan mempunyai kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.

Pengertian Pasar Menurut Simamora
Bahwa pasar adalah sekumpulan orang yang mempunyai kebutuhan dan keinginan terhadap suatu produk tertentu, mempunyai kemauan dan kemampuan untuk membeli produk tersebut dan mempunyai kesempatan untuk memutuskan membeli suatu produk.

Pengertian Pasar Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Pengertian pasar menurut KBBI adalah tempat sekumpulan orang yang melakukan transaksi jual beli. Pasar merupakan suatu tempat yang digunakan untuk jual beli yang diselenggarakan oleh suatu organisasi atau perkumpulan dengan maksud untuk dapat mencari derma.

Pengertian Pasar Menurut Wikipedia
Pengertian pasar adalah sebuah hubungan sosial, sistem, prosedur, institusi, dan infrastruktur di mana terdapat sebuah usaha dalam menjual barang dan jasa serta tenaga kerja untuk sekumpulan orang dengan imbalan yang berupa uang.

Fungsi Pasar

Sebutkan 5 fungsi pasar? 5 Fungsi pasar adalah sebagai berikut:
  1. Fungsi pasar sebagai sarana distribusi
  2. Pasar merupakan tempat yang digunakan untuk kegiatan menyalurkan barang atau jasa yang diproduksi oleh produsen kepada para konsumen.
  3. Fungsi pasar sebagai penetapan harga
  4. Karena adanya interaksi antara penjual dengan pembeli, maka timbul permintaan dan penawaran dari kedua belah pihak. Sehingga ditetapkanlah harga dari suatu barang atau jasa yang diperjual belikan.
  5. Fungsi pasar sebagai tempat promosi
  6. Terangkan fungsi pasar sebagai tempat promosi? Pasar merupakan tempat promosi yang sempurna bagi produsen maupun penjual untuk memperkenalkan berbagai macam produk, karena pasar merupakan tempat berkumpulnya para konsumen. Jadi Fungsi pasar sebagai tempat promosi dapat dibuktikan dengan adanya produsen/ penujual yang memperkenalkan produk yang dijualnya kepada para konsumen.
  7. Fungsi pasar sebagai penyerapan tenaga kerja
  8. Jelaskan fungsi pasar sebagai penyerapan tenaga kerja? Fungsi pasar sebagai tempat penyerapan tenaga kerja yaitu karena di pasar banyak pihak yang terlibat dalam kegiatan ekonomi. Misalnya tukang parkir, tukang sapu, tukang sampah, tukang ojek dan lain-lain.
  9. Fungsi pasar modal dalam investasi
  10. Pasar mempunyai peranan sebagai fasilitator untuk mengelola tabungan dan investasi. Investasi tersebut berguna untuk menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan di masa mendatang. Tabungan dan investasi tersebut akan berinteraksi di pasar. Pasar yang memfasilitasi investasi dan tabungan adalah pasar modal. Investor akan mencari pihak-pihak yang memiliki tabungan untuk kepentingan investasinya, dan penabung mencari pihak yang memerlukan modal. Kedua belah pihak tersebut bisa bertemu di pasar modal.

Jenis jenis Pasar dan Contohnya

Sebutkan jenis-jenis pasar dan contohnya? Berikut ini adalah penjelasan tnetang jenis jenis pasar dan contohnya.

Jenis-jenis Pasar Menurut Cara Transaksinya
Jenis pasar berdasarkan cara transaksinya yaitu terdiri dari pasar tradisional dan pasar modern. Jenis pasar menurut cara transaksinya ini merupakan klasifikasi pasar secara umum.
  • Pasar tradisional adalah tempat bertemunya para penjual dengan pembeli dan terjadi proses jual beli secara langsung yang bisa saling tawar menawar. Bentuk bangunan pasar tradisional bisa berupa kios, gerai dan los. Barang yang dijual di pasar tradisional berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari. Contoh pasar tradisional adalah pasar minggu di Jakarta, pasar klewer di Solo, pasar beringharjo di Yogyakarta.
  • Pasar modern adalah tempat bertemunya penjual dengan pembeli dan melakukan transaksi. Tetapi, di pasar modern tidak terjadi proses tawar menawar, hal itu karena barang yang dijual di pasar modern sudah diberikan label harga pas. Baang-barang yang dijual di pasar modern biasanya adalah kebutuhan sehari-hari dan juga barang lain yang tahan lama. Bentuk dari pasar modern ini ada di dalam bangunan di mana para pelayanannya dilakukan secara swalayan atau mandiri, biasanya dilayani oleh seorang pramuniaga. Contoh pasar modern adalah Mall, Plaza, dan lain-lain.

Jenis-jenis Pasar Menurut Bentuk Kegiatannya
Jenis pasar berdasarkan bentuk kegiatannya dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata dan pasar abstrak.
  • Pasar nyata adalah sebuah pasar dimana terjadi hubungan secara langsung antara penjual dengan pembeli. Contoh pasar nyata adalah pasar tradisional dan pasar swalayan.
  • Pasar abstrak adalah suatu pasar apabila barang yang diperdagangkan berupa barang yang tak kasat mata atau hanya berupa gambar (biasanya di internet). Contoh pasar abstrak adalah pasar modal, pasar online, pasar saham, dan pasar valuta asing.

Jenis jenis Pasar Menurut Jenis Barangnya
Pasar menurut jenis barangnya dibedakan menjadi pasar barang konsumsi dan pasar sumber daya produksi. Berikut ini kami menjelaskan jenis pasar berdasarkan jenis barangnya:
  • Pasar barang konsumsi adalah sebuah pasar yang memperjualbelikan berbagai jenis barang yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Barang yang diperjual belikan di pasar barang konsumsi bisa secara langsung digunakan oleh konsumen. Contoh pasar barang konsumsi adalah pasar beras, pasar buah-buahan, pasar sayur-mayur, pasar kelontong, dan pasar tekstil.
  • Pasar sumber daya produksi adalah suatu pasar yang memperjual belikan tentang faktor-faktor produksi. Contoh pasar sumber daya produksi yaitu pasar tenaga kerja, tenaga ahli, mesin-mesin dan tanah.

Jenis jenis Pasar Menurut Waktunya
Jenis jenis pasar menurut waktu penyelenggaraannya adalah sebagai berikut:
  • Pasar harian adalah pasar yang menjadi tempat di mana penjual dan pembeli dapat dipertemukan setiap harinya. Pada umumnya pasar harian menjual jenis barang kebutuhan konsumsi, jasa, kebutuhan bahan mentah dan juga kebutuhan untuk produksi. Contoh pasar harian adalah pasar tradisional, supermarket, supermall, hypermart, toserba dan lain-lain.
  • Pasar mingguan adalah pasar yang dilakukan setiap seminggu sekali. Pasar mingguan biaasnya terdapat di daerah pedesaan. Contoh pasar mingguan adalah pasar minggu, pasar senen, pasar kamis dan lain-lain.
  • Pasar bulanan adalah pasar yang dilakukan seiap satu bulan sekali, dan terdapat di daerah-daerah tertentu. Biasanya terdapat para pembeli di pasar bulanan yang membeli barang-barang tertentu untuk dijual kembali. Contoh pasar bulanan adalah pasar hewan.
  • Pasar tahunan adalah pasar yang berlangsung setiap setahun sekali contohnya Pameran Pembangunan, Pekan Raya Jakarta, dan lain lain. Pada umumnya pasar tahunan bersifat nasional dan diperuntukkan untuk melakukan promosi terhadap sebuah produk yang baru.
  • Pasar temporer adalah pasar yang diselenggarakan pada waktu tertentu secara tidak rutin. Pasar temporer umumnya dibuka untuk merayakan suatu peristiwa tertentu.Contoh pasar temporer adalah Bazar.

Jenis-jenis Pasar Menurut Keleluasaan Distribusi
Berikut ini adalah jenis pasar menurut keleluasaan distribusi:
  • Pasar daerah adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu daerah produk tersebut dihasilkan. Bisa juga didefinisikan, pasar daerah adalah pasar yang melayani permintaan dan penawaran hanya dalam satu daerah. contoh pasar daerah yaitu pasar Johar di Semarang, pasar Klewer di Solo, dan pasar Beringharjo di Yogyakarta.
  • Pasar lokal adalah sebuah pasar yang membeli dan menjual produk di dalam satu kota tempat produk tersebut dihasilkan. Atau pasar lokal merupakan pasar yang melayani permintaan serta penawaran hanya dalam 1 kota. Contoh pasar lokal adalah pasar Klewer Solo yang menyediakan berbagai macam batik, karena masyarakat solo dan sekitarnya banyak yang mengenakan batik.
  • Pasar nasional adalah sebuah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu negara tempat produk tersebut dihasilkan. Disebut sebagai pasar nasional karena melayani permintaan dan penjualan dari dalam negeri. Contoh pasar nasional adalah pasar uang dan pasar modal BEJ (Bursa Efek Jakarta).
  • Pasar internasional adalah sebuah pasar yang membeli dan menjual produk dari berbagai negara. Pasar internasional merupakan pasar yang mempunyai jangkauan luas di seluruh dunia. Contoh pasar internasional adalah pasar intan di Amsterdam, pasar karet di New York, dan pasar kopi di Santos.

Jenis jenis pasar menurut bentuk serta strukturnya
Jenis jenis pasar berdasarkan bentuk dan strukturnya yaitu terdiri dari pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
  • Pasar persaingan sempurna adalah pasar persaingan murni yang mana di dalamnya terdapat banyak pembeli dan penjual, dan mereka sudah paham dengan keadaan pasar tersebut. Contoh pasar persaingan sempurna adalah pasar berbagai jenis hasil pertanian.
  • Pasar persaingan tidak sempurna adalah kebalikan dari pasar sempurna yaitu pasar yang terdiri dari sedkit penjual yang mempunyai banyak pembeli. Pasar persaingan tidak sempurna dibedakan menjadi empat macam yaitu:
    1. Pasar monopoli adalah pasar di mana semua penawaran terhadap permintaan telah dikuasai oleh satu organisasi penjual tertentu. Contoh pasar monopoli adalah PT Pertamina (persero).
    2. Pasar monopolistik adalah sebuah pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual yang menjual barang dengan produk yang berbeda. Contoh pasar monopolistik adalah toko kelontong, apotek, jasa salon, dan angkutan.
    3. Pasar oligopoli adalah suatu pasar yang terdiri dari beberapa penjual yang menjual suatu barang khusus tertentu, sehingga penjual satu dengan penjual yang lain bisa saling mempengaruhi harga. Cntoh pasar oligopoli adalah perusahaan industri telekomunikasi, perusahaan semen serta perusahaan yang menjual sepeda motor dan mobil.
    4. Pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai oleh pembeli (Jadi dalam pasar monopsoni banyak penjual dan sedikit pembeli). Maka pembeli bisa saja meminta harga yang se murah-murahnya. Contoh pasar monopsoni adalah pasar sayuran di daerah terpencil biasanya akan kesulitan untuk menjual produknya ke tempat lain.

Ciri-ciri Pasar

Dari berbagai penjelasan tentang pasar di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri pasar adalah sebagai berikut:
  • Adanya barang atau jasa yang diperjualbelikan.
  • Ada calon penjual dan pembeli.
  • Terjadi interaksi antara pembeli dan penjual baik itu seara langsung maupun tidak langsung.
  • Adanya proses permintaan dan penawaran dari kedua belah pihak.
  • Transaksi terjadi pada saat ada kesepakatan antara penjual dengan pembeli.
  • Terjadi transaksi jual beli.

Bagaimana sekarang kamu sudah mengerti tentang pengertian fungsi dan jenis jenis pasar beserta contohnya kan. Semoga apa yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian tersebut dapat memberikan manfaat.
Sumber https://www.temukanpengertian.com/

Terbaru Juknis Dekonsentrasi SMA 2019. PDF

Download Juknis Dekonsentrasi SMA 2019 – Petunjuk teknik DEKON Sekolah Menengah Atas merupakan acuan yang ditujukan sebagai bagian dari upaya pemerintah guna mencapai tujuan yang telah direalisasikan dalam RENSTRA (Rencana Strategis) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD) pelaksanaannya dimulai dari 2015  sampai dengan 2019.

Petunjuk teknik DEKON Sekolah Menengah Atas merupakan acuan yang ditujukan sebagai bagian Download Juknis Dekonsentrasi SMA 2019. PDF
Download Juknis Dekonsentrasi SMA 2019. PDF

Tahun ini merupakan tahun yang bisa dikatakan sangat penting karena sudah ke (tiga) kalinya program yang diselenggarakan DITERKTORAT PEMBINAN SMA terkait dengan pengelolaan pendidikan tingkat menengah yang seutuhnya berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi di Wilayah Indonesia, sebagai konsekuensi penerapan Undang-Undang Nomor 23 2014 mengenai Otonomi Daerah.

Setelah kegiatan Dekonsentrasi SMA selesai diselenggarakan, selanjutnya harapan dari tim pengembang peserta didik dapat memperoleh pengetahun (PKB) pendidikan karakter bangsa; mendapatkan pelatihan meneganai MBS (manajemen berbasis sekolah) bisa berpartisipasi ataupun mengikuti perlombaan, olimpiade, atau festival.

LOMBA, FESTIVAL DAN OLIMPIADE
(output 5627.016 : siswa yang mengikuti lomba, festival, dan olimpiade)

Gambaran Umum

Dalam rangka mendukung bakat, minat, dan potensi peserta didik, maka Direktorat Pembinaan SMA melaksanakan kegiatan kesiswaan berupa kegiatan lomba, festival, dan olimpiade. Melalui kegiatan tersebut diharapkan memacu peserta didik untuk meraih prestasi dan memiliki daya saing yang kompetitif di bidang sains, bahasa, seni, dan olahraga. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan meliputi:
  • Olimpiade Sains Nasional (OSN);
  • Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N);
  • Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN);
  • Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan Lomba Debat Bahasa Inggris (National Schools Debating Championship - NSDC).
Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui proses seleksi secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. setiap provinsi mengirim peserta didik hasil seleksi/juara untuk dikirim ke tingkat nasional.

Tujuan
Secara umum, tujuan dari kegiatan ini adalah:
  1. Mengembangkan minat, bakat, potensi, dan kreativitas peserta didik dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa, secara optimal;
  2. Memberikan akses layanan peserta didik dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa;
  3. Meningkatkan sikap kritis, budaya kompetitif, penerapan problem solving dalam pembelajaran; d. Meningkatkan kemandirian diri peserta didik untuk mendukung ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang positif;
  4. Meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan;
  5. Mendorong satuan pendidikan dalam pembinaan peserta didik dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa;
  6. Menumbuhkan budaya literasi dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa, secara optimal;
  7. Menumbuhkan semangat nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penerima Manfaat
Penerima Manfaat dari kegiatan ini adalah sebagai berikut :
  • Peserta Didik SMA di seluruh Indonesia Mendapatkan peningkatan pengetahuan dan kapasitas akademik, pembentukan sikap, meningkatkan mutu, dan semangat daya saing SMA di seluruh Indonesia.
  • Dinas Pendidikan Provinsi di seluruh Indonesia Mendapatkan gambaran kualitas pendidikan di tingkat provinsi.
  • Direktorat Pembinaan SMA. Mendapatkan gambaran kualitas dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa di tingkat nasional dan internasional.
Jenis Kegiatan

Untuk output ini terdapat 4 (empat) sub-output yang pelaksanaanya didanai dengan dana dekonsentrasi, yakni: a. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains; b. Siswa yang mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N); c. Siswa yang mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN); d. Siswa yang mengikuti Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan Bahasa Inggris Tingkat Nasional/National Schools Debating Championships (NSDC). Secara terinci kegiatan masing-masing sub-output adalah sebagai berikut :

Koordinasi Penyusunan Roadmap Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025

1). Deskripsi Kegiatan Koordinasi Penyusunan Roadmap Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025 adalah fasilitasi untuk melakukan Pemetaan Kebutuhan Sarana dan Prasarana SMA Tahun 2019-2025 serta menyusun Draft Roadmap Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA tahun 2025 di Tingkat Provinsi. Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh 34 Dinas Pendidikan Provinsi dengan melibatkan Dinas Pendidikan Provinsi (Bagian Penyusunan Program dan Anggaran), BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) Provinsi, Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi (UPT Dinas Pendidikan), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), SMA Rujukan dan SMA Kewirausahaan, Tim Satgas Data Pokok Pendidikan Provinsi.

2). Mekanisme Kegiatan Mekanisme kegiatan Penyusunan Roadmap Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025, sebagai berukut: a) Menyusun jadwal pelaksanaan Kegiatan Koordinasi Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025 Tingkat Provinsi. b) Penggandaan materi dan panduan pelaksanaan Kegiatan Koordinasi Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025 Tingkat Provinsi. c) Melakukan koordinasi dengan Direktorat Pembinaan SMA terkait pelaksanaan Kegiatan Koordinasi Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025 Tingkat Provinsi. d) Melaksanakan Kegiatan Kegiatan Koordinasi Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025 Tingkat Provinsi.

Download Juknis Dekonsentrasi SMA Tahun 2019

Dalam melaksanakan rencana kegiatan, Dinas Pendidikan Provinsi terlebih dahulu harus menyusun Panduan Pelaksanaan setiap kegiatan dengan mengacu pada Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kegiatan Dekonsentrasi Direktorat Pembinaan SMA Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Sumber https://www.pelitaguru.id/

Terbaru Kesiapan SMP dan SMA dalam Menerapkan Informatika Sebagai MataPelajaran Terbaru Tahun 2019/2020

Kesiapan SMP dan SMA dalam Menerapkan Informatika Sebagai Mata Pelajaran Terbaru Tahun 2019/2020

Kesiapan SMP dan SMA dalam Menerapkan Informatika Sebagai Mata Pelajaran Terbaru Tahun 2019/2020

Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://indoint.com/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Kesiapan SMP dan SMA dalam Menerapkan Informatika Sebagai Mata Pelajaran Terbaru Tahun 2019/2020 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Kesiapan SMP dan SMA dalam Menerapkan Informatika Sebagai Mata Pelajaran Terbaru Tahun 2019/2020.

Kurikulum 2013 yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2013/2014 dikembangkan dengan memerhatikan faktor-faktor yang bersifat internal dan eksternal. Faktor yang bersifat internal terkait dengan aspek teknis pengembangan kurikulum, sedangkan faktor eksternal antara lain terkait kebijakan pemerintah yang ditetapkan melalui berbagai produk hukum seperti Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden, Peraturan Menteri, dan peraturan di bawahnya. Faktor eksternal lainnya adalah perubahan -perubahan yang terjadi di masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan sosial, budaya, ekonomi, ilmu pengetahuan, teknologi, politik, dan hubungan antar bangsa yang semakin terbuka sebagai akibat globalisasi dan perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum 2013 dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran (ICT for learning) yang terintegrasi pada semua mata pelajaran karena pada hakikatnya, saat ini semua kegiatan kehidupan termasuk pembelajaran, berbasis TIK. Untuk mewujudkannya warga sekolah seyogyanya memahami dan menerapkan TIK dalam pelaksanaan kegiatan di sekolah. Oleh karena itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mengatur peran guru TIK sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014 tentang Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi Kurikulum 2013, yaitu membimbing peserta didik untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran, memberikan layanan/fasilitasi kepada sesama guru untuk persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dan memberikan layanan/fasilitasi kepada tenaga kependidikan untuk mengembangkan sistem manajemen sekolah berbasis TIK.
Dewasa ini, pemanfaatan TIK sebagai alat pembelajaran dalam dunia pendidikan tidaklah cukup, karena saat ini dunia global telah memasuki era revolusi industri generasi keempat atau Revolusi Industri 4.0 (Industry Revolution 4.0/IR4.0) yang tidak dapat dihindari oleh bangsa Indonesia.

IR4.0 menghadirkan sistem cyber-physical, dimana industri bahkan kehidupan sehari-hari mulai bersentuhan dengan dunia virtual yang berbentuk komunikasi manusia dengan mesin yang ditandai dengan kemunculan komputer super, mobil otonom, robot pintar, pemanfaatan Internet of Things (IoT), sampai dengan rekayasa genetika, dan perkembangan neurotechnology. Era ini menghadirkan teknologi disruptif (disruptive technology) yang menggantikan peran manusia. Mengacu pada https://www8.cao.go.jp/cstp/english/society5_0/index.html, manusia dalam bermasyarakat sudah memasuki era Society 5.0 di mana masyarakat hidup di dunia nyata dan sekaligus di dunia digital.

Untuk mengikuti perkembangan tersebut di atas, sistem pendidikan Indonesia perlu memberikan Informatika sebagai dasar-dasar pengetahuan dan kompetensi yang dapat membentuk manusia Indonesia menjadi insan yang cerdas dan punya daya saing di kawasan regional maupun global.
Beberapa pemikiran yang melandasi pentingnya Informatika diajarkan kepada peserta didik antara lain sebagai berikut.

1. Di dunia digital modern yang dipenuhi dengan komputasi dan perangkat komputer, seseorang hendaknya bukan hanya pengguna di dunia yang tak dipahaminya, tetapi sebaliknya juga berperan serta secara aktif dan menguasai konsep dasar informatika.
2. Pemahaman konsep Informatika yang baik akan membuat peserta didik sejak usia dini dapat memanfaatkan sistem komputer dengan baik dan dapat memberikan solusi persoalan pada saat suatu sistem tak berjalan sebagaimana mestinya.
3. Warga dunia digital yang mampu berpikir komputasional akan mampu
untuk memahami secara rasional tentang isu-isu terkait, seperti: hak kekayaan intelektual perangkat lunak, pencurian identitas, rekayasa
genetika, kejahatan cyber, dan sebagainya.
4. Adanya standar dan framework kurikulum Informatika yang sudah dirilis dan diimplementasikan oleh negara maju, antara lain yang dirilis oleh Association for Computing Machinery (ACM), Computer Science Teacher Association (CSTA), dan lembaga nirlaba (code.org) maupun industri.
Pada bulan Desember tahun 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengakomodasi kebijakan diselenggarakannya Informatika sebagai muatan pembelajaran pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dan sebagai mata pelajaran (mapel) Informatika pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).
Dan masih banyak Kesiapan SMP dan SMA dalam Menerapkan Informatika Sebagai Mata Pelajaran Terbaru Tahun 2019/2020 lainnya.

Berikut ini File Kesiapan SMP dan SMA dalam Menerapkan Informatika Sebagai Mata Pelajaran Terbaru Tahun 2019/2020 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDWONLOAD :

Surat Edaran TI.pdf ( Di Sini )
Pedoman Implementasi Mapel TI.pdf ( Di Sini )
KI KD Mapel Informatika SMP SMA.pdf ( Di Sini )
Sumber http://www.materipendidikan.net/

Thursday, 29 December 2022

Update Soal Latihan Online Bahasa Indonesia SMP 2019 | Teks Laporan PercobaanRevisi

Kali ini admin akan membagikan soal latihan online bahasa Indonesia materi teks laporan percobaan kelas 9 semester 1. Semoga contoh soal online yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya kelas 9 dalam berlatih mengerjakan soal-soal latihan khususnya materi teks laporan percobaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga soal-soal yang admin bagikan di sini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik khususnya kelas 9 yang akan melakukan ulangan harian hari ini.

Selamat datang dan selamat bergabung bersama dengan anak didik lainnya di situs belajar dengan berbagai referensi paling lengkap mulai kebutuhan guru dan anak didik semua kami siapkan di sini. Dapatkan dengan mudah dan praktis tanpa harus bayar mulai dari perangkat ajar, bahan ajar, soal-soal, bahkan materi singkat yang padat dan jelas semuanya kami sediakan di sini. Semoga apa yang admin bagikan di sini dapat memberikan dampak positif yang luar biasa bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Dan yang paling utama adalah apa yang anak didik sekalian cita-citakan dapat tercapai dengan baik.

Kali ini admin akan membagikan soal latihan online bahasa Indonesia materi teks laporan p Soal Latihan Online Bahasa Indonesia SMP 2019 | Teks Laporan Percobaan Revisi

Sebelum mengerjakan soal-soal yang ada dalam situs ini. Terlebih dahulu kalian harus memerhatikan beberapa hal yang kalian harus lakukan. Yang pertama kalian isi identitas kalian dengan benar di kolom yang sudah admin sediakan (nama, kelas, dan asal sekolah). kedua setelah soal terbuka baca dan cermati pertanyaan soal dengan baik sebelum menjawab. Ketiga ketika kalian sudah mengerjakan soal, coba kalian periksa kembali apakah ada soal yang belum terjawab atau kalian ingin mengganti jawaban yang menurut kalian paling benar. Dan yang terakhir atau keempat adalah silakan kalian klik kata KIRIM di soal paling akhir dan untuk melihat nilai kalian silakan klik kata LIHAT SKOR di pojok kiri bagian atas. Selamat mengerjakan semoga sukses


 Sumber http://www.ilmubindo.com/

ini dia 11 Cara Belajar Menghafal dan Memahami Pelajaran dengan Cepat sertaTahan Lama


Bagaimana cara menghafalkan dan memahami ilmu pelajaran sekolah dan ilmu umum lainnya dengan cepat dan bisa tahan lama ?_Belajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan guna mengetahui dan memahami pengetahuan yang belum diketahui dengan jelas. Belajar menjadi suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua orang tanpa terkecuali. Bahkan belajar menjadi sebuah hak asasi manusia. Belajar dilakukan sepanjang hidup manusia dan merupakan salah satu kebutuhan abadi manusia dan mutlak tidak dapat diganggu gugat.

Setiap kegiatan yang dilakukan bersifat mendidik hingga mampu bisa disebut belajar. Belajar bukan hanya sekadar sebagai kegiatan membaca buku saja.

Membaca bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan dalam proses belajar mengajar. Kegiatan lain juga bisa dikatakan belajar.

Setiap indera manusia dapat digunakan sebagai media belajar, seperti melihat, mendengar, dan merasakan.

Namun salah satu masalah utama yang sering dihadapi adalah sulitnya menghafal pelajaran dengan cepat.

Kadang pelajaran yang sudah dipelajari berkali-kali akan tetapi tetap saja nantinya materi tersebut hilang dari ingatan.

Sebenarnya hal tersebut bukan karena seseorang tidak pintar atau tidak bisa mempelajari suatu hal, karena otak manusia memiliki fungsi yang sama yaitu untuk berpikir.
Bagaimana cara menghafalkan dan memahami ilmu pelajaran sekolah dan ilmu umum lainnya deng 11 Cara Belajar Menghafal dan Memahami Pelajaran dengan Cepat serta Tahan Lama
Tips-Trik Jitu Belajar Menghafal dan Memahami Pelajaran dengan Cepat serta Tahan Lama

1. Mengatur posisi belajar
Posisi belajar memang bukan hal utama yang menentukan tingkat pemahaman seseorang. Akan tetapi posisi belajar seseorang menjadi salah satu pemicu yang dapat meningkatkan daya ingat dan pemahaman.

Posisi yang kurang nyaman dapat mengganggu konsentrasi seseorang karena dapat membagi perhatian antara materi yang sedang dipelajari dan rasa tidak nyaman yang sedang dialami.

Posisi belajar yang terbaik menurut pakar kesehatan adalah dengan cara duduk atau memposisikan diri senyaman mungkin.

Duduk pun harus menggunakan alas atau bantalan duduk yang cukup nyaman bagi tubuh. Sering kali kita tidak terlalu memperhatikan posisi belajar yang dapat mengganggu proses pemahaman materi dan sering kali mengabaikan terhadap dampak buruk posisi belajar yang salah.

2. Belajar pada kondisi dan situasi yang tenang
Cara belajar untuk menghafal pelajaran dengan cepat dan tahan lama yang satu ini memang masih menjadi perdebatan.

Pasalnya ada juga orang yang bisa menghafal apabila sedang mendengarkan suara seperti misalnya musik dan sebagainya.

Akan tetapi fakta membuktikan bahwa, lebih banyak orang yang mampu menyerap pelajaran pada situasi dan kondisi yang tenang.

Salah satu kondisi yang tenang misalnya memilih belajar di waktu malam, karena malam hari umumnya sunyi, sehingga memungkinkan pikiran dan hati bisa terasa tenang.

Suasana yang ramai dan berisik akan mengurangi tingkat konsentrasi seseorang yang menjadi penghambat dalam menghafal dan memahami pelajaran.

Bukan hanya situasi dan kondisi lingkungan saja yang harus tenang, namun situasi hati dan pikiran juga.

Sebaiknya bila ada hal yang mengganjal hati dan pikiran maka segera diselelasikan dahulu sebelum belajar agar nantinya tidak mengganggu proses belajar.

3. Memahami materi
Akan sulit bagi seseorang untuk menghafal materi apabila tidak memahami terlebih dahulu dan/atau sebaliknya.

Memahami materi memang cukup sulit bagi seseorang yang baru pertama kali mengenal sebuah materi baru.

Memahami materi tidak bisa dengan cara sekali membaca dan berpatokan pada bacaan yang sama. Dalam memahami materi harus ada referensi lain yang dapat menguatkan pemahaman.

4. Re-telling
Proses ini cukup ampuh bagi seseorang yang ingin menghafal pelajaran dengan mudah. re-telling atau menceritakan kembali adalah konsep belajar yang mutakhir di mana ketika selesai membaca atau mempelajari sesuatu yang baru, orang tersebut akan bercerita mengenai pelajaran yang sudah didapat tadi.

Bercerita bisa dengan orang lain atau dengan pura-pura menceritakan pada diri sendiri.

Bercerita kembali tidak tentu harus sama persis dengan materi pelajaran yang dipelajari barusan.

Bahkan paling efektif adalah menggunakan bahasa sendiri. Selain untuk lebih memudahkan mengingat materi, juga memudahkan dalam penyampaian materi tersebut ke orang lain.

Materi yang diceritakan berulang kali oleh diri sendiri akan lebih mudah diingat oleh orang yang menyampaikan tersebut.

5. Mengingat keyword atau kata kunci
Metode mengingat keyword cukup ampuh dalam menghafal materi pembelajaran berupa teori yang cukup panjang.

Keyword merupakan kata kunci yang biasanya sering keluar dalam suatu kalimat atau merupakan kata yang menjadi pembahasan pokok pada materi tersebut.

Keywoard biasanya menjadi kata yang cukup mudah diingat karena sedikit berbeda dari kata-kata lainnya pada materi yang dipelajari.

Dengan hanya mengingat keyword seseorang bisa merangkai kalimat sendiri dari kata kunci tersebut. Sehingga hanya dengan menghafal keyword maka seseorang bisa menghafal hampir sebagian besar materi yang dipelajari dan materi tersebut akan tahan lama di ingatan karena biasanya kata kunci yang telah diingat tadinya akan tertanam di memori otak karena merupakan kata kunci yang dibuat sendiri.

6. Menghafal melalui audio
Trik belajar selanjutnya adalah menghafal dengan cara mendengarkan materi pelajaran melalui audio. Penelitian membuktikan bahwa belajar menggunakan audio cukup efektif dan mampu meningkatkan daya ingat seseorang terhadap materi yang sudah disampaikan.

Suara dari audio berupa materi pelajaran yang didengarkan akan lebih mudah langsung masuk ke dalam ingatan dan dengan mudah dipahami oleh orang yang mendengarkan.

Berbeda dengan belajar melalui membaca. Membaca membutuhkan beberapa fungsi anggota tubuh lainnya seperti mata untuk melihat tulisan, mulut untuk mengeja bacaan, serta otak untuk memahami.
Akan tetapi kembali lagi pada karakter setiap orang. Ada seseorang yang lebih cepat tanggap dalam menghafal menggunakan audio dan adapula yang lebih nyaman belajar menggunakan media bacaan.

7. Summary 
Summary atau dalam bahasa Indonesia artinya meringkas merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara meringkas pelajaran yang dipelajari menjadi kata yang sersingkat-singkatnya namun mengandung makna menyeluruh dari seluruh pelajaran.

Metode summary menjadi salah satu cara agar mudah menghafal dan memahami pelajaran. Karena materi semakin singkat maka semakin cepat pula di hafalkan dan dipahami.

8. Memanfaatkan sticky note
Sticky note berfungsi untuk mencatat pelajaran yang penting dan menempelkan pada tembok kamar, dinding tempat tidur, atau ruangan yang sekiranya sering ditempati.

Cara ini biasanya dilakukan untuk mempercepat penghafalan dan supaya hafalan tahan lama. Materi yang ditempelkan pada secarik kertas tersebut akan rutin dilihat dan otomatis dibaca. Semakin sering dilihat, semakin mudah dihafalkan.

9. Membuat sebuah gambaran atau imajinasi
Gambar merupakan objek yang cukup mudah dihafal jika dibandingkan tulisan. Metode menggambarkan sesuatu pada pikiran dapat diterapkan khususnya pada materi berupa pelajaran sejarah dan biologi.

Dalam proses penggambaran tersebut akan lebih efektif jika dibumbui dengan imajinasi. Imajinasi seseorang biasanya akan mudah diingat, oleh karenanya perpaduan kedua metode ini cukup ampuh.

10. Diimbangi dengan olahraga dan mengistirahatkan otak
Tidak banyak yang menyadari bahwa olahraga dapat membantu menguatkan ingatan. Menggerakkan tubuh dapat membantu memperlancar aliran darah dan oksigen ke otak.

Tubuh energik yang sering olahraga memiliki otak yang cukup segar dan cepat tanggap. Otak juga sama halnya dengan tubuh, otak juga membutuhkan istirahat, memaksakan otak untuk menghafal dan berpikir justru tidak akan efektif.

11. Jangan lupa makan makanan yang sehat
Makanan yang sehat berupa gizi yang seimbang menjadi salah satu pendukung kemampuan otak dalam menghafal dan menguatkan daya ingat.

Beberapa makanan seperti ikan salmon, telur, kacang-kacangan, gandum, dan sayuran berwarna dapat meningkatkan kemampuan dan kapabilitas otak dalam mengingat pelajaran dengan cepat dan tahan lama.

Demikian tentang Sebelas Cara Belajar Menghafal dan Memahami Pelajaran dengan Cepat serta Tahan Lama. Semoga bermanfaat

Sumber https://www.websitependidikan.com/

Update Materi Biologi Kelas 12 BAB 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Lengkap -Part 1

Pernahkah Anda berpikir bagaimana biji tomat dapat menjadi tanaman yang rimbun dan banyak buahnya? Selain itu, bagaimana seorang anak yang baru lahir dapat menjadi besar? Semua itu merupakan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada makhluk hidup tersebut.

Apa itu pertumbuhan dan perkembangan? Bagaimana pertumbuhan dan perkembangan dapat terjadi pada makhluk hidup? Bagaimana pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada makhluk hidup? Faktor-faktor apa saja yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup? Semua pertanyaan tersebut dapat Anda ketahui jawabannya setelah mempelajari materi berikut ini

Pernahkah Anda berpikir bagaimana biji tomat dapat menjadi tanaman yang rimbun dan banyak  Materi Biologi Kelas 12 BAB 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Lengkap - Part 1

A. Definisi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 

Pertumbuhan dapat diartikan'sebagai proses bertambahnya ukuran (seperti volume, massa, dan tinggi) pada makhluk hidup. Pertumbuhan bersifat irreversible (tidak dapat balik). Contoh terjadinya pertumbuhan adalah bertambahnya tinggi batang dan jumlah daun. Pertumbuhan dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Pertumbuhan pada tumbuhan tidak terbatas pada usia asalkan kebutuhannya terpenuhi, sedangkan pada hewan dan manusia pertumbuhan bersifat terbatas karena pada usia dewasa pertumbuhan hewan dan manusia akan berhenti.

Adapun perkembangan merupakan proses perubahan bentuk menuju kedewasaan pada makhluk hidup. Perkembangan ditandai dengan mulai berfungsinya alat-alat perkembangbiakan. Perkembangan pada makhluk hidup, ditandai dengan adanya proses kedewasaan. Perkembangan bersifat sistematis, progresif, dan berkesinambungan. Artinya proses perkembangan terus terjadi sampai makhluk hidup tersebut mati. Selain itu, perkembangan tidak dapat dinyatakan dalam ukuran jumlah, panjang, maupun berat.

B. Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan


1. Fase Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terjadi melalui beberapa fase, yaitu:

a. Perkecambahan

Perkecambahan adalah proses perubahan flsiologi biji dari bentuk dorman ke bentuk semai setelah melalui perkembangan sedemikian rupa, ditandai dengan pembentukan radikula, kaulikulus dan plumula. Syarat terjadinya perkecambahan adalah berakhirnya ' masa dormansi biji. Dormansi biji merupakan suatu kondisi biji yang masih hidup tetapi tidak aktif, berada dalam kondisi kering (kelembapannya kurang) dan tidak dapat (gagal) berkecambah selama periode waktu tertentu karena faktor internal biji.

Berdasarkan posisi kotiledonnya, perkecambahan dikelompokkan menjadi perkecambahan
epigeal dan perkecambahan hipogeal.

1) Perkecambahan epigeal

Merupakan perkecambahan yang ditandai dengan terangkatnya kotiledon ke atas permukaan tanah. Perkecambahan epigeal ditemukan pada tanaman kacang hijau . dan kacang kedelai.

2) Perkecambahan hipogeal
Merupakan perkecambahan yang ditandai dengan tertinggalnya kotiledon di dalam
tanah. Perkecambahan hipogeal ditemukan pada tanaman kacang kapri.

b. Pertumbuhan Primer

Pertumbuhan primer dapat menyebabkan tumbuhan bertambah tinggi atau panjang dan hal itu terjadi pada semua tumbuhan. Jaringan khusus yang mengalami pertumbuhan dengan cara pembelahan dan pembesaran sei, disebut meristem.  Pertumbuhan primer terjadi karena adanya aktivitas meristem apikal. Meristem apikal terdapat pada ujung batang dan ujung akar. Terdapat tiga daerah dalarn meristem apikal, yaitu daerah pembelahan, pemanjangan (elongasi), dan diferensiasi.

c. Pertumbuhan Sekunder

Pertumbuhan sekunder disebabkan oleh aktivitas meristem lateral. Meristem lateral ini berupa kambium vaskuler (biasa disebut kambium saja) dan kambium gabus. Proses pertumbuhan sekunder dimulai dari aktivitas kambium vaskuler.

Sel-sel kambium vaskuler terletak di antara xilem dan floem. Sel-sel kambium vaskuler melakukan pembelahan ke arah luar membentuk floem sekunder, dan ke arah dalam membentuk xilem sekunder. Pembelahan sel-sel kambium vaskuler menghasilkan pertambahan diameter batang. Lingkungan memengaruhi aktivitas kambium. Pada musim kemarau, kambium tidak aktif. Walaupun aktif, kambiUm hanya akan membentuk seI-sel xilem berdiameter sempit. Ketika air dalam jumlah banyak, kambium akan membentuk seI-sel xilem dengan diameter besar. Perbedaan ukuran diameter ini akan menyebabkan terbentuknya lingkaran-lingkaran pada penampang melintang batang. Lingkaran-lingkaran tersebut dinamakan lingkaran tahun. Lingkaran tahun dapat digunakan untuk menentukan umur suatu pohon dengan melihat jumlah lingkaran tahunnya.

Adapun kambium gabus merupakan jaringan pelindung yang menggantikan fungsi jaringan epidermis yang rusak/mati. Pada lapisanperidermis jaringan kambium gabus terdapat felogen yang bersifat meristematis. Aktivitas felogen mengakibatkan pembelahan ke arah dalam membentuk feloderma dan ke arah luar membentuk felem.

Demikianlah postingan Materi Biologi Kelas 12 BAB 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Lengkap - Part 1, Semoga bermanfaat salam sukses untuk Sahabat semua. Untuk sahabat semuanya yang membutuhkan materi lanjutan dari BAB ini Sahabat bisa langsung menuju postingan Materi Biologi Kelas 12 BAB 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Lengkap - Part 2 . Materi Biologi Kelas 12 di Blog ini Lengkap dari Semester 1 dan 2, dari BAB 1 sampai BAB 10, jadi jangan sampai ada materi biologi yang tertinggal untuk di baca yah Sahabat semua. Sumber https://administrasingajar.blogspot.com/