SMK BUDI LUHUR

Wednesday, 21 December 2022

Langkah-langkah Penulisan Iklan yang Baik dan benar menurut KBBI

Iklan yang baik bisa menampilkan suatu produk yang berbeda dengan produk lain Langkah-langkah Penulisan Iklan yang Baik

Iklan yang baik bisa menampilkan suatu produk yang berbeda dengan produk lain.

Iklan baik memuat adanya pesan yang rasional dan mudah dicerna oleh khalayak. Selain itu, iklan harus memperhatikan rumus sebagai problema, janji, dan bukti.

Berikut ini adalah langkah-langkah penulisan iklan yang Baik

1# Mulailah iklan dengan pernyataan yang menarik perhatian khalayak, yakni berfokus pada kepentingan atau masalah yang mereka hadapi.

Misalnya, jika kamu bermaksud menjual obat (jerawat), gunakanlah pernyataan seperti berikut, "Wajah Anda berjerawat?"

Jika akan menjual produk pelangsing, pernyataan pendahuluannya bisa seperti berikut, "Anda ingin menurunkan berat badan?"

Contoh lainnya: Anda sering stres. Ingin mendapatkan ketenangan dalam waktu
kurang dari 30 menit?

#2 Menawarkan solusi.
Misalnya, untuk masalah jerawat, kamu dapat mengajukan kalimat tawaran seperti berikut: "Ramuan 'Jamu Cantik' mengurangi dan melenyapkan jerawat dalam waktu tiga pulih hari dan Anda kembali tampil cantik."

Untuk masalah berat badan, kamu dapat memberikan solusi seperti berikut, "Penyembuhan nondiet cara baru ini bergantung pada pikiran Anda, bukan oleh makanan yang Anda makan. Pikiran dapat menurunkan bobot Anda dengan cepat."

3#. Menunjukkan bukti
 Yang diperlukan khalayak sesungguhnya adalah bukti. Dalam membuat iklan, kamu tidak boleh sekadar menyampaikan janji-janji. Agar mereka lebih yakin, tunjukkanlah bukti bahwa solusi kamu berikan benar dan sesuai dengan harapan mereka.

Berikut contoh-contohnya.
a. Jerawat Anda akan sembuh dalam 30 hari atau uang kembali. Ada 11.500 orang yang wajahnya kembali putih berseri setelah menggunakan produk kami ini.

b. Riset memperlihatkan bahwa berat badan orang-orang turun sekitar 13 kg setelah menggunakan metode baru ini.

c. Anda akan merasa relaks karena metode pemijatan kami sampai-sampai Anda akan tertidur di meja pijat saya.

4#. Mengajukan harga
Bagian terakhir adalah mengajukan harga yang kamu inginkan. Berikut contohnya.
a. "Jika Anda ingin merawat wajahnya Anda sekarang, pesanlah segera ramuan istimewa kamu dengan harga…."

b. Hanya dengan …., Anda sudah bisa memainkan gitar di akhir pekan ini.

c. Klik di sini untuk membayar sejumlah …. dan Anda bisa mengunduhnya sekarang juga.

Dalam bagian ini kamu pun bisa memberikan promosi lain, misalnya dengan adanya potongan harga dan berbagai kemudahan lainnya.

Sumber http://basindon.blogspot.com/

Terbaru Download Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP)

Download Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran  Download Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP)
Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan dalam hal ini peserta didik. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pembelajaran berorientasi keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dalam upaya menjaga keprofesionalannya, guru senantiasa harus meng-update diri dengan melakukan berbagai pengembangan keprofesian berkelanjutan. Selama ini program pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dikembangkan oleh Ditjen GTK didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, lebih memfokuskan pada peningkatan kompetensi guru terutama dalam kompetensi pedagogi dan profesional, adapun Program PKP Berbasis Zonasi ini lebih memfokuskan pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Terkait dengan itulah, memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi, pedoman ini dikembangkan.

PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP)
BERBASIS ZONASI

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, selanjutnya akan disingkat dengan Program PKP, merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan bagian dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan oleh UndangUndang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan keprofesiannya. Pada Program PKB terdahulu yang dikembangkan oleh Ditjen GTK sebelumnya, yang didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional. Sedangkan Program PKP lebih berfokus pada upaya mencerdaskan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Link Download Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP)

Demikianlah artikel ini dibuat semoga bermanfaat. Salam TIK Sumber https://www.duniatik.com/

Terbaru Download Juklak Pemerolehan Sertifikat dan Nomor Unik Kepala Sekolah Madrasah (NUKS/M)

Juklak NUKS/M. Kepala Sekolah maupun Kepala Madrasah merupakan tokoh kunci dalam perbaikan Pendidikan berkualitas di Indonesia. Keberhasilan Kepala Sekolah maupun Kepala Madrasah Dengan meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga yang dipimpinnya Tidak dapat dipisahkan dari efisiensi dan kemampuan untuk memainkan tugas, Peran dan peran sebagai pemimpin sekolah. organisasi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang standar Sekolah / administrator sekolah memberikan referensi untuk pengembangan Efisiensi rektor / sekolah. Dengan standar ini Diharapkan bahwa semua pemimpin sekolah akan berada di Indonesia. Kompetensi yang tepat sebagai pemimpin sekolah. Permendicans menyatakan bahwa kepala Sekolah / sekolah diharapkan memiliki kompetensi pribadi, Kepemimpinan, kewirausahaan, pengawasan dan sosial. Bahkan, Tidak semua pemimpin sekolah memiliki keterampilan di semua kompetensi Sepenuhnya. Untuk alasan ini, restrukturisasi sistem rekrutmen utama Sekolah / sekolah harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan kandidat Kepala sekolah / sekolah yang memenuhi standar seperti mereka Dari yang diharapkan.

Kepala Sekolah maupun Kepala Madrasah merupakan tokoh kunci dalam perbaikan Pendidikan be Download Juklak Pemerolehan Sertifikat dan Nomor Unik Kepala Sekolah Madrasah (NUKS/M)
Daftar Menteri Pendidikan Nasional No. 28 tahun 2010 tentang Membutuhkan pengangkatan guru sebagai kepala sekolah / sekolah Kepala sekolah / harus memiliki sertifikat utama Sekolah / sekolah. Sertifikat itu memberi kepala sekolah / sekolah Yurisdiksi Direktur / Sekolah di mata publik. untuk
Untuk mendapatkan sertifikat dari kepala sekolah / sekolah, kandidat harus mengambil 2 Fase, fase perekrutan dan fase pelatihan dan pelatihan potensial Kepala sekolah / sekolah. Ketua Program Persiapan Calon Sekolah / sekolah juga terdiri dari banyak kegiatan Merencanakan kebutuhan lain, mencalonkan kandidat, pemilihan administrasi, Seleksi akademik, program pendidikan, dan pelatihan kepemimpinan potensial Sekolah / sekolah lembaga terakreditasi dan keberanian terakreditasi
Pengangkatan sebagai kepala sekolah / sekolah.

Melalui program untuk mempersiapkan sekolah / administrator sekolah Menghasilkan pemimpin sekolah yang kompeten / sekolah. Para pemimpin / sekolah yang kompeten akan dapat melakukannya
Kembangkan dan perkuat diri Anda. Direktur / Sekolah-sekolah agama yang kompeten akan merangsang peningkatan kinerja Peningkatan kualitas sekolah / sekolah, Pentingnya pendidikan dan daya saing. Program untuk mempersiapkan pemimpin sekolah / sekolah potensial secara bersamaan
Terdiri dari banyak kegiatan termasuk kebutuhan perencanaan, Nominasi kandidat, seleksi administrasi, seleksi akademik, perangkat lunak Pendidikan dan pelatihan calon pemimpin sekolah
Lembaga terakreditasi dan terakreditasi Sebagai kepala sekolah / sekolah.



Kepala Sekolah maupun Kepala Madrasah merupakan tokoh kunci dalam perbaikan Pendidikan be Download Juklak Pemerolehan Sertifikat dan Nomor Unik Kepala Sekolah Madrasah (NUKS/M)





Dapatkan sertifikat dan nomor unik dari pemimpin sekolah Sekolah / sekolah harus dipahami oleh institusi Yang memiliki minat memiliki pendapat yang sama. Ini adalah panduan Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran umum tentang Dapatkan sertifikat dan nomor unik dari pemimpin sekolah Calon pemimpin sekolah / sekolah.

Melalui program persiapan sekolah / sekolah Produksi pemimpin sekolah yang kompeten / sekolah.
Manajer / sekolah yang kompeten akan dapat melakukannya Kembangkan dan promosikan diri Anda. Direktur / Sekolah-sekolah agama yang kompeten akan merangsang peningkatan kinerja Meningkatkan kualitas sekolah / sekolah, Pentingnya pendidikan dan daya saing. Program untuk mempersiapkan potensi bagi para pemimpin sekolah / sekolah secara bersamaan Terdiri dari banyak kegiatan, termasuk kebutuhan perencanaan, Nominasi untuk kandidat, seleksi administrasi, seleksi akademik dan perangkat lunak Pendidikan dan pelatihan calon pemimpin sekolah Lembaga terakreditasi dan terakreditasi Sebagai kepala sekolah / sekolah.
Sumber https://www.kangmartho.com/

Teknik dan contoh Langkah-Langkah Menulis Surat Pribadi dengan Baik | Komposisi, Isi, dan Bahasa

Kali ini admin akan membagikan materi tentang surat pribadi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi materi tentang surat pribadi. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Dan kiranya materi ini dapat memberikan pemahaman yang luar biasa kepada anak didik dalam memahami lebih tentang surat pribadi. Nah, kali ini admin akan menjelaskan bagaimana cara menulis surat pribadi dengan memerhatikan komposisi, isi, dan bahasa.

Kali ini admin akan membagikan materi tentang surat pribadi dalam pembelajaran bahasa Ind Langkah-Langkah Menulis Surat Pribadi dengan Baik | Komposisi, Isi, dan Bahasa

Berikut adalah contoh surat pribadi.
Jakarta, 20 Juli 2019

Untuk sobatku Indri
di Malang

Halo, Indri, apa kabar? Kuharap kamu di sini sehat-sehat selalu dan baik-baik saja seperti aku. Dri, aku minta maaf kalau baru saat ini dapat mengirim surat untukmu. Ternyata alamat yang kamu berikan tempo hari ketika kamu belum pindah telah hilang. Aku kesulitan untuk mencari alamatmu. Aku senang ternyata kamu lebih dahulu mengirim surat untukku. Dari suratmu itu aku mengetahui alamatmu. Dri, aku sangat kehilangan dengan kepindahanmu, kamu tahu kita adalah sobat karib, sangat sulit untuk melupakan keakraban kita. Aku pun memahami kepindahanmu karena orang tuam ditugaskan di Malang. O, ya Dri, bagaimana ulanganmu? Apa masih selalu nomor satu? Itulah, Dri yang selalu kuingat yang akan kutiru. Kamu adalah pelajar yang pantang menyerah, rajin, dan pintar.
Aku kira hanya sampai di sini suratku, doakan aku agar dapat seperti dirimu!
Trims.

Sahabatmu,

Susana

Surat pribadi di atas digunakan untuk berkomunikasi antarpribadi dan sifatnya tidak resmi. Masalah yang dikomunikasikan juga masalah-masalah pribadi. Bahasa yang digunakan sangat dipengaruhi oleh sifat hubungan antarpribadi orang yang membuat surat tersebut. Misalnya, dengan orang yang lebih tua, lebih hormat, maka bahasa yang digunakan juga bahasa yang menunjukkan rasa hormat, dengan teman sebaya yang sudah akrab, maka dapat memakai bahasa pergaulan yang santai, hangat, dan sejenisnya.

Surat pribadi ditulis dengan bahasa santai, lugas, dan mudah dipahami. Hampir sama dengan jenis surat lainnya, susunan surat pribadi terdiri atas:
  1. tempat dan tanggal penulisan, biasanya terletak di sudut kanan atas, dari situ kita bisa mengetahui kapan dan di mana surat itu ditulis.
  2. tujuan surat, berisi kepada siapa surat itu ditujukan dan biasanya terletak di sudut kanan, di bawah penulisan tempat dan tanggal penulisan.
  3. isi surat
  4. identitas penulis, berisi identitas si penulis surat dan terletak di sudut kanan bawah setelah isi surat.
Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi bersifat subjektif. Akan tetapi, sebaiknya bahasa dalam surat pribadi harus komunikatif agar informasi yang disampaikan dapat dimengerti oleh penerima.

Kumpulan Contoh Surat Pribadi:
Contoh 1
Sangatta, 22 Mei 2019

Yth. Pamanda Resky
Jalan Pongtiku 989
Makale Toraja,

Dengan hormat,
Semoga rahmat Tuhan menyertai Paman sekeluarga di Toraja. Bagaimana keadaan bibi dan adik-adik di sana Paman? Tentu baik-baik seperti halnya keadaan keluarga kami di Sangatta.
Barangkali Paman terkejut dengan datangnya surat ini karena sudah lama kami tidak memberi kabar. Paman masih ingat Alex teman dekat Kak Serli itu? Kisah cinta mereka itulah yang menyebabkan kami berkirim surat kepada Paman.
Begini Paman, tanggal 21 Desember 2019 yang akan datang, Kak Serli akan menikah dengan Kak Alex. Ayah akan mengadakan acara sederhana pada pernikahan mereka. Maksud ayah hanya akan mengumpulkan sanak saudara pada acara pernikahan tersebut. Oleh karena itu, kami sekeluarga di Sangatta sangat mengharap Paman sekeluarga dapat menghadiri acara tersebut. Rasanya tidak lengkap jika paman tidak hadir.
Namun, kaulah Paman yang tidak dapat hadir, kami keluarga di Sangatta sangat memakluminya. Yang terpenting doa Paman untuk pernikahan Kak Serli, begitulah pesan dari ayah.

Paman, sekian dulu kabar dari kami.
Hormat kami,


Thiessa dan keluarga Sangatta

 Contoh 2
Palopo, 3 Juni 2019
Buat Yulius Kendek
di Sangatta

Salam jumpa,
Teman yang baik, teriring doa semoga engkau di Sangatta baik-baik saja. Sudah lama ya kita tidak saling berkirim kabar?
Yulius, kuharap persahabatan kita tidak akan putus begitu saja karena tempat dan waktu. Meskipun engkau sekarang sudah bekerja di luar Sulawesi, tetapi saya yakin jika ada waktu nanti kita akan bertemu lagi.
Walaupun berita ini bukanlah berita yang penting, aku tetap ingin berkirim kabar denganmu. Bagaimana mencari uang di sini? Ceritakan dong kisah dan pengalaman apa saja yang engkau dapatkan selama di perantauan! Aku selalu menunggu kabar darimu.

Salam, 
Teman sebangkumu dulu


Rudi Harianto

Contoh 3
Toraja, 5 Juni 2019
Untuk sobat baruku Irene Plasitha
di 
Kota Borneo

Jabat kenal,
Semoga Irene masih ingat dengan saya? Yaah, daripada nanti timbul jerawat di dahi, lebih baik saya coba ingatkan Irene sebentar ya...?
Ingat pesta ulang tahun Reka sekitar tiga bulan yang lalu? Ingat pula dengan MC amatiran yang tampak grogi saat berbicara di depan tamu undangan? Nah, kalau sudah ingat, tepat sekali tebakanmu Iren...! Saya MC konyol yang kampungan itu he... he... he...
Jangan tambah marah jika saya lancang berkirim surat kepada Irene. Juga jangan heran kalau saya mengetahui alamat Irene. Reka-lah sumber informasi saya. Tidak ada maksud apa-apa kok, selain ingin berkenalan dengan Irene. Jadi terimalah salam perkenalan ini, please dong! 
Mudah-mudahan Irene mau berkenalan dengan saya. Sungguh saya berharap Irene mau menerima salam kenal saya dan membalas surat dari saya.

Makasih


So' Kamboti  

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menulis surat pribadi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih dalam tentang surat pribadi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Sumber http://www.ilmubindo.com/

Monday, 12 December 2022

Bantuan Beasiswa Bakat dan Prestasi, Tahfidz Qur'an, serta Apresiasi Siswa Berprestasi pada Madrasah



Assalaamu'alaikum Sahabat 

Bagi Bapak/ibu guru yang mempunyai siswa/siswi yang berprestasi dan tahfidz qur'an mungkin bisa mengaukan bantuan beasiswa melalui direktorat kskk madrasah dan pendaftaran online  di halaman link dibawah ini:

https://madrasah.kemenag.go.id/banpres/

Rincian bantuanpun lumayan, bisa dilihat di gambar ini:


Untuk lebih jelasnya silahkan lihat juknisnya sebagai berikut:


Untuk unduh filenya silakan klik DISINI

Sumber https://www.hanapibani.com/

Terbaru RPP Seni Budaya Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Berikut ini kami bagikan RPP Seni Budaya Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dalam Format Word Download File DOCX sekaligus dengan Prota, Promes, Silabus, KKM, KI-KD, Kalender Pendidikan, Jurnal Harian Siswa dan Guru Gratis untuk didapatkan.

dalam Format Word Download File DOCX sekaligus dengan Prota RPP Seni Budaya Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Download RPP Seni Budaya Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

RPP Seni Budaya Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Kali ini akan bagikan contoh RPP Seni Budaya Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Persiapan Tahun Ajaran 2019/2020 khusus bagi Bapak/Ibu yang belum membuat/ menyusun kedalam perangkat pembelajaran atau Adminsitrasi Guru Profesional. Karena memang ini bagian yang tidak bisa lepas dari Tugas Pokok dan Fungsi disamping memberikan Pelajaran didalam sekolah/ madrasah. Maka dari itu ini haruslah dibuat serius mungkin supaya nanti pembelajaran akan sangat menyenangkan sehingga siswa mampu mencapai kompetensi dari setiap kompetensi dasar, indikator dari masing-masing materi pelajaran.

Adapun Perubahan untuk Kurikulum 2013 Versi Revisi 2018 ini akan kami jelaskan dibawah ini :

1. Mengintegrasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter)

Dalam Perbaikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) didalam pembelajaran untuk Kurikulum 2013 Revisi 2017 haruslah diperkuat lagi terutama untuk 5 Karekter yaitu : Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Integritas.

Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang. Dalam hubungan ini pengintegrasian dapat berupa :
  • Pemaduan kegiatan kelas,
  • Luar kelas di sekolah, dan
  • Luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • Pemaduan kegiatan intrakurikuler,
  • Kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
  • Perdalaman dan Perluasan dapat berupa
  • Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
  • Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan
  • Pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah; kemudian
  • Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
2. Gerakan Literasi Sekolah (GLS)

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi :
  • Literasi Dasar (Basic Literacy),
  • Literasi Perpustakaan (Library Literacy),
  • Literasi Media (Media Literacy),
  • Literasi Teknologi (Technology Literacy),
  • Literasi Visual (Visual Literacy).
3. 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation)

Dimana keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Sebenarnya kata ini tidak terlalu baru untuk kita.

Di berbagai kesempatan, kita sudah sering mendengar beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

4. Higher-Order of Thinking Skill (HOTS)

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.

Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi meruapakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Sehingga di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kita buat agar muncul empat macam hal tersebut (PPK, Literasi, 4C, dan HOTS) maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

Download RPP Seni Budaya Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Bagi anda Guru Mata Pelajaran Seni Budaya yang membutuhkan Perangkat Pembelajaran/ Administrasi Guru SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 bisa dengan mudah didapatkan atau dilihat melalui preview dan link download dbawah ini :


Download File :
RPP Seni Budaya Kelas 9 K13 Revisi 2018 Semester 1 dan 2 UNDUH GRATIS
Program Tahunan Seni Budaya Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi UNDUH GRATIS
Program Semester Seni Budaya Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi UNDUH GRATIS
Silabus Seni Budaya Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 UNDUH GRATIS
KKM Seni Budaya Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 UNDUH GRATIS
Kalender Pendidikan Tahun 2019/2020 Semua Provinsi Download
Contoh Jurnal Harian Guru dan Siswa Download

Itulah kiranya berbagi Informasi dan File mengenai RPP Seni Budaya Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018, semoga bermanfaat untuk Bapak/Ibu Semua dalam melengkapi Perangkat Pembelajaran atau Adminsitrasi Guru. Semoga bermanfaat dan Terima kasih sudah berkunjung.

Sumber https://wikipediapendidikan.blogspot.com/

Terbaru RPP PAI SD K13 Kelas 2 Semester 1 Revisi 2017

Gurumaju.com – Download RPP PAI SD Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 ini dibagikan bagi rekan-rekan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD).
rekan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama  Islam  RPP PAI SD K13 Kelas 2 Semester 1 Revisi 2017
RPP PAI SD K13 Kelas 2 Semester 1 Revisi 2017

Banyak sekali permintaan dari rekan-rekan guru yang mungkin sedikit kecewa karena ketika mencari Contoh RPP PAI SD di situs Gurumaju.com ini ternyata tidak ditemukan. Namun dari banyaknya permintaan dari rekan-rekan Guru Mata Pelajaran PAI, maka pada kesempatan Kali ini  Admin akan memberikan  File contoh RPP PAI SD Kurikulum 2013 untuk kelas 2 tingkat Sekolah Dasar.

Seperti diketahui, RPP adalah salah satu perangkat pembelajaran yang perlu di buat oleh seorang guru, tentunya selain RPP, masih ada Silabus, Prota, Prosem, Jurnal pembelajaran, Pemetaan KD dan lain sebagainya. RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) kelas 2 SD/MI k13 ini sudah Integritas, PPK, Literasi, 4C dan HOST dan sesuai dengan model pembelajaran abad 21.

RPP PAI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi terbaru  ini di dalamnya terdapat KI1, KI2, KI3 dan KI4, dengan tujuan untuk menumbuhkan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan para peserta didik.

Silahkan bagi rekan-rekan Guru Mata Pelajaran PAI atau BP untuk mendownload Contoh RPP PAI SD Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 melalui tautan dibawah ini:

RPP PAI Kelas 2 SD/MI Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Pelajaran 1:Nabi Muhammad saw. Teladanku [Download]

Pelajaran 2: Asyik Bisa Membaca Al-Qur'an [Download]
A. Huruf Hijaiyyah Bersambung [Download]

Pelajaran 3: Allah Maha Pencipta
A. Al-Khaliq [Download]

Pelajaran 4: Perilaku Terpuji [Download]
A. Kerja sama,Tolong Menolong [Download]

Pelajaran 5: Hidup Bersih dan Sehat
A. Bersih dan Sehat, Peduli Lingkungan [Download]
B. Doa Makan [Download]

Pelajaran 6: Ayo Berwudu
A. Doa dan Tata cara Wudu [Download]

Pelajaran 7: Berani
A. Sikap Berani Nabi Saleh a.s. [Download]

Demikian Informasi mengenai RPP PAI SD K13 Revisi Untuk kelas 2 Semester 1 yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.