Home
All Post
Saturday, 1 October 2022
Sebetulnya pak menteri kami pun ingin memberikan tepuk tangan bukan hanya orang PBB atau orang luar negeri saja bisa membeli kebutuhan kenapa kita tidak tetapi memang kenyataannya kami tidak bisa memberikan tepuk tangan itu untuk saat ini yang terjadi di Indonesia itu sangat berbeda dengan apa yang dipaparkan di PBB sana Hebat ya tapi tidak bagi kami kami Turun ke bawah
Kami lihat air mata rakyat masih hari ini masih ada Pak kami tidak bangga sama sekali pendidikan sangat banyak ya kalau kita mau papan 11 makan waktu sampai malam pak menteri contoh saja hari ini kita dipaparkan lagi dengan penyesuaian penyesuaian program penyesuaian penyesuaian anggaran Kementerian tidak punya prinsip pada saat kami melakukan rapat rapat Panja konsinyering semua program sudah anda paparkan dengan data-data dengan dana dan dengan biaya-biaya lagi berubah lagi dengan anggaran yang berbeda-beda dengan alasan bahkan kalau tadi Teh itu pak menteri itu di di di pendidikan tinggi coba dihitung baik-baik itu ada selisih lagi saya tidak tahu apa saya salah itu sudah berulang kali itu ada sekitar 7 miliar ada 34 triliun berarti 7 triliun teman-teman ini bagaimana ini aku terlalu pintar tapi kita juga tidak bisa di bodoh bodoh amat Pak sekarang Kalau kami pastikan tidak mungkin dipilih rakyat Itu sudah pasti karena kami itu berbicara dengan data yang ada program ada anggaran ada dirasakan oleh rakyat atau tidak
kalau tidak dirasakan rakyat bagi kami anda tidak berhasil orang luar negeri mereka tidak tahu apa-apa tapi kita yang di sini kita yang tahu kita yang rasa diangkat oleh teman saya mengenai sampai hari ini pak banyak guru-guru yang menangis kapan kami terima gaji kami makan apa ini segala macam mana kalimahna tidak bekerja lagi anak kami mau makan apa Kalau anda mau di tepuk tangan oleh seluruh rakyat Indonesia dengan bangganya ada 400 tim bayangan timbangan yang anda katakan dengan pelanggannya disana itu apa dampak positifnya apa energi positifnya untuk Indonesia daerah 3t Kenapa bayangan itu kebanggaannya coba Anda jelaskan dengan Anda seperti itu pak menteri, ungkap Anita, dikutip pada Selasa (27/9/2022)
Thursday, 2 June 2022
Pengumuman Kelulusan SMK Budi Luhur Tebo Tahun 2022
Ardian
Comment
Salam SMK Bisa....! Budi Luhur Lebih Bisa......!
Berdasarkan SK Kepala SMK Budi Luhur No. 10/SK/KEPSEK/SKL/VI/2022 berikut ini disampaikan pengumuman kelulusan yang disampaikan melalui Website Official SMK Budi Luhur Tebo.
Selamat kepada Siswa/i yang dinyatakan LULUS dan terus berjuang bagi yang TIDAK LULUS, ini bukan akhir dari perjuangan akan tetapi awal dari babak baru kehidupan sesungguhnya, DIHIMBAU bagi yang dinyatakan LULUS untuk TIDAK MELAKUKAN KONVOI/ARAKAN dengan alasan apapun.
Siswa/i dapat melihat nama kelulusan dengan melakukan pencocokan NISN yang tertera, bagi siswa/i yang tidak hafal NISN bisa menanyakan kepada Wali Kelas Masing2 dinyatakan dengan isi sebagaimana terlampir dibawah ini :
Selamat BERJUANG DAN SUKSES UNTUK SEMUANYA
SMK SAGET....!
SMK SAGET....!
Tuesday, 12 April 2022
Langkah-Langkah Menemukan Tema, Latar, dan Penokohan pada Teks Cerpen
Ardian
Comment
Kali ini admin akan membagikan materi tentang langkah-langkah menemukan tema, latar, dan penokohan dalam teks cerpen. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya dalam mencari referensi tentang teks cerpen dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Harapannya materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.
www.IndoINT.com
Cerita rekaan Indonesia secara umum memperlihatkan tiga cara penokohan. Pertama, cara analitik, yaitu pengarang dengan kisahnya menjelaskan tokoh itu. Cara kedua adalah dramatik, yakni apa dan siapa tokoh itu tidak dikisahkan pengarang secara langsung, tetapi melalui hal-hal lain. Biasanya kedua cara ini digunakan berganti-ganti dalam sebuah teks cerpen. Cara ketiga merupakan cara yang unik. Hal ini terlihat dalam cerita Salah Asuhan, yaitu digunakan cara analitik yang panjang kemudian ditutup dengan dua-tiga kalimat cara-cara dramatik, dan cara dramatik yang panjang disudahi dengan dua-tiga kalimat analitik.
Cara dramatik memberikan gambaran secara tidak langsung melalui berikut.
- Gambaran tentang tempat atau lingkungan sang tokoh. Misalnya digambarkan keadaan kamar si A yang porak-poranda. Buku-buku berhamburan, di sudut terlihat sepatunya, disudut lain tergantung berbagai macam benda, dan sebagainya. Dalam hal ini, pengarang tidak perlu mengatakan watak tokoh, pembaca sudah dapat menarik kesimpulan sendiri bagaimana watak penghuni kamar tersebut.
- Cakapan yaitu cakapan tokoh itu dengan tokoh lain atau cakapan tokoh-tokoh lain tentang dia
- Pikiran sang tokoh atau pendapat tokoh-tokoh lain tentang dia
- Perbuatan sang tokoh
Cakapan dalam sebuah cerita rekaan bersifat serbaguna. Cakapan berguna untuk memahami tema, alur cerita, penokohan, dan juga untuk mengetahui latar cerita. Cakapan dalam cerita selalu menjadi bagian yang menyatu dan mendukung isi cerita yang disampaikan. Cakapan yang tidak ada hubungannya dengan peristiwa tertentu hanya merusak kesatuan cerita.
Bacalah dua cerpen yang dikutip dari kumpulan cerpen " Buah Keikhlasan" karya Achmad Sapari berikut!
Cerpen 1
Sebatang Kara
Tanah di pekuburan umum itu masih besah ketika para pentakziah sudah pulang. Sementara Ogal masih duduk sambil sesekali menyeka air matanya. Ibu yang selama ini paling dia hormati dan cintai, tadi malam telah meninggal dunia, menghadap Tuhan Yang Maha Esa.
Burung-burung camar terbang rendah dan sesekali mencelupkan paruhnya di air laut. Bu Tuti dan suaminya masih berdiri dibelakang sambil menunggu Ogal. Kedua orang tua asuh itu sangat setia kepada Ogal.
"Rasanya saya sudah tidak punya siapa-siapa lagi, Bu," tiba-tiba Ogal berkata dengan suara agak berat.
Bu Tuti memegang lengan Ogal sambil mengelus rambutnya.
"Jangan berkata begitu, anakku. Kami akan menjadi orang tuamu sampai kapan pun."
"Sampai saya mandiri?" desak Ogal.
"Sampai kapan pun. Aku tidak akan membatasi kamu, sebab pada hakikatnya engkau adalah anakku juga."
"Maksud Ibu?" Ogal tidak mengerti.
"Ya, rupanya engkau ditakdirkan untuk aku asuh dan menjadi anak kami. Tetapi kami bertekad untuk menjadi orang tuamu, bukan sekadar orang tua asuh."
Ogal memeluk Bu Tuti. Air mata di pipinya tak henti-hentinya mengalir sehingga membasahi bajunya. Sementara suami Bu Tuti turut berduka atas kematian Bu Arpati.
Sebenarnya Ogal masih ragu-ragu , apakah dia akan ikut Bu Tuti atau bertahan hidup dengan mandiri. Jika dia ikut Bu Tuti tentu tidak dapat bekerja seperti ketika ia masih hidup bersama ibunya. Hal itu menjadikannya manja. Tetapi jika menolak kebaikan Bu Tuti, terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah sedemikian besarnya.
Dari pengalaman hidupnya selama ini, banyak hal yang dapat Ogal petik. Ia biasa bekerja keras, tidak suka menggantungkan pada orang lain. Ia juga biasa hidup prihatin sehingga tidak suka berfoya-foya.
"Bolehkah saya menjajakan kue lagi, Bu?" pinta Ogal kepada Bu Tuti
"Buat apa, Ogal?"
"Agar saya tetap bisa bekerja."
"Kurasa tidak perlu, Ogal. Pusatkan perhatianmu untuk belajar. Sebentar lagi engkau akan ujian."
"Tapi, saya tidak enak kalau menganggur, Bu!"
"Di rumahku engkau tidak mungkin menganggur. Engkau bisa belajar menggunakan komputer, mengetik, nonton TV, dan memelihara kebun."
"Tapi, saya akan tidak bekerja, Bu!"
"Pada hakikatnya engkau bekerja juga.
Memelihara kebun atau membantuku di rumah juga bekerja."
"Jadi, tidak harus menjajakan kue, Bu?"
Bu Tuti mengangguk
"Kalau begitu, tolong carikan pekerjaan yang bisa saya lakukan."
Bu Tuti tersenyum
"Jangan khawatir."
Bu Tuti ternyata dapat memenuhi harapan Ogal. Banyak pekerjaan yang dapat dilakukan Ogal. Misalnya, memelihara kebun mangga, mencatat keluar masuknya barang, dan sebagainya.
Kali ini Ogal tidak kalah sibuknya dengan sewaktu berada di desa nelayan. Bahkan, mungkin boleh dikatakan sangat sibuk. Pekerjaan di rumah Bu Tuti tidak hanya satu, melainkan sangat banyak. Walaupun begitu, Bu Tuti tidak pernah memaksa Ogal untuk bekerja. Semua itu hanya semata-mata menuruti keinginan Ogal.
Cerpen 2
Musibah
Kemakmuran di desa nelayan itu tidak selamanya abadi. Ada saatnya naik dan ada saatnya pula turun bak gelombang pasang yang datang.
Sudah dua bulan terakhir angin kencang selalu melanda desa itu. Jika sudah demikian, tidak seorang nelayan pun berani mencari ikan menggunakan perahu, bahkan dengan perahu motor pun tidak berani.
Pak Bakri, yang dikenal sebagai nelayan terkaya di desa itu juga menderita akibat datangnya angin kencang selama dua bulan berturut-turut. Sebagai juragan nelayan, ia merasa kehilangan pendapatan. Apalagi setelah datangnya penyakit yang misterius menyerang sebagian besar penduduk. Bu Bakri sudah dua minggu tidak bisa turun dari tempat tidurnya. Tubuh terasa kaku, seakan-akan mati.
Pak Bakri telah menjual dua perahu motornya. Jika tidak, mana mungkin ia bisa membayar utangnya pada bank. Padahal sudah waktunya ia harus membayar cicilan utangnya. Belum lagi biaya pengobatan ke dokter dan dukun akibat penyakit yang diderita Bu Bakri.
Pada saat itu Pak Bakri mulai merasakan betapa besarnya kesalahan yang telah diperbuatnya kepada penduduk. Ia yang ia yang selama ini suka mencela dan melecehkan penduduk yang miskin, merasa berdosa. Manol yang selama ini dimanjakan, terasa tidak lagi dipedulikan. Kesusahan keluarga itu terasa sangat menyiksanya.
Penduduk di desa nelayan itu benar-benar berada dalam keadaan tidak berdaya. Kebiasaan mereka membeli barang elektronika saat musim panen ikan, kini barang itu dijualnya. Radio, televisi, video, dan sebagainya, dijual agar mereka dapat mempertahankan hidupnya. Bukan cuma itu, lemari, kursi, dan perhiasan yang dipakainya juga dijual.
Orang-orang yang berada di sekitar desa nelayan itu juga turut merasakan penderitaan. Mereka yang membuka warung, toko, atau apa saja tidak laku. Pembelinya tidak ada. Utang-utang para nelayan itu menunggak sampai batas waktu yang belum diketahui.
...
Tiba-tiba angin bertiup perlahan-lahan. Deburan ombak pun mulai berkurang. Sementara wajah-wajah nelayan menatap ke langit dan penuh harap. Mereka mulai merasakan betapa musibah ini merupakan ujian yang terberat yang pernah mereka alami. Betapa tidak, selama puluhan tahun belum pernah mereka mengalami musibah seperti tiga hari. Itu pun rasanya sangat meresahkan. Selama ini mereka harus beristirahat total selama dua bulan.
Tema, latar, serta penokohan dalam cerpen di atas adalah sebagai berikut.
Tema
Cerpen 1
Mengenai keteguhan hati seorang anak yatim piatu yang tidak ingin bergantung kepada orang lain. Tema tersebut memiliki subtema mengenai kebaikan hati seseorang.
Cerpen 2
Mengenai perputaran kehidupan atau keadaan yang sewaktu-waktu dapat berubah. Tema tersebut memiliki subtema kesadaran atau penyesalan seseorang yang muncul karena adanya musibah
Latar
Cerpen 1
1) Latar tempat: tanah pemakaman, rumah Bu Tuti
2) Latar suasana: kesedihan, ketegaran dan keteguhan, serta kesibukan
3) Latar waktu: saat di pemakaman, saat di rumah Bu Tuti
Cerpen 2
1) Latar tempat: kampung nelayan dan rumah Pak Bakri
2) Latar suasana: keadaan yang susah atau sedih di suatu daerah karena adanya musibah dan penyakit; penyesalan.
3) Latar waktu: pada suatu hari saat terjadi musibah di kampung nelayan
3. Penokohan
Cerpen 1
1) Ogal: tegar dan bersemangat mandiri
2) Bu Tuti : baik hati
Cerpen 2
1) Pak Bakri : pencela yang kemudian sadar
2) Bu Bakri : tidak terungkap jelas
3) Manol : manja
4) Penduduk : pemboros
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menemukan tema, latar, dan penokohan dalam teks cerpen. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.
http://www.ilmubindo.com/
50 Contoh Soal Multimedia Kelas XI Semester 2 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya
Ardian
Comment

1. Pengunaan berbagai media yang berbeda untuk menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, video, adalah..........
a. Multimedia
b. Estetika
c. Seni
d. Sketsa
e. Media masa
2. Model warna yang digunakan dalam percetakan berwarna sehingga menghasilkan gambar yang relatif sempurna, adalah.........
a. Merah, kuning, dan hijau
b. Merah, hitam, biru dan putih
c. Hitam, putih dan unggu
d. Cyan, magenta, yellow, black
e. Cyan, magenta dan yellow
3. Warna berikut Merah, Kuning, Hijau Laut dan Biru adalah warna perimer dari sistem warna. .........
a. Substracctive color system
b. Ostwold color system
c. CMYK
d. CMY
e. Goethe weihgted color syistem
4. Gabungan warna cyan, magenta dan yellow, menghasilkan warna. ........
a. Warna black
b. Warna blue
c. Warna green
d. Warna red
e. Warna unggu
5. Membuat gambar bentuk merupakan cara menggambar opjek dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan, adalah..........
a. Tehnik linier
b. Tehnik Block
c. Tehnik Arsir
d. Tehnik Pointilis
e. Ttehnik Dussel
6. Media yang di gunakan untuk multimedia conten production, kecuali........
a. Media teks
b. Media audeo
c. Media gambar
d. Media animasi
e. Media komunikasi
7. Berikut ini merupakan fungsi dari gambar sketsa, kecuali.........
a. Untuk memberikan gambaran tema
b. Meminimalisir kesalahan
c. Mempertajam pengamatan
d. Mempermudah hasil akhir
e. Meningkatkan kemampuan keterampislan tanggan
8. Opjek gambar yang di bentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis, disebut.........
a. Vektor
b. Bitmap
c. Grafik
d. Lossy
e. Loosless
9. Sudut pandang yang hanya di pakai untuk menggambar sesuatu yang sangan luas, besar dan tinggi, adalah
a. Prespektif 1 titik hilang
b. Prespektif 2 titik hilang
c. Prespektif 3 titik hilang
d. Prespektif 4 titik hilang
e. Prespektif 5 titik hilang
10. Warna substraktif adalah warna yang berasal dari.........
a. Tanah
b. Dedaunan
c. Pigmen
d. Cahaya
e. Lumpur
11. Warna yang dapat menggambarkan alam, lingkungan, kesehatan, dan kesuburan adalah.........
a. Hitam
b. Kuning
c. Magenta
d. Hijau
e. Biru
12. Yang termasuk dalam warna substractive, adalah.........
a. CMY
b. CMYK
c. RGB
d. Hue
e. Value
13. Tools Cprel Drow yang di gunakan untuk memilih opjek dan mengubah ukuran opjek, adalah........
a. Diagram conect
b. Rectenggle and square
c. Bezire tool
d. pick tool
e. freehand tool
14. Tenik menggambar dengan menggunakan cat air dengan sapuat tipis sehingga hasilnya tampak transparan, disebut........
a. Block
b. Arsir
c. Pointilis
d. Linier
e. Aquarel
15. Perbedaan iklan di televisi dan di koran terletak pada. .........
a. Tujuan
b. Audeo
c. Grafis
d. Texs
e. Image
16. Perhatikan pernyataan di bahaw ini........
1.Bersifat scalable
2.Memiliki warna yang solit
3.memiliki ukuran file yang kecil
4.Perubahan ukuran mempengaruhi kualitas gambar
5.Cocok untuk gambar seperti kartun dan logo
Dari pernyataan di atas yang bukan kelebihan dari gambar vektor, adalah.......
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
17. Pencampuran dua warna yaitu cyan dan magenta menghasilkan warna. .........
a. Green
b. Gray
c. Red
d. Blue
e. Black
18. Dibawah ini kepanjangan dari JPG yang paling tepat, adalah.........
a. Join Photos Exspert Group
b. Jion Photograpic Exspert Group
c. Join Photograpic Exspert Group
d. Just Photos Exspert Group
e. Just Photograpic Exspert Group
19. Di bawah ini yang termasuk Hue, adalah.........
a. Blue
b. Keselarasan warna
c. Kesatuan warna
d. value
e. Interval warna
20. Tehnik penggambaran opjek dengan memenuhi warna ke benda yang di jadikan model, disebut........
a. Linier
b. Arsir
c. Block
d. Aquarel
e. Pointilis
21. Tampilan permukaan dari suatu benda yang dapat di nilai dengan cara dilihat atau diraba, disebut.........
a. Bentuk
b. Ruang
c. Tekstur
d. Warna
e. Ukuran
22. Cara menggambar opjek dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan di sebut tehnik..........
a. Linier
b. Block
c. Arsir
d. Pointilis
e. Dusel
23. Berikut ini yang merupakan warna represntasi dari alam, adalah..........
a. Warna merah menggambarkan keberanian
b. Warna hijau menggambarkan daun
c. Warna kuning menggantikan makna hati-hati
d. Warna hijau berarti jalan
e. Semua jawaban benar
23. Berikut ini merupakan perinsip-perinsip seni rupa. kecuali.........
a. Prespektif
b. Proporsi
c. Komposisi
d. Angle
e. Shadow
23. Tools corel drow yang di gunakan untuk mewarnai bidang opjek, adalah.........
a. Diagram connect
b. Hand tool
c. Bezire tool
d. Pick tool
e. Fill tool
23. Menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dan bentuk-bentuk visual secara jelas, merupakan fungsi dari..........
a. Warna
b. Value
c. Dsign grafis
d. Bentuk
e. Photograf
24. Berikut pernyataan yang benar mengenai warna, adalah.........
a. Warna terlihat karena adanya cahaya yang memantul pada retina mata
b. Warna dapat di pakasi sebagai komunikasi dan exspresi
c. Wrna dapat di gunakan sebagai sarana untuk mempertegas pesan/tujuan dari sebuah karya desain
d. Jawaban a, b. c salah
e. Jawaban a, b, c benar
25. Garis cakrawala yang memiliki posisi tinggi mata, adalah.........
a. Horizon
b. Titik lenyap
c. Bitmap
d. Vektor
e. Garis vertikal
26. Tehnik yang menghasilkan gambar rekontruksi yang sama dengan gambar yang aslinya, disebut.........
a. Lukis
b. Bitmap
c. Vektor
d. lossless
e. lossy
27. Untuk melihat jenis aplikasi yang di pakai file dapat di lihat dari.........
a. Ukuran file
b. jenis file
c. Semua jawaban benar
d. Media penyimpanan
e. Format file
27. Kepanjangan dari TIF yang paling tepat adalah.........
a. Tagged image format file
b. Tagged imsge for file
c. Targa image format file
d. Targa image for file
e. Tagged image form file
28. Sudut pandang yang biasanya digunakan untuk mengambarkan ruang luas/eksterior, adalah..........
a. Prespektif 1 titik hilang
b. Prespektif 2 titik hilang
c. prespektif 3 titik hilang
d. Tutuk lenyap
e. Garis vertikal
29. Model warna berbasis pengurangan warna berbasis pengurangan sebuah gelombang cahaya umumnya pergunakan dalam dunia percetakan, adalah
a. CMY
b. CMYK
c. RGB
d. HUE
e. VALUE
30. Cara menggambar dengan meniru opjek dan mengutamakan kemiripan rupa,adalah..........
a. Gambar bentuk
b. Gambar bebas
c. prespektif
d. Bentuk silindris
e. Bentuk kobistis
31. Perubahan ukuran gambar mempengaruhi kualitas gambar. merupakan kekurangan dari gambar.........
a. Vektor
b. Bitmap
c. Lukis
d. lossless
le. ossy
32. Sudut pandang yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya, adalah..........
a. Mata burung
b. Mata manusia
c. Mata barung
d. Mata cacing
e. Jawaban
33. Berikut ini yang merupakan gambar kubistis, kecuali.........
a. Meja
b. Lmari
c. Kardus
d. Pintu
e. Piring
34. Kepanjangan dari warna RGB, adalah..........
a. Red Green Blue
b. Red Gray Blue
c. semua jawaban benar
d. Red Green Black
e. Red Grean Blue
35. Komunikasi dalam bentuk visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan se’efektif mungkin, disebut..........
a. Design grafis
b. Estetika
c. Ilustrasi
d. Multimedia
e. Sketsa
36. Sudut pandang pengambilan gambar yang dapat di lihat dari viewfinder pada sebuah kamera,disebut.........
a. Komposisi
b. Ligting
c. Angle
d. Posisi
e. Log
37. Yang di butuhkan dalam membuat sebuah iklan pemasaran di televisi,kecuali..........
a. Video
b. Filem
c. Text
d. Gerafik
e. Animasi
38. Orang yang bertugas mempersiapkan dan menyetel semua peralatan yang di gunakan,adalah..........
a. Asisten produksi
b. Teknisi audio
c. Direktur seni
d. Director teknis
e. Peroduser
39. Tehnik menggambar dengan garis-garis sejajar atau menyilang untuk menentukan gelap terang opjek sehingga tampak 3D,adalah.........
a. Block
b. Arsir
c. Pointilis
d. Dusel
e. Linier
40. Dimensi mengenai derajat gelap terang warna atau muda tuanya warna disebut..........
a. Tont
b. Shade
c. Value
d. Hue
e. Tint
41. Kuat lemahnya warna atau cerah lembutnya warna,disebut..........
a. Tont
b. Hue
c. Value
d. Interval
e. Chrome
42. Dua cara untuk menghemat ruang hardisk dalam menyimpan gambar, yaitu.........
a. Lossy dan lossless
b. Zoom size
c. Piktograf dan toporafi
d. Bitmap dan vektor
e. Ekstensi dan format
43. Perangkat lunak yang di gunakan untuk membuat animasi 3D, adalah..........
a. Coreldrow
b. Shop pro
c. 3D studio max
d. Adobe photoshop
e. Delphi
44. Pencampuran dua warna yaitu cyan dan magenta menghasilkan warna. .........
a. Green
b. Gray
c. Red
d. Blue
e. Black
45. Dibawah ini kepanjangan dari JPG yang paling tepat, adalah.........
a. Join Photos Exspert Group
b. Jion Photograpic Exspert Group
c. Join Photograpic Exspert Group
d. Just Photos Exspert Group
e. Just Photograpic Exspert Group
46. Di bawah ini yang termasuk Hue, adalah.........
a. Blue
b. Keselarasan warna
c. Kesatuan warna
d. value
e. Interval warna
47. Tehnik penggambaran opjek dengan memenuhi warna ke benda yang di jadikan model, disebut........
a. Linier
b. Arsir
c. Block
d. Aquarel
e. Pointilis
48. Pada warna sebagai alat, serta sarana dan media komunikasi, warna putih berarti..........
a. Kesucian
b. Kebersihan
c. Kebaikan
d. Kesucian
e. Semua jawaban benar
49. Menggambar bentik dapat di artikan sebagai suatu susunan opjek gambar adalah pengertian dari..........
a. Gelap-terang
b. Bayang-bayang
c. Prespektif
d. Block
e. Komposisi
50. Berikut ini merupakan pernyataan yang benar mengenai bitmap, kecuali.........
a. Mampu menangkap nuansa warna dengan bentuk yang natural
b. Perubahan ukuran mempenaruhi kualitas gambar
c. Kompres gambar mempengaruhi kualitas gambar
d. Mempunyai warna yang solit cocok untuk gambar yang sederhana
e. Ukuran file relatif besar
Demikianlah 50 Soal Multimedia Kelas XI Semester 2 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya, semoga bermanfaat salam sukses untuk semua sahabat Multimedia.
Sumber https://administrasingajar.blogspot.com/
Saturday, 9 April 2022
Contoh Lengkap Soal Ulangan Harian Online Teks Laporan Pecobaan | Bahasa Indonesia SMP2019
Ardian
Comment
Kali ini admin akan membagikan conoth soal ulangan harian (UH) teks laporan percobaan bahasa Indonesia kelas 9 semester 1 dalam bentuk soal online. Semoga soal online yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal onlone terbaru seputar mata pelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya soal-soal yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah maupun di rumah saat berlatih soal online ini.
Selamat datang dan selamat bergabung bersama dengan anak didik lainnya di situs kami ini. Dapatkan soal-soal online terbaru pilihan yang pastinya sesuai dengan kurikulum 2013 revisi dengan sangat mudah dan praktis. Soal online teks laporan percobaan admin bagikan khusus buat anak didik kelas 9 yang akan melakukan ulangan harian (UH). Semoga hasil kalian setelah ulangan ini mendapatkan nilai yang tentunya memuaskan dan sesuai dengan harapannya.
Sebelum kalain mengerjakan soal-soal yang ada dalam soal online ini langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengisi dengan lengkap identitas di halaman peling depan soal. Peserta ujian wajib mengisi nama lengkap, kelas, dan asal sekolah. Setelah itu ikuti petunjuk soal dengan benar. Dan yang paling utama adalah jangan terburu-buru dalam mengerjakan soal agar apa yang kalian kerjakan hasilnya lebih memuaskan. Selamat mengerjakan dan mohon maaf apabila ada soal atau pertanyaan yang kurang jelas. Sukses selalu buat kalian semua.
Sumber http://www.ilmubindo.com/
LENGKAP UNDUH RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Ardian
Comment
RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 - Berbicara RPP/ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tidak asing lagi bagi bapak dan Ibu terutama jika membuat sendiri, pasti mengetahui isi didalamnya bahkan sampai bisa membedakan mana versi kurikulum 2013 yang mana versi kurikulum nasional atau revisi terbaru 2018 yang berisi Integrasi PPK, 4C, HOTs dan Literasi.
Adapun Perubahan untuk Kurikulum 2013 Versi Revisi 2018 ini akan kami jelaskan dibawah ini :
Download File :
Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran Prakarya Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran IPA Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran PPKn Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2018 Kelas 7 Semua Mapel Download
Itulah kiranya berbagi Informasi dan File mengenai RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018, semoga bermanfaat untuk Bapak/Ibu Semua dalam melengkapi Perangkat Pembelajaran atau Adminsitrasi Guru. Semoga bermanfaat dan Terima kasih sudah berkunjung.
Sumber https://wikipediapendidikan.blogspot.com/
RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Kali ini akan bagikan contoh RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Persiapan Tahun Ajaran 2019/2020 khusus bagi Bapak/Ibu yang belum membuat/ menyusun kedalam perangkat pembelajaran atau Adminsitrasi Guru Profesional. Karena memang ini bagian yang tidak bisa lepas dari Tugas Pokok dan Fungsi disamping memberikan Pelajaran didalam sekolah/ madrasah. Maka dari itu ini haruslah dibuat serius mungkin supaya nanti pembelajaran akan sangat menyenangkan sehingga siswa mampu mencapai kompetensi dari setiap kompetensi dasar, indikator dari masing-masing materi pelajaran.Adapun Perubahan untuk Kurikulum 2013 Versi Revisi 2018 ini akan kami jelaskan dibawah ini :
1. Mengintegrasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter)
Dalam Perbaikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) didalam pembelajaran untuk Kurikulum 2013 Revisi 2017 haruslah diperkuat lagi terutama untuk 5 Karekter yaitu : Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Integritas.
Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang. Dalam hubungan ini pengintegrasian dapat berupa :
Dalam Perbaikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) didalam pembelajaran untuk Kurikulum 2013 Revisi 2017 haruslah diperkuat lagi terutama untuk 5 Karekter yaitu : Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Integritas.
Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang. Dalam hubungan ini pengintegrasian dapat berupa :
- Pemaduan kegiatan kelas,
- Luar kelas di sekolah, dan
- Luar sekolah (masyarakat/komunitas);
- Pemaduan kegiatan intrakurikuler,
- Kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
- Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
- Perdalaman dan Perluasan dapat berupa
- Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
- Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan
- Pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah; kemudian
- Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi :
Dimana keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Sebenarnya kata ini tidak terlalu baru untuk kita.
Di berbagai kesempatan, kita sudah sering mendengar beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
4. Higher-Order of Thinking Skill (HOTS)
Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.
Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi meruapakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Sehingga di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kita buat agar muncul empat macam hal tersebut (PPK, Literasi, 4C, dan HOTS) maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi :
- Literasi Dasar (Basic Literacy),
- Literasi Perpustakaan (Library Literacy),
- Literasi Media (Media Literacy),
- Literasi Teknologi (Technology Literacy),
- Literasi Visual (Visual Literacy).
Dimana keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Sebenarnya kata ini tidak terlalu baru untuk kita.
Di berbagai kesempatan, kita sudah sering mendengar beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
4. Higher-Order of Thinking Skill (HOTS)
Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.
Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi meruapakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Sehingga di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kita buat agar muncul empat macam hal tersebut (PPK, Literasi, 4C, dan HOTS) maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.
Download RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Bagi anda Guru Mata Pelajaran IPS yang membutuhkan bisa dengan mudah didapatkan atau dilihat melalui preview dan link download dbawah ini :Preview RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP IPS Kelas 9 K13 Revisi 2018 Semester 1 dan 2 UNDUH GRATIS
Program Tahunan IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi UNDUH GRATIS
Program Semester IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi UNDUH GRATIS
Silabus IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 UNDUH GRATIS
KKM IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 UNDUH GRATIS
Kalender Pendidikan Tahun 2019/2020 Semua Provinsi Download
Contoh Jurnal Harian Guru dan Siswa DownloadDapatkan juga Kumpulan RPP K13 Revisi 2018 Kelas 8 SMP/MTs Semua Mapel :
Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran Prakarya Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran IPA Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran PPKn Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 K13 Revisi 2018 Download
Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2018 Kelas 7 Semua Mapel Download
Itulah kiranya berbagi Informasi dan File mengenai RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018, semoga bermanfaat untuk Bapak/Ibu Semua dalam melengkapi Perangkat Pembelajaran atau Adminsitrasi Guru. Semoga bermanfaat dan Terima kasih sudah berkunjung.