SMK BUDI LUHUR

Friday, 22 October 2021

Peringatan Hari Besar Islam Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021

 Salam SMK Bisa, Budi Luhur Lebih bisa.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMK Budi Luhur Kabupaten Tebo pada tahun 2021 merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka peringatan hari besar Islam, tema pada peringatan kali ini adalah spirit Maulid Nabi Muhammad untuk berbagi di masa pandemi.


Acara ini dilaksanakan di gedung lapangan futsal desa Sumber Agung, Kecamatan Rimbo Ilir, Kabupaten Tebo.


Sambutan Pertama yang disampaikan oleh Pembina OSIS baru yaitu Ibu Susandari, S.Pd. Berharap pada acara kali ini dapat mencontoh suri tauladan dari Baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Begitu pula sambutan kedua dari kepala sekolah Ibu Eka Purwaningsih, S.Pd. Berharap pada acara kali ini dapat menumbuhkan karakter religius para siswa siswi SMK Budi Luhur. Dapat menumbuhkan karakter religius para siswa siswi SMK Budi Luhur.


Dalam sambutan dari ketua Yayasan Pendidikan Budhy Luhur, oleh Bapak Karno, A.Md, memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dan Majelis Guru atas terselenggaranya acara peringatan hari besar Islam Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam. Dan khusus kepada anggota Hadroh dari SMK Budi Luhur. Beliau menekankan walaupun anak SMK memiliki style Rock N Roll tapi tetap berhati Mekah dan religius.


Selanjutnya sambutan dari kepala desa dalam hal ini diwakilkan oleh sekretaris desa Sumber agung Bapak Sugianto S.Pd. Semoga SMK Budi Luhur tetap menjaga tata krama dan sopan santun yang selama ini menjadi ikon SMK BL


Dalam acara inti yang disampaikan oleh KH. Nasihun Al-Hafidz, S.Pd, memberikan makna Baru terhadap SMK Budi Luhur, di mana Budi artinya akhlak dan luhur artinya tinggi. Ada beberapa inti mencari Pesan yang disampaikan oleh al-ustadz yaitu syarat untuk mendapatkan ilmu yaitu :

1. Cerdas

2. Semangat

3. Kesungguhan

4. Biaya

5. Guru

6. membutuhkan Waktu




Alhamdulillah pada acara kali ini berjalan dengan lancar hingga akhir acara hanya acara ini tidak hanya menjadi acara seremonial tapi dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua

Link Download Lengkap Soal Penilaian Harian K13 Kelas 1 Semester 1 dan Kisi-Kisi

Soal dan Kisi-kisi K13 Kelas 1 Bapak/ Ibu Guru pada kesempatan Kali ini, kami membagikan salah satu dewan guru yang telah diisi dalam bentuk serangkaian masalah sekolah dasar pada Kurikulum K13 khususnya yan Direvisi 2018. Bank soal  yang ingin kami bagikan seyogyanya dan berusaha kami sesuaikan dengan materi kurikulum 2013 yang digunakan hari ini sehingga Anda hanya perlu unduh serta mengedit dan bisa langsung digunakan. Program evaluasi yang dishare adalah dalam bentuk bank soal ini, yang kami sediakan secara teratur dalam bentuk per tema dan beberapa dalam bentuk tema juga disertai dengan kisi-kisinya. Di bawah ini adalah daftar bank soal kami yang berkisar dari serangkaian pertanyaan tes harian, ujian tengah semester, ujian liburan, kelulusan kelas berulang, pertanyaan ujian, dan banyak lagi.Semuanya itu Admin ambil dari http://fileedukasi .blogspot.com, dengan harapan bisa bermanfaat bagi Anda semua dalam mempersiapkan evaluasi pembelajaran


Download Bank Soal PH K13 Kelas 1 dan kisi-kisi

Baca juga
Soal K13 dan kisi-kisi kelas 1lengkap terbaru 2 Semester
Beberapa manfaat dari kegiatan penilaian Harian yang dilaksanakan disetiap akhir pembelajaran Sub Tema untuk Kurikulum 2013 diantaranya sebagai berikut:
Untuk siswa:
  • Menyadari pentingnya waktu, siswa yang ujian harus tahu kapan kegiatan ujian akan dilakukan. Siswa harus menghabiskan waktu belajar di perpustakaan, belajar dalam kelompok, belajar di rumah, atau bahkan bimbingan belajar. Karena ujian itu tidak mungkin sebelum terlambat untuk pergi ke sekolah / semester untuk ujian.
  • Memahami pentingnya belajar melalui pengulangan, jika siswa ingin mendapatkan nilai bagus, mereka harus belajar. Jika tidak dipelajari, agen terapeutik dapat dikonfirmasi. Materi yang Anda pelajari saat keluar selama ujian adalah kebahagiaan siswa, dan ada perasaan bahagia karena mereka memiliki kualitas tinggi dan mereka tidak perlu mengikuti perawatan. Melalui ini kita akan sangat memahami pentingnya belajar.
  • Tanggung jawab melalui siswa harus dapat dipertanggungjawabkan, dipelajari dan dibutuhkan jika mereka ingin menjadi yang terbaik; jika mereka tidak belajar, nilainya rendah dan harus diperbaiki. Jika curang siap untuk mendapatkan penyebab cheat grosir. Melalui ini, siswa akan memahami bahwa mereka harus bertanggung jawab atas pelajaran yang diuji sehingga mereka dapat diterapkan pada kehidupan orang lain.
  • Latihan kejujuran, tes kejujuran melatih siswa ketika siswa menguji diri mereka sendiri untuk bertanya pada diri sendiri hasil pekerjaan yang dilakukan. Jika Anda sudah terbiasa menggunakannya untuk kehidupan lain.
  • Memperkirakan hasil bisnis, terlepas dari hasil ujian, siswa harus menerimanya. Nilai rendah atau tinggi adalah hasil dari konflik setelah belajar.
  • Semangat kampanye melalui siswa mereka harus memiliki semangat pertempuran yang berkelanjutan untuk mendapatkan hasil pendidikan terbaik. Karena itu, upaya terbaik adalah mendekati harapan.

baca dulu
Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 1
Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 2
Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 3
Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 4
Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 5
Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 6
Kisi-Kisi dan Soal Penilaian Harian ( PH K13) Kelas 1 Tema 1
Kisi-Kisi dan Soal Penilaian Harian ( PH K13) Kelas 1 Tema 2
Kisi-Kisi dan Soal Penilaian Harian ( PH K13) Kelas 1 Tema 3
Kisi-Kisi dan Soal Penilaian Harian ( PH K13) Kelas 1 Tema 4
Sumber https://www.kangmartho.com/

Soal Pemasaran Online Kelas 11 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya OTKP | ADP

Biaya pemasaran online sangat murah bila dibandingkan dengan  pemasaran langsung Soal Pemasaran Online Kelas 11 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

1. Biaya pemasaran online sangat murah bila dibandingkan dengan pemasaran langsung, hal ini dijelaskan dalam pernyataan berikut ini....
a. Membutuhkan ruang display luas dan penataan produk yang dapat terjangkau oleh pandangan konsumen
b. Mencetak Brosur dan pamflet untuk menyebarluaskan promosi
c. Tenaga Pramuniaga sangat dibutuhkan sebagai salah satu penentu keberhasilan promosi dan penjualan
d. Menghubungkan konten marketing anda dengan layanan sosial media untuk memperluas target pasar
e. Memilih Koran dan Tabloid sebagai alternative media promosi yang digemari para pembaca

2. Proses memperkenalkan produk / jasa dan informasi yang dilakukan secara elekttronik dengan memanfaatkan jaringan komputer berbasis internet merupakan pengertian dari...
a. Internet
b. Iklan Online
c. Pemasaran Online
d. Marketing Content
e. AdBlock

3. Kemampuan untuk mengubah pelanggan secara instan, ketika melakukan pemasaran online, kita tidak hanya menjaring informasi pelanggan potensial, tetapi kita dapat mengambil penjualan seketika dengan melakukan beberapa klik mouse, dikenal dengan istilah....
a. Demografi                     d. Social Media
b. Konversi Instan          e. Awareness
c. Interest

4. Untuk meraih kepercayaan dalam online marketing, anda perlu menampilkan semacam pembuktian atau ulasan dari beberapa pembeli  tentang produk atau
jasa yang anda tawarkan. Hal ini dinamakan dengan...
a. Testimoni                     d. News Letter
b. PR-Online                     e. Marketing Content
c. Mailing List

5. Email yang berisi materi promosi yang ditujukan kepada kelompok pengguna internet melaui email, untuk  mempromosikan suatu produk atau jasa disebut dengan....
a. Web Networking          d. Mailing List
b. Email Marketing       e. E-Commerce
c. Online Advertising

6.Sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah berinteraksi secara sosial, berpartisipasi, berbagi informasi dan menciptakan isi meliputi jejaring sosial, grup dan dunia virtual merupakan pengertian dari....
a. Website                 d. Media Massa
b. Elektronik Mail    e. Media sosial
c. Online Shop

7. Pemasaran online memungkinkan untuk memetakan data tertentu dari target pasar seperti halnya gender, usia, dan lokasi, dan bahkan dapat menargetkan tingkat pendapatan tertentu, tingkat pendidikan dan pekerjaan.
Ini adalah salah satu manfaat Pemasaran Online dilihat dari aspek ....
a. Media yang digunakan
b. Sasaran Demografis
c. Efektifitas Biaya
d. Konversi Instan
e. Perubahan Konten yang Cepat

8. Keuntungan konsumen dalam pemasaran online salah satunya adalah kemudahan dalam memperoleh
informasi mengenai produk yang mereka cari dengan mengetikkan sebuah kata kunci tertentu pada sebuah perangkat lunak layanan internet yang disebut....
a. Browser                          d. Iklan Online
b. Search Engine              e. Email Marketing
c. Google Advert

9. Begitu banyak media pilihan ketika memutuskan untuk melakukan pemasaran online. Berikut ini yang bukan merupakan media pemasaran online adalah...
a. Blogging                       d. Email
b. Media sosial                 e. Wikipedia
c. Newsletter

10. Meraih keyakinan konsumen sehingga berkeinginan untuk membeli suatu produk iklan online Anda, dan lalu konsumen berdiskusi langsung dengan Anda mengenai produk tersebut. Hal ini adalah salah satu cara kerja Pemasaran Online yang disebut...
a. Interest                         d. New Comers
b. Action                          e. Awareness
c. Desire

11. Yang dimaksud dengan internet adalah:
a. Kumpulan komputer yang saling terhubung dalam sebuah ruangan
b. Kumpulan komputer yang tidak terhubung dalam bentuk jaringan
c. Kumpulan komputer yang saling berhubungan dalam bentuk jaringan
d. Kumpulan komputer yang memiliki kecepatan proses yang sama
e. Kumpulan komputer yang dapat saling mengendalikan satu dengan yang lain

12. Pada awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh:
a. Departemen Pertahanan Amerika
b. Departemen Pertahanan Jepang
c. Departemen Pertahanan Rusia
d. Departemen Pertahanan Inggris
e. Angkatan Bersenjata Republik Indonesia

13. Munculnya internet di awal tahun 60-an melalui proyek yang disebut:
a. TCP / IP.                 d. NSFNET
b. ARPANET.           e. BITNET
c. DARPA

14. Metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya, misalkan web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran atau promosi agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan merupakan pengertian dari....
a. Pemasaran Online d. Bisnis Online
b. Berita Online         e. Iklan Online
c. Promosi Online

15. Contoh WEB penyedia iklan gratis yaitu...
a. www.babelprov.go.id
b. www.facebook.com
c. www.google.com
d. www.blogger.com
e. www.bukalapak.com

Soal Essay Pemasaran Online Kelas 11!

1. Jelaskan perbedaan antara Pemasaran Online dengan Pemasaran Offline berdasarkan indikator Usaha Meraih Target Konsumen !
2. Sebutkan 4 komponen cara kerja pemasaran online !
3. Apa yang dimaksud dengan IKLAN ONLINE ?
4. Sebutkan 5 macam media / layanan di Internet untuk Marketing online ?
3. Sebutkan 5 Keunggulan /  Manfaat pemasaran online

Jawaban Soal Essay Pemasaran Online

1. Jelaskan perbedaan antara Pemasaran Online dengan Pemasaran Offline berdasarkan indikator Usaha Meraih Target Konsumen !jawab :
Pemasaran Online :
Melalui media online, Anda memiliki sebuah mesin publikasi konten marketing tercanggih untuk menjangkau setiap pengguna Internet sebanyak-banyaknya melalui berbagai layanan yang tersedia di Internet. Sehingga hal ini akan mendatangkan pembeli lebih banyak dan efektif.
Pemasaran Offline :
Sistem pemasaran Online memiliki keterbatasan dalam meraih target konsumen, khususnya dalam hal faktor penyebaran informasi / iklan kepada masyarakat, serta lokas serta faktor geografis maupun demografis. Berbagai hambatan / kelemahan pada sistem pemasaran Offline membuat pengunjung (calon pembeli) yang datang ke toko Anda akan berkurang.

2. Sebutkan 4 komponen cara kerja pemasaran online !
-awareness
-interest
-desire
-action.

3. Apa yang dimaksud dengan iklan online??
   jawab: iklan online adalah metode periklanan dengan menggunakan media internet dan    layanannya,misalkan web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.

4. Sebutkan 5 macam media / layanan di Internet untuk Marketing online ?
  jawab: -Email Marketing
    -Website Marketing
    -Viral Video
    -Social Media
    -Google Advertising
    -News Letter

5. Apa saja Manfaat pemasaran online ?:
  • melakukan perubahan dengan cepat
  • memperoleh hasil secara real time
  • menentukan sasaran demografis tertentu
  • banyak media pilihan
  • penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen
  • kemampuan konversi instan
Demikianlah Soal Pemasaran Online Kelas 11 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya, semoga bermanfaat salam sukses untuk semua sahabat Pemasaran. 
Sumber https://administrasingajar.blogspot.com/


Download Bank Soal Penilaian Harian K13 Kelas 4 Semester 1 dan Kisi-Kisi

Soal dan Kisi-kisi K13 Kelas 4 Bapak/ Ibu Guru pada kesempatan ini, saya berniat ingin berbagi salah satu file penilaian Dewan Guru yang diisi dalam bentuk serangkaian pertanyaan yang hadir di sekolah dasar dan sekolah Islam'madrasah dalam kurikulum K13 dan khususnya yang direvisi 2018. Bank soal K13 Kami ingin berpartisipasi dan mencoba untuk disesuaikan dengan materi Kurikulum 2013 yang Anda gunakan hari ini, jadi Anda hanya perlu mengunduh dan mengedit dan dapat segera digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Program penilaian bersama adalah dalam bentuk bank soal ini, yang kami sajikan secara teratur dalam format untuk setiap topik dan beberapa dalam bentuk topik, juga disertai oleh jaringan. Di bawah ini adalah daftar bank soal kami mulai dari serangkaian pertanyaan ujian harian, ujian tengah semester, pertanyaan ujian, dan banyak lagi. Mereka semua saya dapatkan dari internet, berharap Anda semua akan mendapat manfaat dari Anda dalam mempersiapkan penilaian pembelajaran.
saya berniat ingin berbagi salah satu file penilaian Dewan Guru yang diisi dalam bentuk s Soal Penilaian Harian K13 Kelas 4 Semester 1 dan Kisi-Kisi

Download Bank Soal PH K13 Kelas 4 dan kisi-kisi

Berikut adalah beberapa manfaat dari kegiatan penilaian harian yang dilakukan pada akhir setiap tema kurikulum 2013:

Untuk siswa:

  • Menyadari pentingnya waktu, siswa yang menguji harus tahu kapan kegiatan pengujian akan berlangsung. Siswa harus menghabiskan waktu belajar di perpustakaan, belajar dalam kelompok, belajar di rumah atau bahkan mengajar. Karena ujian tidak mungkin sebelum terlambat untuk pergi ke sekolah / semester untuk ujian.
  • Memahami pentingnya belajar melalui pengulangan. Jika siswa ingin mendapat nilai bagus, mereka harus belajar. Jika tidak dipelajari, faktor terapeutik dapat dikonfirmasi. Materi yang Anda pelajari ketika Anda keluar selama ujian adalah kebahagiaan siswa, dan ada perasaan bahagia karena mereka berkualitas tinggi dan tidak perlu perawatan. Melalui ini Anda akan sepenuhnya memahami pentingnya belajar.
  • Tanggung jawab melalui siswa harus dapat dipertanggungjawabkan, dipelajari, dan dibutuhkan jika mereka ingin menjadi yang terbaik; jika mereka tidak belajar, nilainya rendah dan harus diperbaiki. Jika curang siap untuk mendapatkan alasan penipuan grosir. Melalui ini, siswa akan memahami bahwa mereka harus bertanggung jawab atas pelajaran yang telah diuji sehingga mereka dapat diterapkan pada kehidupan orang lain.
  • Pelatihan kejujuran, tes kejujuran melatih siswa ketika siswa sendiri menguji untuk bertanya pada diri sendiri hasil pekerjaan yang dilakukan. Jika Anda terbiasa menggunakannya untuk kehidupan lain.
  • Estimasi hasil bisnis, terlepas dari hasil tes, siswa harus menerima. Skor rendah atau tinggi adalah hasil dari konflik setelah belajar.
  • Semangat kampanye harus dinikmati oleh siswa mereka dalam semangat tempur yang berkelanjutan untuk mendapatkan hasil pendidikan terbaik. Oleh karena itu, upaya terbaik adalah mendekati harapan.

baca dulu
Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 1
Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 2
Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 3
Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 4
Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 5
Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 6
Dengan mengetahui bagaimana melakukan ini, melalui replikasi, siswa dapat mempelajari langkah-langkah untuk mendapatkan kinerja terbaik dalam mencapai skor tertinggi hingga mereka menjadi pemenang di kelas. Mereka juga berlaku untuk bidang lain dari kehidupan mereka, dan untuk mencapai kinerja apa pun, perencanaan yang cermat dan operasi yang baik diperlukan.

Untuk guru:

  • Siswa yang memiliki hak untuk melanjutkan studi dapat diidentifikasi dan setiap siswa belum menguasai materi.
  • Guru dapat mengetahui apakah materi yang diajarkan adalah ideal untuk siswa, dan jika artikelnya sempurna, tidak akan ada perubahan.
  • Guru akan tahu apakah metode yang digunakan ideal atau tidak. Jika hasil yang diperoleh oleh sebagian besar siswa bernilai tinggi, metode ini sangat ideal. Jika tidak, jika sebagian besar hasil yang diperoleh siswa buruk, Anda harus meninjau metode yang digunakan dan menggantinya jika perlu.
  Download kisi-kisi dan soal penilaian harian siswa Kurikulum 2013
Sumber https://www.kangmartho.com/

Pembahasan Permendikbud No. 16 Tahun 2019 Tentang Linieritas

Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik telah diteken Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sejak pertengahan Mei silam. Namun di kalangan madrasah dan kementerian agama gaungnya baru terasa akhir-akhir ini. Terutama ketika keluar Edaran Ditjen Pendis terkait Pengeloaan Simpatika Semester 1 Tahun 2019/2020.

Di mana, sebagai mana posting sebelumnya, Direktorat GTK Madrasah akan mulai mengimplementasikan Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tersebut awal semester ini. Salah satunya adalah dengan melakukan pemetaan ijazah S1/D4 seluruh guru madrasah baik yang bersertifikat maupun belum. Baca: Edaran Pengeloaan Simpatika Semester 1 2019/2020

Di kalangan madrasah berbagai tanggapan muncul. Terutama dari sebagian guru bersertifikat pendidik yang tidak linier dengan ijazah yang dipunyainya. Ada kekhawatiran jika permendikbud ini diberlakukan akan membuat statusnya yang linier menjadi tidak linier sehingga tidak layak mendapatkan tunjangan profesi guru.

tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik telah diteken Menteri Pendidikan  Membedah Permendikbud No. 16 Tahun 2019 Tentang Linieritas

Padahal, dalam Permendikbud terbaru terkait linieritas ini, banyak aturan baru yang berusaha menjembatani guru-guru yang sementara waktu ini terkendala dengan linieritasnya. Salah satunya adalah adanya kesempatan untuk pindah mengajar ke mata pelajaran (bidang) yang tidak sesuai sertifikasinya dan konversi kode sertifikat pendidik.

1. Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019


Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 tahun 2019 sejatinya merupakan perubahan atas peraturan sejenis yang sudah ada sebelumnya. Yakni Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik.

Perubahannya, sebagaimana tertulis dalam pasal dua permendikbud ini, terutama dengan mengganti lampiran permendikbud sebelumnya yang hanya satu lampiran menjadi Lampiran I hingga Lampiran V.

Lampiran I mengatur tentang kesesuaian bidang/mapel yang diampu dengan sertifikat pendidik pada jenjang Taman Kanak-Kanak (TK). Lampiran II untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), Lampiran III untuk jenjang SMP, Lampiran IV untuk jenjang SMA, dan Lampiran V untuk jenjang SMK.

Masing-masing bidang keilmuan (mata pelajaran) dapat diampu oleh berbagai kode dan bidang studi yang beragam. Sebagai contoh, dalam Permendikbud sebelumnya guru kelas SD/MI hanya linier oleh sertifikat pendidik berkode 027, 047, dan 084. Namun dalam Permendikbud No. 16 Tahun 2019 ini linier dengan kode 027, 028, 047, 050, 054, 057, dan 060. Bahkan guru yang memiliki sertifikat 084, 087, 094, 097, 100,114, 117,120, 124, 154, 156, 180, 184, 187, 190, 204, 207, 210, 214, 215, 310, 318, 319, 320, 321, dan 504 dapat pindah dan mengajar sebagai guru kelas di SD.

tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik telah diteken Menteri Pendidikan  Membedah Permendikbud No. 16 Tahun 2019 Tentang Linieritas

2. Tidak Harus Linier Antara Sertifikat dan Ijazah


Kekhawatiran guru madrasah yang antara sertifikat pendidik dan ijazah S1/DIV-nya tidak linier, tampaknya terlalu berlebihan. Dalam Permendikbud dan lampirannya ini tidak terdapat aturan yang mengharuskan guru yang telah bersertifikat pendidik harus linier antara bidang studi sertifikatnya dengan program studi ijazah. Asalkan mata pelajaran yang diampunya sesuai dengan sertifikat pendidik.

Sehingga guru yang sudah bersertifikat pendidik guru kelas MI (kode bidang studi sertifikasi 028) akan tetap linier mengajar sebagai guru kelas meski ijazah S1/DIV yang dimiliki dari prodi Pendidikan Agama Islam, Tadris Matematika, atau lainnya. Pun seumpama telah memiliki sertifikat pendidik Bahasa Indonesia (156 atau 087) meskipun ijazah S1 yang dimiliki dari prodi Pendidikan Sejarah, akan tetap linier mengajar sebagai guru Bahasa Indonesia di SMP/MTs.

Linieritas antara sertifikat dengan ijazah, bagi yang sudah memiliki sertifikat pendidik, tentu berbeda dengan linieritas kualifikasi pendidikan bagi yang baru akan mendaftar sertifikasi guru. Untuk hal terakhir ini telah diatur tersendiri melalui Surat Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor: 272/Dt.I.II/2/KP.02.3/4/2019 tentang Persiapan Pelaksanaan PPG dalam Jabatan 2019. Baca artikel : Daftar Linieritas Ijazah S1/DIV dengan Prodi PPG

3. Dapat Pindah Mengajar Sesuai Kualifikasi Akademik


Permendikbud Nomor 16 tahun 2019 mengakomodir guru yang hendak pindah mata pelajaran atau bahkan jenjang, selama sesuai dengan kulaifikasi pendidikan (ijazah yang dimiliki). Yang dapat melakukan hal ini, diantaranya adalah:
  • Guru yang memiliki sertifikat pendidik selain sertifikat pendidik guru kelas TK/RA, dapat mengajar sebagai guru kelas di RA/TK apabila memiliki ijazah S1/D-IV PGTK, PGPAUD, atau psikologi (Lampiran I)
  • Guru yang memiliki sertifikat pendidik selain sertifikat pendidik guru kelas SD/MI, dapat pindah mengajar sebagai guru kelas SD/MI dengan ketentuan:
    • Guru bersertifikat pendidik Bahasa Inggris (157) yang memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi
    • Guru bersertifikat pendidik guru kelas TK (020) yang memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi
    • Guru pada jenjang SMP, SMA, dan SMK atau sederajat yang telah memiliki sertifikat pendidik tertentu, apabila memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi.
  • Guru yang memiliki sertifikat pendidik dapat pindah dan/atau mengajar di SMP sebagai guru mata pelajaran apabila memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) sesuai dengan mata pelajaran yang diampu pada jenjang SMP.
  • Guru yang memiliki sertifikat pendidik dapat pindah dan/atau mengajar di SMA sebagai guru mata pelajaran apabila memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) sesuai dengan mata pelajaran yang diampu pada jenjang SMA.

Sehingga dengan Permendikbud ini memungkinkan seorang guru untuk berpindah mata pelajaran atau bahkan jenjang sekolah yang diajar, meskipun tidak sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimiliki. Dengan syarat, memiliki kualifikasi pendidikan (ijazah) S1/DIV yang sesuai dengan mata pelajaran yang dituju.

4. Konversi Kode Sertifikat Pendidik


Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik mengharuskan guru-guru SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK dengan kode-kode tertentu untuk melakukan konversi kode sertifikat pendidik.

Kode sertifikat pendidik yang harus melakukan konversi antara lain:
  • Kode 061 (Lainnya SD)
  • Kode 125 (Lainnya SMP)
  • Kode 230 (Lainnya SMA, SMK)
  • Kode 527 (TIK Khusus Lainnya SMP, SMA, SMK)
  • Kode 177 (Bahasa Asing lainnya SMA, SMK)
Konversi kode sertifikat pendidik ini nantinya diajukan ke LPTK melalui aplikasi Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG) untuk dinilai, disetujui, dan diterbitkan surat persetujuan konversi kode sertifikat.

Ketentuan-ketentuan dan mekanisme pelaksanaan konversi kode sertifikasi untuk 061, 125, 230, 527, dan 177 ini akan dibahas secara mendetail dalam artikel tersendiri. Atau silakan baca langsung dari lampiran-lampiran dalam Permendikbud tersebut. Baca :

Termasuk mata pelajaran/bidang yang didapat setelah konversi kode-kode sertifikat pendidik tersebut.

5. Unduh Permendikbud No. 16 Tahun 2019


Untuk mempelajari dan memahami penataan linieritas guru bersertifikat pendidik yang terbaru dan berlaku surut sejak 2 Januari 2019 ini, silakan unduh dan baca Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016.

Permendikbud lengkap dengan kelima lampirannya mencapai 701 halaman. Wajar, karena di dalamnya memuat berbagai kode sertifikat pendidik mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, hingga SMK.

Silaka unduh pada tautan di bawah ini:

  • Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 (UNDUH FILE - 1,8 MB)


Akhirnya, setelah membedah Permendikbud No. 16 Tahun 2019 Tentang Linieritas Sertifikat Pendidik terbaru ini, kekhawatiran para guru madrasah atas nasib sertifikat pendidik yang dimilikinya tidak beralasan. Bahkan sebaliknya, Permendikbud No. 16 Tahun 2019 memberikan solusi bagi guru-guru yang selama ini bermasalah dengan linieritas sertifikat pendidiknya. 
Sumber : https://ayomadrasah.blogspot.com/

Download RPP PJOK SD Kelas 1 Semester 1 K13 Revisi Tahun 2019

RPP PJOK SD Kurikulum 2013 Kelas 1 Semester 1, RPP PJOK SD Kelas 1 K13 Revisi 2018 Semester 1, RPP PJOK Kelas 1 SD K13 Revisi 2018 untuk semester 1 guru penjas SD/MI semua tema dan subtema, RPP Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Guru PJOK dengan RPP K13 barunya, bahwa mata pelajaran PJOK terlepas dari tematik yang sebelumnya terintegrasi.
RPP  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan RPP PJOK SD Kelas 1 Semester 1 K13 Revisi Tahun 2019
RPP PJOK SD Kelas 1 Semester 1 K13 Revisi Tahun 2019

RPP PJOK SD K13 Kelas 1 Revisi 2018, disini akan Admin bagikan untuk yang semester 1 lebih awal karena saat ini waktu sedang berjalan pada semester satu atau ganjil kurikulum 2013, RPP Penjaskes K13 Revisi 2017 yang mengalami beberapa perubahan format.


Contoh RPP PJOK SD K13 Revisi 2018 Kelas 1 Semester 1

Perlu diketahui, bahwa dalam Artikel ini Admin membagikan contoh RPP PJOK SD K13 Revisi 2018 Semester 1 Untuk kelas 1 ini dibagikan secara gratis dan dapat di download dengan sangat mudah karena tanpa melalui link pengalihan atau yang sering disebut safelink. File yang juga dibagikan ini dalam format .doc yang dapat di rubah atau di edit dengan mudah menggunakan Ms. Word.

Silahkan bagi rekan-rekan guru yang sedang mencari atau sedang membutuhkan contoh RPP PJOK SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 kelas 1, maka silahkan download melalui tautan dibawah ini.

Download RPP PJOK SD K13 Kelas 1 Semester 1 Revisi 2018 melalui tautan dibawah ini:
RPP PJOK Kelas 1 Tema 1 [Download]
RPP PJOK Kelas 1 Tema 2 [Download]
RPP PJOK Kelas 1 Tema 3 [Download]
RPP PJOK Kelas 1 Tema 4 [Download]

Demikian informasi mengenai artikel yang berjudul Download RPP PJOK Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017. Terima kasih, semoga dapat bermanfaat untuk semua.

sumber : Gurumaju.com

Link Download Juknis Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah


Menindaklanjuti hal tersebut Kemdikbud dalam hal ini Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) sudah pula mengeluarkan edaran nomor tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah lewat surat nomor 18356 tahun 2018

Dalam surat edaran terakhir ini disampaikan bahwa bagi Kepala Sekolah yang diangkat setelah 9 April 2018 maka wajib mengikuti Diklat Pendidikan dan Pelatihan sebagai Kepala Sekolah, adapun guru yang diangkat sebagai kepala sekolah sebelum tanggal 9 April 2018 maka akan diikutkan dalam Diklat Penguatan Kepala Sekolah.

Sehubungan hal tersebut maka mulai tahun 2019 ini bagi mereka Kepala Sekolah yang masuk kategori diangkat sebelum 9 April 2018 akan diikutkan dalam Diklat Penguatan Kepala Sekolah seperti disebutkan dalam Permendikbud nomor 6 tahun 2018 Pasal 21 ayat:
e. Kepala Sekolah yang sedang menjabat sebagaimana dimaksud dalam huruf a yang belum memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (7). wajib mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan penguatan Kepala Sekolah; 

Pendidikan dan pelatihan penguatan KS akan dilaksanakan oleh LPPKS atau Lembaga lain yang telah bekerja sama dengan LPPKS berdasarkan persetujuan dari Direktur Jenderal.

Nah bagi Anda Kepala Sekolah yang merasa masuk dalam kategori tersebut siap-siap akan ikut diklat penguatan kepala sekolah.
Adapun persyaratan calon peserta diklat penguatan adalah Kepala Sekolah yang:
1. Belum memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS)
2. Belum memiliki sertifikat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah (PPCKS)
3. Diangkat sebelum 9 April 2018
4. Sudah memiliki sertifikat Pendidik

Diklat penguatan kepala sekolah tahun 2019 akan diselenggarakan oleh LPPKS bekerjasama dengan P4TK/LP3TK KPTK di seluruh wilayah Indonesia

Demikian informasi mengenai diklat penguatan Kepala Sekolah. Jadi bagi Kepsek yang diangkat sebelum 9 April 2018 akan diikutkan Diklat Penguatan ini
Sumber : Fb


































Juknis Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah dan Salinan Lampiran I,II,III,IV,V download disini

BACA JUGA : Regulasi Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018

Sumber http://supiadi74.blogspot.com/