3 Komponen Utama Pada Mesin Sepeda Motor - SMK BUDI LUHUR

Friday 4 March 2016

3 Komponen Utama Pada Mesin Sepeda Motor

Pada tahap pertama mempelajari mesin secara teori maupun praktek, terlebih dahulu diperlukan pengetahuan tentang nama-nama, lokasi dan fungsi dari komponen-komponennya.

Karena jika melakukan praktek tanpa dilandasi teori akan buta, dan teori tanpa praktek juga akan sia-sia, semoga ulasan tentang perangkat komponen utama pada mesin sepeda motor ini dapat membantu dalam mempelajari dunia teknik sepeda motor.


 1.  Kepala Silinder (Cylinder Head)

Kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpunya disekat dengan gasket (paking) untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan metal kepala silinder dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak.

Kepala Silinder dan Kelengkapannya

Kepala silinder biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran, supaya tahan karat juga tahan pada suhu tinggi serta ringan. Biasanya bagian luar kontruksi kepala silinder bersirip, ini untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara.


 2.  Blok Silinder Mesin

Silinder liner dan blok silinder merupakan dua bagian yang melekat satu sama lain. Daya sebuah motor biasanya dinyatakan oleh besarnya isi silinder suatu motor. Silinder liner terpasang erat pada blok, dan bahannya tidak sama. Silinder liner dibuat dari bahan yang tahan terhadap gesekan dan panas, sedangkan blok dibuat dari besi tuang yang tahan panas.

Blok Silinder

Blok silinder merupakan tempat bergerak piston. Tempat piston berada tepat di tengah blok silinder. Silinder liner piston ini dilapisi bahan khusus agar tidak cepat aus akibat gesekan. Meskipun telah mendapat pelumasan yang mencukupi tetapi keausan lubang silinder tetap tak dapat dihindari. Karenanya dalam jangka waktu yang lama keausan tersebut pasti terjadi. Keausan lubang silinder bisa saja terjadi secara tidak merata sehingga dapat berupa keovalan atau ketirusan.


 3  Bak Engkol Mesin (Crankcase)

Crankcase (bak engkol) biasanya terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit campuran logam.
Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari komponen yang ada di bagian dalamnya, yaitu komponen:

  • Generator atau alternator untuk pembangkit daya tenaga listriknya sepeda motor
  • Pompa oli
  • Kopling
  • Poros engkol dan bantalan peluru
  • Gigi persneling atau gigi transmisi
  • Sebagai penampung oli pelumas
Bak Engkol Mesin


Bak engkol terletak di bawah silinder dan biasanya merupakan bagian yang ditautkan pada rangka sepeda motor.

Demikian ulasan tentang komponen utama pada mesin sepeda motor, semoga bisa bermanfaat dalam pembelajaran.
Comments


EmoticonEmoticon