Thursday, 3 March 2016

Komputer biasanya dihubungkan pada peranti display, juga dikenal sebagai monitor. Monitor biasanya tersedia dalam tipe, ukuran, dan karakteristik yang berbeda. monitor masuk dalam kategori perangkat keluaran atau "output device" yang biasanya dijual terpisah saat akan membeli perangkat komputer.


Monitor Komputer

Untuk mengenal monitor lebih jauh ada baiknya kita mempelajari tentang istilah yang biasa digunakan dalam monitor, dibawah ini beberapa daftar istilah mengenai monitor.

Pixels
Pixels adalah Elemen gambar. Tampilan layar terdiri dari pixel atau titik kecil. Pixel diatur dalam baris melewati layar. Tiap pixel mengandung tiga warna, yaitu merah, hijau dan biru (RGB).

Dot Pitch
Dot Pitch adalah Ukuran seberapa dekat titik fosfor dalam layar. Semakin bagus dot pitchnya maka kualitas tampilan akan lebih baik. Kebanyakan monitor sekarang ini hanya memiliki 0.25 dot pitch. Beberapa memiliki 0.22 dot pitch yang memberikan resolusi yang bagus.

Refresh Rate
Refresh Rate adalah Tingkat tampilan layar direfresh. Refresh rate dihitung dalam hertz (Hz) berarti per detik. Semakin tinggi refresh rate, maka tampilan layar akan semakin stabil. Kelihatannya akan seperti gambar diam padahal sebenarnya selalu berkedip tiap kali elektron menabrak dot/titik berlapis fosfor. Refresh rate juga dinamakan frekuansi vertikal atau refresh rate vertikal.

Resolution
Resolution atau Resolusi adalah kualitas ketajaman tampilan monitor, Semakin banyak pixel pada layar, resolusi akan semakin baik. Semakin tinggi resolusi berarti gambar akan semakin tajam. Resolusi layar terendah dalam PC modern adalah 640 x 480 pixel yang dinamakan Video Graphic Array (VGA). Kini sudah hadir Super Video Graphics Array (SVGA) dan Extended Graphics Array (XGA) dengan resolusi mencapai 1600 x 1200.

Demikian beberapa pembahasan tentang istilah yang sering digunakan dalam ruang lingkup monitor, jika tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang komputer baca Sejarah Komputer Generasi Pertama. semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment