SMK BUDI LUHUR

Thursday, 22 December 2022

Info Terbaru Diklat Penguatan Kepala Sekolah



Menindaklanjuti hal tersebut Kemdikbud dalam hal ini Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) sudah pula mengeluarkan edaran nomor tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah lewat surat nomor 18356 tahun 2018

Dalam surat edaran terakhir ini disampaikan bahwa bagi Kepala Sekolah yang diangkat setelah 9 April 2018 maka wajib mengikuti Diklat Pendidikan dan Pelatihan sebagai Kepala Sekolah, adapun guru yang diangkat sebagai kepala sekolah sebelum tanggal 9 April 2018 maka akan diikutkan dalam Diklat Penguatan Kepala Sekolah.

Sehubungan hal tersebut maka mulai tahun 2019 ini bagi mereka Kepala Sekolah yang masuk kategori diangkat sebelum 9 April 2018 akan diikutkan dalam Diklat Penguatan Kepala Sekolah seperti disebutkan dalam Permendikbud nomor 6 tahun 2018 Pasal 21 ayat:
e. Kepala Sekolah yang sedang menjabat sebagaimana dimaksud dalam huruf a yang belum memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (7). wajib mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan penguatan Kepala Sekolah; 

Pendidikan dan pelatihan penguatan KS akan dilaksanakan oleh LPPKS atau Lembaga lain yang telah bekerja sama dengan LPPKS berdasarkan persetujuan dari Direktur Jenderal.

Nah bagi Anda Kepala Sekolah yang merasa masuk dalam kategori tersebut siap-siap akan ikut diklat penguatan kepala sekolah.
Adapun persyaratan calon peserta diklat penguatan adalah Kepala Sekolah yang:
1. Belum memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS)
2. Belum memiliki sertifikat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah (PPCKS)
3. Diangkat sebelum 9 April 2018
4. Sudah memiliki sertifikat Pendidik

Diklat penguatan kepala sekolah tahun 2019 akan diselenggarakan oleh LPPKS bekerjasama dengan P4TK/LP3TK KPTK di seluruh wilayah Indonesia

Demikian informasi mengenai diklat penguatan Kepala Sekolah. Jadi bagi Kepsek yang diangkat sebelum 9 April 2018 akan diikutkan Diklat Penguatan ini
Sumber : Fb



























Juknis Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah dan Salinan Lampiran I,II,III,IV,V download disini

BACA JUGA : Regulasi Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018

Sumber http://supiadi74.blogspot.com/

Wednesday, 21 December 2022

Update terbaru Soal Penilaian Harian K13 Kelas 2 SD Semester 1 dan Kisi-Kisi

Soal dan Kisi-kisi K13 Kelas 2 Bapak/ Ibu Guru pada kesempatan Kali ini, Admin sengaja ingin membagikan salah satu administrasi penilaian dewan guru yang telah diisi dalam bentuk serangkaian soal yang ada pada lembaga sekolah dasar maupun madrasah ibtidaiyah  pada Kurikulum K13 khususnya yan Direvisi 2018. Bank soal  yang ingin kami bagikan seyogyanya dan berusaha kami sesuaikan dengan materi kurikulum 2013 yang digunakan hari ini sehingga Anda hanya perlu unduh serta mengedit dan bisa langsung digunakan. Program evaluasi yang dishare adalah dalam bentuk bank soal ini, yang kami sediakan secara teratur dalam bentuk per tema dan beberapa dalam bentuk tema juga disertai dengan kisi-kisinya. Di bawah ini adalah daftar bank soal kami yang berkisar dari serangkaian pertanyaan tes harian, ujian tengah semester, ujian liburan, kelulusan kelas berulang, pertanyaan ujian, dan banyak lagi.Semuanya itu Admin ambil dari http://fileedukasi .blogspot.com, dengan harapan bisa bermanfaat bagi Anda semua dalam mempersiapkan evaluasi pembelajaran
Admin sengaja ingin membagikan salah satu administrasi penilaian dewan guru yang telah di Soal Penilaian Harian K13 Kelas 2 SD Semester 1 dan Kisi-Kisi

Download Bank Soal PH K13 Kelas 2 dan kisi-kisi

Beberapa manfaat dari kegiatan penilaian Harian yang dilaksanakan disetiap akhir pembelajaran Sub Tema untuk Kurikulum 2013 diantaranya sebagai berikut:
Untuk siswa:
  • Menyadari pentingnya waktu, siswa yang ujian harus tahu kapan kegiatan ujian akan dilakukan. Siswa harus menghabiskan waktu belajar di perpustakaan, belajar dalam kelompok, belajar di rumah, atau bahkan bimbingan belajar. Karena ujian itu tidak mungkin sebelum terlambat untuk pergi ke sekolah / semester untuk ujian.
  • Memahami pentingnya belajar melalui pengulangan, jika siswa ingin mendapatkan nilai bagus, mereka harus belajar. Jika tidak dipelajari, agen terapeutik dapat dikonfirmasi. Materi yang Anda pelajari saat keluar selama ujian adalah kebahagiaan siswa, dan ada perasaan bahagia karena mereka memiliki kualitas tinggi dan mereka tidak perlu mengikuti perawatan. Melalui ini kita akan sangat memahami pentingnya belajar.
  • Tanggung jawab melalui siswa harus dapat dipertanggungjawabkan, dipelajari dan dibutuhkan jika mereka ingin menjadi yang terbaik; jika mereka tidak belajar, nilainya rendah dan harus diperbaiki. Jika curang siap untuk mendapatkan penyebab cheat grosir. Melalui ini, siswa akan memahami bahwa mereka harus bertanggung jawab atas pelajaran yang diuji sehingga mereka dapat diterapkan pada kehidupan orang lain.
  • Latihan kejujuran, tes kejujuran melatih siswa ketika siswa menguji diri mereka sendiri untuk bertanya pada diri sendiri hasil pekerjaan yang dilakukan. Jika Anda sudah terbiasa menggunakannya untuk kehidupan lain.
  • Memperkirakan hasil bisnis, terlepas dari hasil ujian, siswa harus menerimanya. Nilai rendah atau tinggi adalah hasil dari konflik setelah belajar.
  • Semangat kampanye melalui siswa mereka harus memiliki semangat pertempuran yang berkelanjutan untuk mendapatkan hasil pendidikan terbaik. Karena itu, upaya terbaik adalah mendekati harapan.

Dengan mengetahui bagaimana melakukan ini, melalui replikasi, siswa dapat mempelajari langkah-langkah untuk mendapatkan kinerja terbaik dalam mencapai nilai tertinggi sehingga mereka dapat menjadi pemenang di kelas. Mereka juga berlaku di bidang lain kehidupan mereka, dan untuk mencapai kinerja apa pun, perencanaan yang cermat dan operasi yang baik diperlukan.

 (PH K13)
Untuk guru:

  • Siswa yang memiliki hak untuk melanjutkan studi mereka dan setiap siswa yang belum menguasai materi dapat diidentifikasi.
  • Guru dapat mengetahui apakah materi yang diajarkan itu ideal untuk siswa atau tidak, dan jika artikelnya sempurna, tidak akan ada perubahan ketika itu ada.
  • Guru akan tahu apakah metode yang digunakan ideal atau tidak. Jika hasil yang diperoleh oleh sebagian besar siswa bernilai tinggi, metode ini akan ideal. Jika tidak, jika sebagian besar hasil yang diperoleh siswa buruk, metode yang digunakan harus dipertimbangkan kembali dan, jika perlu, diganti.

SOAL PENILAIAN HARIAN (PH K13) KELAS II TEMA 1 SD. 4
SOAL PENILAIAN HARIAN (PH K13) KELAS 2 TEMA 1 
SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 2 TEMA 2 
SOAL PENILAIAN HARIAN  (PH K13) KELAS 2 TEMA 3
SOAL PENILAIAN HARIAN  (PH K13) KELAS 2 TEMA 4 
SOAL PENILAIAN HARIAN (PH K13) KELAS 2 TEMA 5 
SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 2 TEMA 6 
Sumber https://www.kangmartho.com/

Tips Terbaru Cara Belajar Efektif Siswa di Era Milenial

Tips Cara Belajar Efektif Siswa di Era Milenial_ Belajar adalah suatu aktivitas yang dilakukan siswa sehingga mampu mengetahui apa yang belum diketahui sebelumnya. Belajar adalah proses dari tidak tahu menjadi tahu. Namun yang perlu kalian ketahui bahwasanbya belajar tidak hanya dilihat dari kemampuan intelektual siswa.

Selama ini sebagaian penilaian menganggap seorang siswa bisa dikatakan pintar atau tidak, berbakat atau tidak, berprestasi atau tidak berdasarkan kemampuan akademik atau nilai-nilai yang didapatkan di ujian atau di rapornya, padahal belajar sejatinya lebih dari itu.

Yang mesti kalian pahami adalah nilai rapor, nilai UAS, nilai USBN/UNBK bukanlah satu-satunya tolok ukur kesuskesan seorang siswa.

Dimensi belajar sendiri di bagi tiga aspek, yakni belajar dalam hal kogntif dimana seorang siswa mengalami perubahan dan segi kemampuan intelektualnya, misalnya saja siswa yang sebelumnya tidak lancer berhitung namun setelah belajar akhirnya menjadi lancer dalam berhitung.

Selanjutnya ada juga proses belajar dalam ranah afektif. Belajar dalam ranah afektif adalah suatu bentuk belajar dimana seseorang siswa mengalami perubahan dari segi sikap atau perilakunya, misalnya saja siswa yang dulunya sopan setelah belajar akhirnya menjadi lebih sopan, siswa yang sebelumnya kurang percaya diri namun setelah belajar akhirnya menjadi lebih percaya diri.

Dan ranah belajar selanjutnya adalah belajar dalam aspek psikomotor, belajar dari segi psikomotor adalah perubahan seorang siswa dari segi keterampilan. Misalnya saja siswa yang sebelumnya tidak terampil berbicara akhirnya menjadi terampil berbicara atau misalnya siswa yang sebelumnya tidak terampil olahraga namun setelah belajar akhirnya menjadi termpil dalam berolahraga.

Jadi merupakan sebuah kekeliruan jika kalian sebagai siswa lantas menganggap diri kalian tidak berbakat, tidak berprestasi, tidak cerdas hanya karena kalian sering mendapatkan nilai yang tidak memuaskan saat di sekolah, lantas kalian menganggap diri kalian tidak bisa untuk sukses, pola pikir tersebut sebenarnya keliru.

Coba kalian melihat orang-orang sukses saat ini, secara kasat mata banyak sekali orang yang bisa sukses dengan berbagai profesi yang ada. Ada atlit pemain bola bisa mendapatkan penghasilan milyaran rupiah perminggu karena keterampilannya dalam bermain bola (aspek psikomotor), banyak orang yang bisa sukses menjadi anggota DPR, Bupati, Gubernur dll karena memiliki kemampuan bersikap yang baik/berperilaku yang baik sehingga orang bersimpati memilihnya untuk menjadi pemimpin sehingga mampu sukses dalam karirinya.

Ada pula orang yang dengan kecerdasannya/kemampuan intelektualnya (aspek kognitif) bisa sukses menjadi penemu, ilmuwan sehingga mampu menghasilkan uang yang banyak.

Jadi apa yang bisa kalian cerna dari tulisan di atas? Untuk bisa sukses sebenarnya sangat tergantung dari cara belajar kalian atau bagaimana kalian mempersepsikan (sudut pandang) kalian terhadap sesuatu.

Belajar juga jangan diartikan hanya sebatas kegiatan di dalam ruangan kelas saja. Belajar cakupannya sangatlah luas, ketika kalian misalnya naik sepeda dengan kencang dan terburu-buru kemudian jatuh maka disitu kalian juga akan belajar bahwa ternyata jika naik sepeda secara kencang dan tergesa-gesa bisa berisiko mengalami kecelakaan. Sehingga muncul dalam benak kalian untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut maka hal tersebut juga bisa katakan belajar.

Ketika kalian pulang terlambat dari sekolah karena singgah bermain dan baju kalian kotor lantas Ibu kalian marah kepada kalian, disitu juga kalian sebenarnya sedang belajar bahwa jika pulang terlambat dan baju kotor bisa membuat kalian dimarahi, sehingga muncul dalam benak kalian untuk tidak mengulangi maka hal tersebut juga bisa katakan belajar.

Lantas bagaimana cara belajar siswa yang efektif diera milineal setelah kalian telah mengetahui dimensi-dimensi belajar. Yang berikut beberapa tips yang bisa kalian aplikasikan atau terapkan dalam keseharian kalian agar bisa menjadi pribadi-pribadi yang sukses di era milineal.

Tips Cara Belajar Efektif Siswa di Era Milenial

1. Berpikiran terbuka (Open Minded)
Open minded atau memiliki pikiran yang terbuka, maksudnya adalah kalian harus mampu menyesuaikan cara berpikir kalian dengan perubahan zaman, harus mampu menerima perubahan perubahan yang ada dan bersinergi supaya mampu tetap tegar dalam prubahan hidup yang begitu dinamis.

Dalam era milineal usahakan untuk mempelajari banyak hal, mempelajari hal-hal yang urgent yang bisa menopang atau membantu karir kalian untuk sukses kedepannya. Jangan karena kalian merasa pada saat itu tidak membutuhkan ilmu tersebut lantas tidak mempelajarinya, karena bukan tidak mungkin suatu saat nanti kalian akan sangat membutuhkan ilmu tersebut. Jadi seorang siswa tidak boleh rakus selain rakus akan ilmu.

2. Temukan fashion
Seperti yang telah dipaparkan di atas bahwasanya banyak orang bisa sukses dan menjadi kaya raya namun dengan profesi berbeda, jadi jangan karena kalian melihat teman kalian bisa sukses Karena menjadi pengusaha lantas membuat kalian juga ikut-ikutan untuk menjadi pengusaha walaupun sebenarnya tidak memiliki skill untuk menjadi pengusaha dan alhasil bukannya kalian suskes malahan menjadi bangkrut.

Atau jangan karena teman kalian bisa suskes dan berhasil karena menjadi seorang olahragawan lantas kalian memaksakan diri kalian menggeluti hal yang sama namun alahasil kalian tak mampu mencapai apa yang kalian inginkan.

Maksud dari narasi tersebut bahwa kalian tak perlu menjadi seperti oranglain untuk sukses, kalian hanya perlu menjadi diri sendiri. Yang mesti kalian lakukan adalah  menemukan fashion kalian, yang perlu kalian lakukan adalah membaca apa bakat dan minat yang kalian miliki.

Setelah kalian mengetahui dalam hal apa kalian memiliki potensi  maka selanjutnya kalian hanya perlu mengasah skill dan kemampuan kalian sehingga bisa mengantarkan kalian kepada puncak kesuksesan dalam karir kalian.

3. Kolaborasi
Cara belajar yang efektif diera milineal selanjutnya adalah belajar secara berkelompok atau berkolaborasi, belajar secara berkelompok/kolaborasi memiliki beberapa kelebihan.

Kelebihan belajar secara kelompok mampu memunculkan kemampuan social (maksudnya kemampuan untuk berinterkasi dan bekerjasama), membangun hubungan social, memunculkan banyak ide dan gagasan, bisa betukar pikiran.

Seperti yang kita ketahui beberapa perusahaan bisa sukses dan berjaya karena dirintis oleh beberapa orang secara kolaboratif. Sebuah ungkapan mengatakan berat sama dipikul ringan sama dijinijing, ungkapan tersebut menyiratkan bahwasanya peranan kerjasama/kolaborasi sangat penting dalam tujuan mencapai apa yang kalian inginkan.

4. Belajar di era milineal
Bagaiman cara belajar di era milineal? Belajar diera milineal saat ini proses belajarnya tidak hanya berpatokan di sekolah saja, namun saat belajar bisa dilakukan berbasis online.

Belajar online sebenarnya juga terhitung cukup efektif dan efisien karena kalian tidak perlu lagi untuk jauh-jauh ketempat kursus, belajarnya bisa dimana saja dan kapan saja.

Salah satu bimbingan belajar online yang sangat populer di Indonesia adalah Ruang Guru. Saat ini ada begitu banyak siswa yang terdaftar di ruang guru.

Jika kalian ingin mendaftar ruang guru namun bingung cara mendafatarnya, silakan baca artikel berikut ini (Baca: Cara Mendaftar Ruang Guru)

Selain itu ruang guru juga menyediakan diskon bagi siswa yang ingin mendaftar, jika kalian ingin mendapatkan diskon saat mendaftar ruang Guru silahkan baca artikel berikut ini (Baca: Kode Diskon Ruang Guru).

Di Ruang Guru juga tersedia pilihan paket berlangganan yang bisa disesuaikan dengan kantong atau dana yang kalian miliki. Jadi jangan khawatir jika dana kalian kurang banyak.

Semoga artikel tentang Tips Cara Belajar Efektif Siswa di Era Milenial bermanfaat bagi kalian semua.

Artikel tentang Cara Belajar Efektif Siswa di Era Milenial ini ditulis oleh Bapak Syamsurijal., S.Pd., M.Pd. Jika Anda ingin mengirimkan artikel, silakan hubungi Admin via Kontak Admin. Sumber https://www.websitependidikan.com/

Langkah-langkah Penulisan Iklan yang Baik dan benar menurut KBBI

Iklan yang baik bisa menampilkan suatu produk yang berbeda dengan produk lain Langkah-langkah Penulisan Iklan yang Baik

Iklan yang baik bisa menampilkan suatu produk yang berbeda dengan produk lain.

Iklan baik memuat adanya pesan yang rasional dan mudah dicerna oleh khalayak. Selain itu, iklan harus memperhatikan rumus sebagai problema, janji, dan bukti.

Berikut ini adalah langkah-langkah penulisan iklan yang Baik

1# Mulailah iklan dengan pernyataan yang menarik perhatian khalayak, yakni berfokus pada kepentingan atau masalah yang mereka hadapi.

Misalnya, jika kamu bermaksud menjual obat (jerawat), gunakanlah pernyataan seperti berikut, "Wajah Anda berjerawat?"

Jika akan menjual produk pelangsing, pernyataan pendahuluannya bisa seperti berikut, "Anda ingin menurunkan berat badan?"

Contoh lainnya: Anda sering stres. Ingin mendapatkan ketenangan dalam waktu
kurang dari 30 menit?

#2 Menawarkan solusi.
Misalnya, untuk masalah jerawat, kamu dapat mengajukan kalimat tawaran seperti berikut: "Ramuan 'Jamu Cantik' mengurangi dan melenyapkan jerawat dalam waktu tiga pulih hari dan Anda kembali tampil cantik."

Untuk masalah berat badan, kamu dapat memberikan solusi seperti berikut, "Penyembuhan nondiet cara baru ini bergantung pada pikiran Anda, bukan oleh makanan yang Anda makan. Pikiran dapat menurunkan bobot Anda dengan cepat."

3#. Menunjukkan bukti
 Yang diperlukan khalayak sesungguhnya adalah bukti. Dalam membuat iklan, kamu tidak boleh sekadar menyampaikan janji-janji. Agar mereka lebih yakin, tunjukkanlah bukti bahwa solusi kamu berikan benar dan sesuai dengan harapan mereka.

Berikut contoh-contohnya.
a. Jerawat Anda akan sembuh dalam 30 hari atau uang kembali. Ada 11.500 orang yang wajahnya kembali putih berseri setelah menggunakan produk kami ini.

b. Riset memperlihatkan bahwa berat badan orang-orang turun sekitar 13 kg setelah menggunakan metode baru ini.

c. Anda akan merasa relaks karena metode pemijatan kami sampai-sampai Anda akan tertidur di meja pijat saya.

4#. Mengajukan harga
Bagian terakhir adalah mengajukan harga yang kamu inginkan. Berikut contohnya.
a. "Jika Anda ingin merawat wajahnya Anda sekarang, pesanlah segera ramuan istimewa kamu dengan harga…."

b. Hanya dengan …., Anda sudah bisa memainkan gitar di akhir pekan ini.

c. Klik di sini untuk membayar sejumlah …. dan Anda bisa mengunduhnya sekarang juga.

Dalam bagian ini kamu pun bisa memberikan promosi lain, misalnya dengan adanya potongan harga dan berbagai kemudahan lainnya.

Sumber http://basindon.blogspot.com/

Terbaru Download Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP)

Download Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran  Download Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP)
Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan dalam hal ini peserta didik. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pembelajaran berorientasi keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dalam upaya menjaga keprofesionalannya, guru senantiasa harus meng-update diri dengan melakukan berbagai pengembangan keprofesian berkelanjutan. Selama ini program pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dikembangkan oleh Ditjen GTK didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, lebih memfokuskan pada peningkatan kompetensi guru terutama dalam kompetensi pedagogi dan profesional, adapun Program PKP Berbasis Zonasi ini lebih memfokuskan pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Terkait dengan itulah, memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi, pedoman ini dikembangkan.

PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP)
BERBASIS ZONASI

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, selanjutnya akan disingkat dengan Program PKP, merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan bagian dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan oleh UndangUndang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan keprofesiannya. Pada Program PKB terdahulu yang dikembangkan oleh Ditjen GTK sebelumnya, yang didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional. Sedangkan Program PKP lebih berfokus pada upaya mencerdaskan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Link Download Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP)

Demikianlah artikel ini dibuat semoga bermanfaat. Salam TIK Sumber https://www.duniatik.com/

Terbaru Download Juklak Pemerolehan Sertifikat dan Nomor Unik Kepala Sekolah Madrasah (NUKS/M)

Juklak NUKS/M. Kepala Sekolah maupun Kepala Madrasah merupakan tokoh kunci dalam perbaikan Pendidikan berkualitas di Indonesia. Keberhasilan Kepala Sekolah maupun Kepala Madrasah Dengan meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga yang dipimpinnya Tidak dapat dipisahkan dari efisiensi dan kemampuan untuk memainkan tugas, Peran dan peran sebagai pemimpin sekolah. organisasi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang standar Sekolah / administrator sekolah memberikan referensi untuk pengembangan Efisiensi rektor / sekolah. Dengan standar ini Diharapkan bahwa semua pemimpin sekolah akan berada di Indonesia. Kompetensi yang tepat sebagai pemimpin sekolah. Permendicans menyatakan bahwa kepala Sekolah / sekolah diharapkan memiliki kompetensi pribadi, Kepemimpinan, kewirausahaan, pengawasan dan sosial. Bahkan, Tidak semua pemimpin sekolah memiliki keterampilan di semua kompetensi Sepenuhnya. Untuk alasan ini, restrukturisasi sistem rekrutmen utama Sekolah / sekolah harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan kandidat Kepala sekolah / sekolah yang memenuhi standar seperti mereka Dari yang diharapkan.

Kepala Sekolah maupun Kepala Madrasah merupakan tokoh kunci dalam perbaikan Pendidikan be Download Juklak Pemerolehan Sertifikat dan Nomor Unik Kepala Sekolah Madrasah (NUKS/M)
Daftar Menteri Pendidikan Nasional No. 28 tahun 2010 tentang Membutuhkan pengangkatan guru sebagai kepala sekolah / sekolah Kepala sekolah / harus memiliki sertifikat utama Sekolah / sekolah. Sertifikat itu memberi kepala sekolah / sekolah Yurisdiksi Direktur / Sekolah di mata publik. untuk
Untuk mendapatkan sertifikat dari kepala sekolah / sekolah, kandidat harus mengambil 2 Fase, fase perekrutan dan fase pelatihan dan pelatihan potensial Kepala sekolah / sekolah. Ketua Program Persiapan Calon Sekolah / sekolah juga terdiri dari banyak kegiatan Merencanakan kebutuhan lain, mencalonkan kandidat, pemilihan administrasi, Seleksi akademik, program pendidikan, dan pelatihan kepemimpinan potensial Sekolah / sekolah lembaga terakreditasi dan keberanian terakreditasi
Pengangkatan sebagai kepala sekolah / sekolah.

Melalui program untuk mempersiapkan sekolah / administrator sekolah Menghasilkan pemimpin sekolah yang kompeten / sekolah. Para pemimpin / sekolah yang kompeten akan dapat melakukannya
Kembangkan dan perkuat diri Anda. Direktur / Sekolah-sekolah agama yang kompeten akan merangsang peningkatan kinerja Peningkatan kualitas sekolah / sekolah, Pentingnya pendidikan dan daya saing. Program untuk mempersiapkan pemimpin sekolah / sekolah potensial secara bersamaan
Terdiri dari banyak kegiatan termasuk kebutuhan perencanaan, Nominasi kandidat, seleksi administrasi, seleksi akademik, perangkat lunak Pendidikan dan pelatihan calon pemimpin sekolah
Lembaga terakreditasi dan terakreditasi Sebagai kepala sekolah / sekolah.



Kepala Sekolah maupun Kepala Madrasah merupakan tokoh kunci dalam perbaikan Pendidikan be Download Juklak Pemerolehan Sertifikat dan Nomor Unik Kepala Sekolah Madrasah (NUKS/M)





Dapatkan sertifikat dan nomor unik dari pemimpin sekolah Sekolah / sekolah harus dipahami oleh institusi Yang memiliki minat memiliki pendapat yang sama. Ini adalah panduan Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran umum tentang Dapatkan sertifikat dan nomor unik dari pemimpin sekolah Calon pemimpin sekolah / sekolah.

Melalui program persiapan sekolah / sekolah Produksi pemimpin sekolah yang kompeten / sekolah.
Manajer / sekolah yang kompeten akan dapat melakukannya Kembangkan dan promosikan diri Anda. Direktur / Sekolah-sekolah agama yang kompeten akan merangsang peningkatan kinerja Meningkatkan kualitas sekolah / sekolah, Pentingnya pendidikan dan daya saing. Program untuk mempersiapkan potensi bagi para pemimpin sekolah / sekolah secara bersamaan Terdiri dari banyak kegiatan, termasuk kebutuhan perencanaan, Nominasi untuk kandidat, seleksi administrasi, seleksi akademik dan perangkat lunak Pendidikan dan pelatihan calon pemimpin sekolah Lembaga terakreditasi dan terakreditasi Sebagai kepala sekolah / sekolah.
Sumber https://www.kangmartho.com/

Teknik dan contoh Langkah-Langkah Menulis Surat Pribadi dengan Baik | Komposisi, Isi, dan Bahasa

Kali ini admin akan membagikan materi tentang surat pribadi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi materi tentang surat pribadi. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Dan kiranya materi ini dapat memberikan pemahaman yang luar biasa kepada anak didik dalam memahami lebih tentang surat pribadi. Nah, kali ini admin akan menjelaskan bagaimana cara menulis surat pribadi dengan memerhatikan komposisi, isi, dan bahasa.

Kali ini admin akan membagikan materi tentang surat pribadi dalam pembelajaran bahasa Ind Langkah-Langkah Menulis Surat Pribadi dengan Baik | Komposisi, Isi, dan Bahasa

Berikut adalah contoh surat pribadi.
Jakarta, 20 Juli 2019

Untuk sobatku Indri
di Malang

Halo, Indri, apa kabar? Kuharap kamu di sini sehat-sehat selalu dan baik-baik saja seperti aku. Dri, aku minta maaf kalau baru saat ini dapat mengirim surat untukmu. Ternyata alamat yang kamu berikan tempo hari ketika kamu belum pindah telah hilang. Aku kesulitan untuk mencari alamatmu. Aku senang ternyata kamu lebih dahulu mengirim surat untukku. Dari suratmu itu aku mengetahui alamatmu. Dri, aku sangat kehilangan dengan kepindahanmu, kamu tahu kita adalah sobat karib, sangat sulit untuk melupakan keakraban kita. Aku pun memahami kepindahanmu karena orang tuam ditugaskan di Malang. O, ya Dri, bagaimana ulanganmu? Apa masih selalu nomor satu? Itulah, Dri yang selalu kuingat yang akan kutiru. Kamu adalah pelajar yang pantang menyerah, rajin, dan pintar.
Aku kira hanya sampai di sini suratku, doakan aku agar dapat seperti dirimu!
Trims.

Sahabatmu,

Susana

Surat pribadi di atas digunakan untuk berkomunikasi antarpribadi dan sifatnya tidak resmi. Masalah yang dikomunikasikan juga masalah-masalah pribadi. Bahasa yang digunakan sangat dipengaruhi oleh sifat hubungan antarpribadi orang yang membuat surat tersebut. Misalnya, dengan orang yang lebih tua, lebih hormat, maka bahasa yang digunakan juga bahasa yang menunjukkan rasa hormat, dengan teman sebaya yang sudah akrab, maka dapat memakai bahasa pergaulan yang santai, hangat, dan sejenisnya.

Surat pribadi ditulis dengan bahasa santai, lugas, dan mudah dipahami. Hampir sama dengan jenis surat lainnya, susunan surat pribadi terdiri atas:
  1. tempat dan tanggal penulisan, biasanya terletak di sudut kanan atas, dari situ kita bisa mengetahui kapan dan di mana surat itu ditulis.
  2. tujuan surat, berisi kepada siapa surat itu ditujukan dan biasanya terletak di sudut kanan, di bawah penulisan tempat dan tanggal penulisan.
  3. isi surat
  4. identitas penulis, berisi identitas si penulis surat dan terletak di sudut kanan bawah setelah isi surat.
Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi bersifat subjektif. Akan tetapi, sebaiknya bahasa dalam surat pribadi harus komunikatif agar informasi yang disampaikan dapat dimengerti oleh penerima.

Kumpulan Contoh Surat Pribadi:
Contoh 1
Sangatta, 22 Mei 2019

Yth. Pamanda Resky
Jalan Pongtiku 989
Makale Toraja,

Dengan hormat,
Semoga rahmat Tuhan menyertai Paman sekeluarga di Toraja. Bagaimana keadaan bibi dan adik-adik di sana Paman? Tentu baik-baik seperti halnya keadaan keluarga kami di Sangatta.
Barangkali Paman terkejut dengan datangnya surat ini karena sudah lama kami tidak memberi kabar. Paman masih ingat Alex teman dekat Kak Serli itu? Kisah cinta mereka itulah yang menyebabkan kami berkirim surat kepada Paman.
Begini Paman, tanggal 21 Desember 2019 yang akan datang, Kak Serli akan menikah dengan Kak Alex. Ayah akan mengadakan acara sederhana pada pernikahan mereka. Maksud ayah hanya akan mengumpulkan sanak saudara pada acara pernikahan tersebut. Oleh karena itu, kami sekeluarga di Sangatta sangat mengharap Paman sekeluarga dapat menghadiri acara tersebut. Rasanya tidak lengkap jika paman tidak hadir.
Namun, kaulah Paman yang tidak dapat hadir, kami keluarga di Sangatta sangat memakluminya. Yang terpenting doa Paman untuk pernikahan Kak Serli, begitulah pesan dari ayah.

Paman, sekian dulu kabar dari kami.
Hormat kami,


Thiessa dan keluarga Sangatta

 Contoh 2
Palopo, 3 Juni 2019
Buat Yulius Kendek
di Sangatta

Salam jumpa,
Teman yang baik, teriring doa semoga engkau di Sangatta baik-baik saja. Sudah lama ya kita tidak saling berkirim kabar?
Yulius, kuharap persahabatan kita tidak akan putus begitu saja karena tempat dan waktu. Meskipun engkau sekarang sudah bekerja di luar Sulawesi, tetapi saya yakin jika ada waktu nanti kita akan bertemu lagi.
Walaupun berita ini bukanlah berita yang penting, aku tetap ingin berkirim kabar denganmu. Bagaimana mencari uang di sini? Ceritakan dong kisah dan pengalaman apa saja yang engkau dapatkan selama di perantauan! Aku selalu menunggu kabar darimu.

Salam, 
Teman sebangkumu dulu


Rudi Harianto

Contoh 3
Toraja, 5 Juni 2019
Untuk sobat baruku Irene Plasitha
di 
Kota Borneo

Jabat kenal,
Semoga Irene masih ingat dengan saya? Yaah, daripada nanti timbul jerawat di dahi, lebih baik saya coba ingatkan Irene sebentar ya...?
Ingat pesta ulang tahun Reka sekitar tiga bulan yang lalu? Ingat pula dengan MC amatiran yang tampak grogi saat berbicara di depan tamu undangan? Nah, kalau sudah ingat, tepat sekali tebakanmu Iren...! Saya MC konyol yang kampungan itu he... he... he...
Jangan tambah marah jika saya lancang berkirim surat kepada Irene. Juga jangan heran kalau saya mengetahui alamat Irene. Reka-lah sumber informasi saya. Tidak ada maksud apa-apa kok, selain ingin berkenalan dengan Irene. Jadi terimalah salam perkenalan ini, please dong! 
Mudah-mudahan Irene mau berkenalan dengan saya. Sungguh saya berharap Irene mau menerima salam kenal saya dan membalas surat dari saya.

Makasih


So' Kamboti  

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menulis surat pribadi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih dalam tentang surat pribadi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Sumber http://www.ilmubindo.com/