SMK BUDI LUHUR

Saturday, 1 October 2022

Contoh Telaah Kebahasaan Teks Berita 2022 | Bahasa Indonesia

Kali ini admin akan membagikan contoh telaah kebahasaan teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8 revisi. Semoga contoh telaah kebahasaan yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang bagaimana menelaah kebahasaan teks berita. Dan harapannya semoga materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah khususnya materi teks berita. Selamat belajar dan semoga sukses.

Kali ini admin akan membagikan contoh telaah kebahasaan teks berita dalam pembelajaran ba Contoh Telaah Kebahasaan Teks Berita 2019 | Bahasa Indonesia SMP Revisi

Ciri-ciri kebahasaan teks berita 
1. Menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung
Kalimat langsung adalah salah satu jenis kalimat yang merupakan sebuah hasil dari kutipan langsung dari pernyataan seseorang atau dari pembicaraan seseorang. Di mana dalam kutipan tersebut diambil sama persis dengan yang diucapkan oleh orang lain tanpa penambahan atau pengurangan kata. Kalimat langsung adalah kalimat ujaran yang ditulis kembali secara apa adanya. Kalimat langsung diapit oleh tanda kutip ("..."). 

Ciri kalimat langsung
  1. Pada kalimat langsung, jika kalian ingin membuat kalimat petikan harus di tandai dengan menggunakan tanda petik pada awal akhir kalimat.
  2. Selain itu jika menggunakan tanda petik, pada huruf pertama tanda setelah tanda petik harus kalian tulis dengan huruf kapital.
  3. Dalam kalimat langsung, kalimat menggunakan petikan dengan kalimat penggiring harus dipisahkan tanda baca koma (,).
  4. Jika kalian menggunakan atau menulis kalimat langsung yang berurutan, kalian harus menggunakan tanda baca titik dua (:) di bagian depan kalimat langsung.
  5. Pola susunan yang biasa digunakan dalam kalimat langsung adalah sebagai berikut. 1) Pengiring, kemudian di ikuti dengan kalimat kutipan. 2) Kutipan, kemudian di ikuti dengan kalimat pengiring. 3) Diawali dengan kalimat kutipan, kemudian kalimat pengiring dan terakhir adalah kalimat kutipan lagi. 
Contoh kalimat langsung
  1. "Kamu memang anak yang baik." kata kakek kepada Ani.
  2. Kata Lisa, "Saya nanti sore akan ke rumahmu."
  3. Ayah menyuruh, "Antarkan surat ini ke kantor pos."
Kalimat tidak langsung adalah sebuah kalimat yang digunakan untuk menyampaikan atau biasa disebut sebagai melaporkan kembali ucapan orang dengan cara tidak langsung atau tidak menggunakan tanda petik. Kalimat ini merupakan bentuk kalimat yang kebalikan dengan kalimat langsung. Kalimat ini hanya memiliki sifat melaporkan kembali, ucapan atau perkataan seseorang dengan menggunakan bahasa kalian sendiri. Oleh karena itu kalimat ini juga disebut dengan kalimat berita.

Ciri kalimat tidak langsung
  1. Kalimat ini penulisannya tidak menggunakan tanda petik
  2. Intonasi kalimat ini datar, dan terkesan menurun pada bagian akhir kalimat
  3. Tokoh atau pelaku yang digunakan dalam kalimat tidak langsung mengalami perubahan, yaitu: 1) Kata ganti untuk orang pertama berubah menjadi kata ganti orang ketiga. 2) Kata ganti orang kedua berubah menjadi orang pertama. 3) Kata ganti orang secara jamak diubah menjadi kami dan mereka. Tergantung pada konteks kalimat yang kalian buat.
  4. Kalimat ini menggunakan kata penghubung atau biasa disebut konjungsi. Konjungsi yang sering digunakan adalah agar, supaya, tentang, untuk, bahwa.
Contoh kalimat tidak langsung
  1. Ibu guru berkata kepadaku jika aku memang benar-benar anak yang baik
  2. Polisi berhasil menangkap basah empat orang maling dan membawanya dengan mobil polisi.
  3. Ririn berkata kepada kakeknya bahwa dia dipanggil oleh nenek untuk sarapan
 2. Menggunakan kata kerja mental
 Kata kerja mental adalah kata kerja yang menyatakan suatu respon atau sikap seseorang terhadap suatu tindakan, keberadaan, pengalaman. Arti lain dari kata kerja mental adalah kata kerja yang menerangkan aktivitas mengindrai, berpikir, atau merasa.

Contoh:
  1. Ayah khawatir karena sudah pukul 10 malam, Karin belum juga pulang ke rumah.
  2. Pemerintah harus melihat kondisi ekonomi masyarakat Indonesia secara real.
  3. Keluarga kami terharu, saat kakak lulus sebagai lulusan terbaik di universitasnya
3. Menggunakan konjungsi temporal
Konjungsi temporal adalah kata hubung yang menunjukkan urutan waktu. Teks berita harus menggunakan kata hubung ini karena waktu merupakan unsur utamanya. Berikut beberapa konjungsi temporal yang sering digunakan dalam teks berita.
  1. tatkala
  2. sesudah
  3. setelah
  4. waktu
  5. seraya
  6. sementara
  7. semenjak
  8. selama
  9. sejak
  10. sedari
  11. sebelum 
  12. sambil
  13. ketika
  14. sebelumnya
  15. setelah itu
  16. selanjutnya
  17. sesudahnya
  18. kemudian
  19. lalu
Contoh kalimat:
  1. Kejadian itu berawal tatkala Dewi berkunjung ke rumah neneknya.
  2. Sedari dulu memang dia sudah menduga, kalau dialah pelakunya
  3. Rencana itu sudah dipersiapkan selama 1 minggu
4. Menggunakan keterangan waktu
Kata ini menjelaskan waktu ketika suatu peristiwa terjadi. Beberapa keterangan waktu yang sering muncul dalam teks berita adalah kemarin, biasanya, pernah, sering, sejak, sementara, dahulu, keesokan harinya, tadi, terkadang, sekarang, dan selalu.

Contoh kalimat:
  1. Saya dan keluarga pulang dari Balikpapan kemarin lusa
  2. Tidak biasanya korban berbicara seperti itu
  3. Sejak kejadian itu dia sering menyendiri di kamarnya
5. Menggunakan bahasa baku
Bahasa yang digunakan dalam teks berita harus baku atau sesuai dengan EYD terbaru atau standar bahasa Indonesia. Hal ini dilakukan karena pembaca teks berita bersifat umum dan berasal dari berbagai kalangan. Untuk menjembatani pemahaman khalayak dari berbagai kalangan itu, kata baku mutlak digunakan.

Berikut adalah dafta kata baku yang sering digunakan dalam teks berita.
No
Kata Tidak Baku
Kata Baku
1
nyangka
sangka
2
kelub
klub
3
dapet
dapat
4
colon
calon
5
karir
karier
6
tau
tahu
7
gokil
luar biasa
8
pesepakbola
pemain bola
9
tak
tidak
10
rebu
ribu
11
bikin
membuat
12
apotik
apotek
13
pitnah
fitnah
14
silahkan
silakan
15
cinderamata
cendera mata
16
nasehat
nasihat
17
tehknik
teknik
18
anugrah
anugerah
19
enggak
tidak
20
telefon
telepon
21
disain
desain
22
bis
bus

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh telaah kebahasaan teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8. Semoga materi yang admin bagikan kali ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik disekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Sumber http://www.ilmubindo.com/

Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Pembentukan Pribadi Siswa dan Peserta Didik

Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Pembentukan Kepribadian Peserta Didik/Siswa_Pastinya Anda sudah sering mendengar istilah pendidikan karakter. Pendidikan karakter ialah pendidikan yang mengajarkan penanaman nilai-nilai moral kepada siswa berupa komponen pengetahuan dan tindakan sebagai pelaksanaan nilai-nilai kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, dan lingkungan sekitar. Semua proses komponen harus dilibatkan, termasuk pendidikan itu sendiri yang meliputi kurikulum, proses pembelajaran, kualitas hubungan warga sekolah, pelaksanaan kegiatan pengembangan diri, dan sarana prasara pendukung lainnya.

Pentingnya pendidikan karakter
Pendidikan karakter merupakan hal penting untuk membentuk kepribadian siswa. Pendidikan tidak selalu berasal dari pendidikan formal saja namun juga dari pendidikan non formal, yang mempunyai peranan yang sama dalam membentuk kepribadian siswa.

Nilai moral bangsa merupakan aspek penting dari kualitas sumber daya manusia yang mana menentukan kemajuan suatu bangsa.

Nah, terkait pendidikan karakter, tentunya setiap anak perlu dibina sejak dini, karena semakin dini diberi wawasan tentang pendidikan karakter, makin mudah dalam penerapannya.

Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Pembentukan Kepribadian Peserta Didik Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa/Peserta Didik

Berikut penjelasan beberapa alasan perlunya pendidikan karakter, diantaranya:
  • Banyak generasi muda saling melukai karena lemahnya kesadaran pada nilai-nilai moral,
  • Peran sekolah sebagai pendidik nilai-nilai moral menjadi semakin penting saat banyak diantara siswa memperoleh sedikit pengajaran moral dari orangtua, masyarakat atau lembaga agama,
  • Secara umum masih banyak nilai moral yang dapat diterima masyarakat seperti perhatian, kepercayaan, rasa hormat dan tanggung jawab.
  • Demokrasi mempunyai kebutuhan khusus untuk pendidikan moral karena demokrasi mrupakan aturan dari, untuk dan oleh rakyat.
  • Komitmen pada pendidikan karakter penting manakala kita mau untuk terus menjadi guru yang baik.
  • Pendidikan karakter yang efektif membuat sekoalh lebih peduli terhadap lingkungan dan mengacu performa peningkatan akademik.
Semakin rendahnya perhatian dan kepedulian anak terhadap lingkungan sekitar perlu diantisipasi sedini mungkin dengan pemberian pendidikan nilai-nilai moral yang tepat.

Tujuan Pendidikan karakter :
  • Mengembangkan potensi siswa agar memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa,
  • Mengembangkan kebiasaan dan perilaku siswa yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal tradisi budaya bangsa yang religius,
  • Menanmkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab siswa sebagai generasi penerus bangsa
Dari hal diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter sangat berpengaruh terhadap kepribadian siswa, karena sebagai generasi penerus bangsa, siswa dituntut mampu bersaing dalam masyarakat dan sejalan dengan pemikiran ideologi bangsa.

Karakter berasal dari nilai-nilai yang moral yang sudah tertanam dalam benak seseorang. Dalam perpektif pendidikan karakter, tidak ada perilaku anak yang bebas dari nilai. Nilai-nilai tersebut dikembangkan untuk membentuk kepribadian anak.

Dan dilihat dari komponennya pendidikan karakter lebih menekankan pentingnya tiga komponen karakter, yaitu pengetahuan tentang moral, perasaan tentang moral, dan perbuatan bermoral. Jika ketiga komponen itu mampu bekerjasama akan terbentuk kepribadian siswa yang kuat.

Cara pelaksanaan pendidikan karakter:
  • Menggunakan pendekatan yang efektif,
  • Menciptakan komunitas sekolah yang mempunyai kepedulian,
  • Memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukan perilaku yang baik
  • Memiliki cakupan kurikulum yang menantang sehingga mampu membentuk karakter kepribadian siswa
  • Menumbuhkan motivasi diri siswa,
  • Memfungsikan seluruh staf sekolah sebagai komunitas moral yang mampu berbagi tanggung jawab untuk pendidikan karakter.
Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa

Pendidikan karakter berpengaruh besar dalam membentuk kepribadian siswa. Yang mana dalam pelaksanaannya kegiatan yang dilakukan membuat siswa belajar tentang karakter dalam diri mereka. Berikut strategi pendekatan yang dilakukan:

1. Strategi internal
Dalam rangka membentuk kepribadian siswa yang kuat pihak sekolah telah memberikan berbagai kegiatan yang mampu menunjang pengembangan diri siswa. Strategi internal ini dapat dilakukan dalam kegiatan proses belajar siswa disekolah, diantaranya:

a. Intrakulikuler

Dalam lingkup intrakulikuler siswa diberikan perangkat pembelajaran yang berintegrasi pada semua bidang mata pelajaran. Hal tersebut dilaksanakan secara intensif menggunakan perencanaan pendidikan karakter, pelaksanaan pendidikan karakter, dan evaluasi pendidikan karakter.

Dengan tiga perencanaan tersebut dapat membawa dampak positif bagi kepribadian siswa, diantaranya:
  • Anak menjadi termotivasi untuk selalu berbuat jujur setiap saat;
  • Membuat anak menghormati yang lebih tua dan menyayangi sesama;
  • Selalu merasa bersyukur atas apa yang telah mereka dapatkan;
  • Melatih jiwa kepemimpinan yang kuat;
  • Melatih anak untuk berpikir kreatif;
  • Peduli terhadap lingkungan.
b. Ekstrakulikuler
Kegiatan eksrakulikuler yang sangat mendukung pendidikan karakter adalah kegiatan keagamaan. Yang mana siswa dapat memperdalam pemahaman agamanya dan sekaligus belajar berorganisasi.

Kegiatan ektrakulikuler yang lainpun sanget bermanfaat untuk menumbuhkan rasa percaya diri, tanggungjawab dan rasa menghormati antara sesama siswa.

2. Strategi eksternal
Kegiatan strategi eksternal dapat dilakukan melalui keluarga dan masyarakat. Saat ada di lingkungan keluarga Anda akan di ajarkan dasar-dasar sikap moral dan sopan santun, agar mampu berbaur dengan kegiatan masyarakat.

Dalam masyarakat juga terdapat banyak lembaga-lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan untuk menanamkan nilai moral dan pengetahuan bagi warganya.

Kepribadian siswa sebagai objek pelaksanaan pendidikan karakter tidak lepas dari tuntutan pembangunankarakter bangsa di dunia. Oleh sebab itu sebagai bangsa yang mempunyai ikatan moral yang mulia, bangsa Indonesia perlu pendidik karakter siswa yang berkualitas dan berkompeten.

Pendidikan di seluruh dunia sedang mengkaji perlunya pendidikan moral untuk dibangun kembali. Tidak hanya di negara maju saja namun di indonesia nilai moral sudah mulai longgar sehingga masyarakt mulai merasakan perlunya revival dari pendidikan moral yang akhir-akhir ini ditelantarkan, seperti berikut ini:

a. Melemahnya ikatan keluarga
Ikatan keluarga merupakan guru pertama dari setiap anak, jika keluarga sudah mulai melemah maka anak akan mudah terpengauh dan keluarga akan kehilangan fungsinya.

b. Kecenderungan negatif di dalam kehidupan remaja dewasa ini
Terutama pada kota-kota besar yang pergaulan remajanya kadang sulit terbendung, banyak terjadi kejahatan.

c. Perlunya kesadaran membentuk nilai moral
Telah timbul kecenderungan masyarakat yang mulai menyadari bahwa nilai moral sangat perlu dikembangkan agar tercipta generasi bangsa yang bermoral.

Nah, itulah pengaruh pendidikan karakter terhadap kepribadian seorang siswa. Semoga bermanfaat. Sumber https://www.websitependidikan.com/

400 Tim Bayangan Pak Mentri Pendidikan untuk Pendidikan Indonesia

Sebetulnya pak menteri kami pun ingin memberikan tepuk tangan bukan hanya orang PBB atau orang luar negeri saja bisa membeli kebutuhan kenapa kita tidak tetapi memang kenyataannya kami tidak bisa memberikan tepuk tangan itu untuk saat ini yang terjadi di Indonesia itu sangat berbeda dengan apa yang dipaparkan di PBB sana Hebat ya tapi tidak bagi kami kami Turun ke bawah 



Kami lihat air mata rakyat masih hari ini masih ada Pak kami tidak bangga sama sekali pendidikan sangat banyak ya kalau kita mau papan 11 makan waktu sampai malam pak menteri contoh saja hari ini kita dipaparkan lagi dengan penyesuaian penyesuaian program penyesuaian penyesuaian anggaran Kementerian tidak punya prinsip pada saat kami melakukan rapat rapat Panja konsinyering semua program sudah anda paparkan dengan data-data dengan dana dan dengan biaya-biaya lagi berubah lagi dengan anggaran yang berbeda-beda dengan alasan bahkan kalau tadi Teh itu pak menteri itu di di di pendidikan tinggi coba dihitung baik-baik itu ada selisih lagi saya tidak tahu apa saya salah itu sudah berulang kali itu ada sekitar 7 miliar ada 34 triliun berarti 7 triliun teman-teman ini bagaimana ini aku terlalu pintar tapi kita juga tidak bisa di bodoh bodoh amat Pak sekarang Kalau kami pastikan tidak mungkin dipilih rakyat Itu sudah pasti karena kami itu berbicara dengan data yang ada program ada anggaran ada dirasakan oleh rakyat atau tidak 



kalau tidak dirasakan rakyat bagi kami anda tidak berhasil orang luar negeri mereka tidak tahu apa-apa tapi kita yang di sini kita yang tahu kita yang rasa diangkat oleh teman saya mengenai sampai hari ini pak banyak guru-guru yang menangis kapan kami terima gaji kami makan apa ini segala macam mana kalimahna tidak bekerja lagi anak kami mau makan apa Kalau anda mau di tepuk tangan oleh seluruh rakyat Indonesia dengan bangganya ada 400 tim bayangan timbangan yang anda katakan dengan pelanggannya disana itu apa dampak positifnya apa energi positifnya untuk Indonesia daerah 3t Kenapa bayangan itu kebanggaannya coba Anda jelaskan dengan Anda seperti itu pak menteri, ungkap Anita, dikutip pada Selasa (27/9/2022)



Thursday, 2 June 2022

Pengumuman Kelulusan SMK Budi Luhur Tebo Tahun 2022

Salam SMK Bisa....! Budi Luhur Lebih Bisa......!


Berdasarkan SK Kepala SMK Budi Luhur No. 10/SK/KEPSEK/SKL/VI/2022 berikut ini disampaikan pengumuman kelulusan yang disampaikan melalui Website Official SMK Budi Luhur Tebo.

Selamat kepada Siswa/i yang dinyatakan LULUS dan terus berjuang bagi yang TIDAK LULUS, ini bukan akhir dari perjuangan akan tetapi awal dari babak baru kehidupan sesungguhnya, DIHIMBAU bagi yang dinyatakan LULUS untuk TIDAK MELAKUKAN KONVOI/ARAKAN dengan alasan apapun.

Siswa/i dapat melihat nama kelulusan dengan melakukan pencocokan NISN yang tertera, bagi siswa/i yang tidak hafal NISN bisa menanyakan kepada Wali Kelas Masing2 dinyatakan dengan isi sebagaimana terlampir dibawah ini :




Selamat BERJUANG DAN SUKSES UNTUK SEMUANYA
SMK SAGET....!

Tuesday, 12 April 2022

Langkah-Langkah Menemukan Tema, Latar, dan Penokohan pada Teks Cerpen

Kali ini admin akan membagikan materi tentang langkah-langkah menemukan tema, latar, dan penokohan dalam teks cerpen. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya dalam mencari referensi tentang teks cerpen dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Harapannya materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.

Kali ini admin akan membagikan materi tentang langkah Langkah-Langkah Menemukan Tema, Latar, dan Penokohan pada Teks Cerpen
www.IndoINT.com

Cerita rekaan Indonesia secara umum memperlihatkan tiga cara penokohan. Pertama, cara analitik, yaitu pengarang dengan kisahnya menjelaskan tokoh itu. Cara kedua adalah dramatik, yakni apa dan siapa tokoh itu tidak dikisahkan pengarang secara langsung, tetapi melalui hal-hal lain. Biasanya kedua cara ini digunakan berganti-ganti dalam sebuah teks cerpen. Cara ketiga merupakan cara yang unik. Hal ini terlihat dalam cerita Salah Asuhan, yaitu digunakan cara analitik yang panjang kemudian ditutup dengan dua-tiga kalimat cara-cara dramatik, dan cara dramatik yang panjang disudahi dengan dua-tiga kalimat analitik.

Cara dramatik memberikan gambaran secara tidak langsung melalui berikut.
  • Gambaran tentang tempat atau lingkungan sang tokoh. Misalnya digambarkan keadaan kamar si A yang porak-poranda. Buku-buku berhamburan, di sudut terlihat sepatunya, disudut lain tergantung berbagai macam benda, dan sebagainya. Dalam hal ini, pengarang tidak perlu mengatakan watak tokoh, pembaca sudah dapat menarik kesimpulan sendiri bagaimana watak penghuni kamar tersebut.
  • Cakapan yaitu cakapan tokoh itu dengan tokoh lain atau cakapan tokoh-tokoh lain tentang dia
  • Pikiran sang tokoh atau pendapat tokoh-tokoh lain tentang dia
  • Perbuatan sang tokoh
Cakapan dalam sebuah cerita rekaan bersifat serbaguna. Cakapan berguna untuk memahami tema, alur cerita, penokohan, dan juga untuk mengetahui latar cerita. Cakapan dalam cerita selalu menjadi bagian yang menyatu dan mendukung isi cerita yang disampaikan. Cakapan yang tidak ada hubungannya dengan peristiwa tertentu hanya merusak kesatuan cerita.

Bacalah dua cerpen yang dikutip dari kumpulan cerpen " Buah Keikhlasan" karya Achmad Sapari berikut!

Cerpen 1

Sebatang Kara

Tanah di pekuburan umum itu masih besah ketika para pentakziah sudah pulang. Sementara Ogal masih duduk sambil sesekali menyeka air matanya. Ibu yang selama ini paling dia hormati dan cintai, tadi malam telah meninggal dunia, menghadap Tuhan Yang Maha Esa.
Burung-burung camar terbang rendah dan sesekali mencelupkan paruhnya di air laut. Bu Tuti dan suaminya  masih berdiri dibelakang sambil menunggu Ogal. Kedua orang tua asuh itu sangat setia kepada Ogal.
"Rasanya saya sudah tidak punya siapa-siapa lagi, Bu," tiba-tiba Ogal berkata dengan suara agak berat.
Bu Tuti memegang lengan Ogal sambil mengelus rambutnya.
"Jangan berkata begitu, anakku. Kami akan menjadi orang tuamu sampai kapan pun."
"Sampai saya mandiri?" desak Ogal.
"Sampai kapan pun. Aku tidak akan membatasi kamu, sebab pada hakikatnya engkau adalah anakku juga."
"Maksud Ibu?" Ogal tidak mengerti.
"Ya, rupanya engkau ditakdirkan untuk aku asuh dan menjadi anak kami. Tetapi kami bertekad untuk menjadi orang tuamu, bukan sekadar orang tua asuh."
Ogal memeluk Bu Tuti. Air mata di pipinya tak henti-hentinya mengalir sehingga membasahi bajunya. Sementara suami Bu Tuti turut berduka atas kematian Bu Arpati.
Sebenarnya Ogal masih ragu-ragu , apakah dia akan ikut Bu Tuti atau bertahan hidup dengan mandiri. Jika dia ikut Bu Tuti tentu tidak dapat bekerja seperti ketika ia masih hidup bersama ibunya. Hal itu menjadikannya manja. Tetapi jika menolak kebaikan Bu Tuti, terasa tidak enak. Pengorbanan Ibu Guru itu sudah sedemikian besarnya.
Dari pengalaman hidupnya selama ini, banyak hal yang dapat Ogal petik. Ia biasa bekerja keras, tidak suka menggantungkan pada orang lain. Ia juga biasa hidup prihatin sehingga tidak suka berfoya-foya.
"Bolehkah saya menjajakan kue lagi, Bu?" pinta Ogal kepada Bu Tuti
"Buat apa, Ogal?"
"Agar saya tetap bisa bekerja."
"Kurasa tidak perlu, Ogal. Pusatkan perhatianmu untuk belajar. Sebentar lagi engkau akan ujian."
"Tapi, saya tidak enak kalau menganggur, Bu!"
"Di rumahku engkau tidak mungkin menganggur. Engkau bisa belajar menggunakan komputer, mengetik, nonton TV, dan memelihara kebun."
"Tapi, saya akan tidak bekerja, Bu!"
"Pada hakikatnya engkau bekerja juga.
Memelihara kebun atau membantuku di rumah juga bekerja."
"Jadi, tidak harus menjajakan kue, Bu?"
Bu Tuti mengangguk
"Kalau begitu, tolong carikan pekerjaan yang bisa saya lakukan."
Bu Tuti tersenyum
"Jangan khawatir."
Bu Tuti ternyata dapat memenuhi harapan Ogal. Banyak pekerjaan yang dapat dilakukan Ogal. Misalnya, memelihara kebun mangga, mencatat keluar masuknya barang, dan sebagainya.
Kali ini Ogal tidak kalah sibuknya dengan sewaktu berada di desa nelayan. Bahkan, mungkin boleh dikatakan sangat sibuk. Pekerjaan di rumah Bu Tuti tidak hanya satu, melainkan sangat banyak. Walaupun begitu, Bu Tuti tidak pernah memaksa Ogal untuk bekerja. Semua itu hanya semata-mata menuruti keinginan Ogal.

Cerpen 2

Musibah
 
Kemakmuran di desa nelayan itu tidak selamanya abadi. Ada saatnya naik dan ada saatnya pula turun bak gelombang pasang yang datang.
Sudah dua bulan terakhir angin kencang selalu melanda desa itu. Jika sudah demikian, tidak seorang nelayan pun berani mencari ikan menggunakan perahu, bahkan dengan perahu motor pun tidak berani.
Pak Bakri, yang dikenal sebagai nelayan terkaya di desa itu juga menderita akibat datangnya angin kencang selama dua bulan berturut-turut. Sebagai juragan nelayan, ia merasa kehilangan pendapatan. Apalagi setelah datangnya penyakit yang misterius menyerang sebagian besar penduduk. Bu Bakri sudah dua minggu tidak bisa turun dari tempat tidurnya. Tubuh terasa kaku, seakan-akan mati.
Pak Bakri telah menjual dua perahu motornya. Jika tidak, mana mungkin ia bisa membayar utangnya pada bank. Padahal sudah waktunya ia harus membayar cicilan utangnya. Belum  lagi biaya pengobatan ke dokter dan dukun akibat penyakit yang diderita Bu Bakri.
Pada saat itu Pak Bakri mulai merasakan betapa besarnya kesalahan yang telah diperbuatnya kepada penduduk. Ia yang ia yang selama ini suka mencela dan melecehkan penduduk yang miskin, merasa berdosa. Manol yang selama ini dimanjakan, terasa tidak lagi dipedulikan. Kesusahan keluarga itu terasa sangat menyiksanya.
Penduduk di desa nelayan itu benar-benar berada dalam keadaan tidak berdaya. Kebiasaan mereka membeli barang elektronika saat musim panen ikan, kini barang itu dijualnya. Radio, televisi, video, dan sebagainya, dijual agar mereka dapat mempertahankan hidupnya. Bukan cuma itu, lemari, kursi, dan perhiasan yang dipakainya juga dijual.
Orang-orang yang berada di sekitar desa nelayan itu juga turut merasakan penderitaan. Mereka yang membuka warung, toko, atau apa saja tidak laku. Pembelinya tidak ada. Utang-utang para nelayan itu menunggak sampai batas waktu yang belum diketahui.
...
Tiba-tiba angin bertiup perlahan-lahan. Deburan ombak pun mulai berkurang. Sementara wajah-wajah nelayan menatap ke langit dan penuh harap. Mereka mulai merasakan betapa musibah ini merupakan ujian yang terberat yang pernah mereka alami. Betapa tidak, selama puluhan tahun belum pernah mereka mengalami musibah seperti tiga hari. Itu pun rasanya sangat meresahkan. Selama ini mereka harus beristirahat total selama dua bulan.

Tema, latar, serta penokohan dalam cerpen di atas adalah sebagai berikut.
Tema 
Cerpen 1
Mengenai keteguhan hati seorang anak yatim piatu yang tidak ingin bergantung kepada orang lain. Tema tersebut memiliki  subtema mengenai kebaikan hati seseorang.
Cerpen 2
Mengenai perputaran kehidupan atau keadaan yang sewaktu-waktu dapat berubah. Tema tersebut memiliki subtema kesadaran atau penyesalan seseorang yang muncul karena adanya musibah

Latar
Cerpen 1
1) Latar tempat: tanah pemakaman, rumah Bu Tuti
2) Latar suasana: kesedihan, ketegaran dan keteguhan, serta kesibukan
3) Latar waktu: saat di pemakaman, saat di rumah Bu Tuti
Cerpen 2
1) Latar tempat: kampung nelayan dan rumah Pak Bakri
2) Latar suasana: keadaan yang susah atau sedih di suatu daerah karena adanya musibah dan penyakit; penyesalan.
3) Latar waktu: pada suatu hari saat terjadi musibah di kampung nelayan

3. Penokohan
Cerpen 1
1) Ogal: tegar dan bersemangat mandiri
2) Bu Tuti : baik hati
Cerpen 2
1) Pak Bakri : pencela yang kemudian sadar
2) Bu Bakri : tidak terungkap jelas
3) Manol : manja
4) Penduduk : pemboros

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menemukan tema, latar, dan penokohan dalam teks cerpen. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.

Sumber 
http://www.ilmubindo.com/

50 Contoh Soal Multimedia Kelas XI Semester 2 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

Soal dan Jawaban Multimedia Kelas XI Semester  50 Soal Multimedia Kelas XI Semester 2 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya
Contoh Soal Multimedia Kelas 11 Semester 2 dan Kunci Jawabannya
1. Pengunaan berbagai media yang berbeda untuk menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, video, adalah..........
a. Multimedia
b. Estetika
c. Seni
d. Sketsa
e. Media masa

2. Model warna yang digunakan dalam percetakan berwarna sehingga menghasilkan gambar yang relatif sempurna, adalah.........
a. Merah, kuning, dan hijau
b. Merah, hitam, biru dan putih
c. Hitam, putih dan unggu
d. Cyan, magenta, yellow, black
e. Cyan, magenta dan yellow

3. Warna berikut Merah, Kuning, Hijau Laut dan Biru adalah warna perimer dari sistem warna. .........
a. Substracctive color system
b. Ostwold color system
c. CMYK
d. CMY
e. Goethe weihgted color syistem

4. Gabungan warna cyan, magenta dan yellow, menghasilkan warna. ........
a. Warna black
b. Warna blue
c. Warna green
d. Warna red
e. Warna unggu

5. Membuat gambar bentuk merupakan cara menggambar opjek dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan, adalah..........
a. Tehnik linier
b. Tehnik Block
c. Tehnik Arsir
d. Tehnik Pointilis
e. Ttehnik Dussel

6. Media yang di gunakan untuk multimedia conten production, kecuali........
a. Media teks
b. Media audeo
c. Media gambar
d. Media animasi
e. Media komunikasi

7. Berikut ini merupakan fungsi dari gambar sketsa, kecuali.........
a. Untuk memberikan gambaran tema
b. Meminimalisir kesalahan
c. Mempertajam pengamatan
d. Mempermudah hasil akhir
e. Meningkatkan kemampuan keterampislan tanggan

8. Opjek gambar yang di bentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis, disebut.........
a. Vektor
b. Bitmap
c. Grafik
d. Lossy
e. Loosless

9. Sudut pandang yang hanya di pakai untuk menggambar sesuatu yang sangan luas, besar dan tinggi, adalah
a. Prespektif 1 titik hilang
b. Prespektif 2 titik hilang
c. Prespektif 3 titik hilang
d. Prespektif 4 titik hilang
e. Prespektif 5 titik hilang

10. Warna substraktif adalah warna yang berasal dari.........
a. Tanah
b. Dedaunan
c. Pigmen
d. Cahaya
e. Lumpur

11. Warna yang dapat menggambarkan alam, lingkungan, kesehatan, dan kesuburan adalah.........
a. Hitam
b. Kuning
c. Magenta
d. Hijau
e. Biru

12. Yang termasuk dalam warna substractive, adalah.........
a. CMY
b. CMYK
c. RGB
d. Hue
e. Value

13. Tools Cprel Drow yang di gunakan untuk memilih opjek dan mengubah ukuran opjek, adalah........
a. Diagram conect
b. Rectenggle and square
c. Bezire tool
d. pick tool
e. freehand tool

14. Tenik menggambar dengan menggunakan cat air dengan sapuat tipis sehingga hasilnya tampak transparan, disebut........
a. Block
b. Arsir
c. Pointilis
d. Linier
e. Aquarel

15. Perbedaan iklan di televisi dan di koran terletak pada. .........
a. Tujuan
b. Audeo
c. Grafis
d. Texs
e. Image

16. Perhatikan pernyataan di bahaw ini........
1.Bersifat scalable
2.Memiliki warna yang solit
3.memiliki ukuran file yang kecil
4.Perubahan ukuran mempengaruhi kualitas gambar
5.Cocok untuk gambar seperti kartun dan logo

Dari pernyataan di atas yang bukan kelebihan dari gambar vektor, adalah.......
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

17. Pencampuran dua warna yaitu cyan dan magenta menghasilkan warna. .........
a. Green
b. Gray
c. Red
d. Blue
e. Black

18. Dibawah ini kepanjangan dari JPG yang paling tepat, adalah.........
a. Join Photos Exspert Group
b. Jion Photograpic Exspert Group
c. Join Photograpic Exspert Group
d. Just Photos Exspert Group
e. Just Photograpic Exspert Group

19. Di bawah ini yang termasuk Hue, adalah.........
a. Blue
b. Keselarasan warna
c. Kesatuan warna
d. value
e. Interval warna

20. Tehnik penggambaran opjek dengan memenuhi warna ke benda yang di jadikan model, disebut........
a. Linier
b. Arsir
c. Block
d. Aquarel
e. Pointilis

21. Tampilan permukaan dari suatu benda yang dapat di nilai dengan cara dilihat atau diraba, disebut.........
a. Bentuk
b. Ruang
c. Tekstur
d. Warna
e. Ukuran

22. Cara menggambar opjek dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan di sebut tehnik..........
a. Linier
b. Block
c. Arsir
d. Pointilis
e. Dusel

23. Berikut ini yang merupakan warna represntasi dari alam, adalah..........
a. Warna merah menggambarkan keberanian
b. Warna hijau menggambarkan daun
c. Warna kuning menggantikan makna hati-hati
d. Warna hijau berarti jalan
e. Semua jawaban benar

23. Berikut ini merupakan perinsip-perinsip seni rupa.  kecuali.........
a. Prespektif
b. Proporsi
c. Komposisi
d. Angle
e. Shadow

23. Tools corel drow yang di gunakan untuk mewarnai bidang opjek, adalah.........
a. Diagram connect
b. Hand tool
c. Bezire tool
d. Pick tool
e. Fill tool

23. Menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dan bentuk-bentuk visual secara jelas, merupakan fungsi dari..........
a. Warna
b. Value
c. Dsign grafis
d. Bentuk
e. Photograf

24. Berikut pernyataan yang benar mengenai warna, adalah.........
a. Warna terlihat karena adanya cahaya yang memantul pada retina mata
b. Warna dapat di pakasi sebagai komunikasi dan exspresi
c. Wrna dapat di gunakan sebagai sarana untuk mempertegas pesan/tujuan dari sebuah karya desain
d. Jawaban a, b.  c salah
e. Jawaban a, b, c benar

25. Garis cakrawala yang memiliki posisi tinggi mata, adalah.........
a. Horizon
b. Titik lenyap
c. Bitmap
d. Vektor
e. Garis vertikal

26. Tehnik yang menghasilkan gambar rekontruksi yang sama dengan gambar yang aslinya, disebut.........
a. Lukis
b. Bitmap
c. Vektor
d. lossless
e. lossy

27. Untuk melihat jenis aplikasi yang di pakai file dapat di lihat dari.........
a. Ukuran file
b. jenis file
c. Semua jawaban benar
d. Media penyimpanan
e. Format file

27. Kepanjangan dari TIF yang paling tepat adalah.........
a. Tagged image format file
b. Tagged imsge for file
c. Targa image format file
d. Targa image for file
e. Tagged image form file

28. Sudut pandang yang biasanya digunakan untuk mengambarkan ruang luas/eksterior, adalah..........
a. Prespektif 1 titik hilang
b. Prespektif 2 titik hilang
c. prespektif 3 titik hilang
d. Tutuk lenyap
e. Garis vertikal

29. Model warna berbasis pengurangan warna berbasis pengurangan sebuah gelombang cahaya umumnya pergunakan dalam dunia percetakan, adalah
a. CMY
b. CMYK
c. RGB
d. HUE
e. VALUE

30. Cara menggambar dengan meniru opjek dan mengutamakan kemiripan rupa,adalah..........
a. Gambar bentuk
b. Gambar bebas
c. prespektif
d. Bentuk silindris
e. Bentuk kobistis

31. Perubahan ukuran gambar mempengaruhi kualitas gambar. merupakan kekurangan dari gambar.........
a. Vektor
b. Bitmap
c. Lukis
d. lossless
le. ossy

32. Sudut pandang yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya, adalah..........
a. Mata burung
b. Mata manusia
c. Mata barung
d. Mata cacing
e. Jawaban

33. Berikut ini yang merupakan gambar kubistis, kecuali.........
a. Meja
b. Lmari
c. Kardus
d. Pintu
e. Piring

34. Kepanjangan dari warna RGB, adalah..........
a. Red Green Blue
b. Red Gray Blue
c. semua jawaban benar
d. Red Green Black
e. Red Grean Blue

35. Komunikasi dalam bentuk visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan se’efektif mungkin, disebut..........
a. Design grafis
b. Estetika
c. Ilustrasi
d. Multimedia
e. Sketsa

36. Sudut pandang pengambilan gambar yang dapat di lihat dari viewfinder pada sebuah kamera,disebut.........
a. Komposisi
b. Ligting
c. Angle
d. Posisi
e. Log

37. Yang di butuhkan dalam membuat sebuah iklan pemasaran di televisi,kecuali..........
a. Video
b. Filem
c. Text
d. Gerafik
e. Animasi

38. Orang yang bertugas mempersiapkan dan menyetel semua peralatan yang di gunakan,adalah..........
a. Asisten produksi
b. Teknisi audio
c. Direktur seni
d. Director teknis
e. Peroduser

39. Tehnik menggambar dengan garis-garis sejajar atau menyilang untuk menentukan gelap terang opjek sehingga tampak 3D,adalah.........
a. Block
b. Arsir
c. Pointilis
d. Dusel
e. Linier

40. Dimensi mengenai derajat gelap terang warna atau muda tuanya warna disebut..........
a. Tont
b. Shade
c. Value
d. Hue
e. Tint

41. Kuat lemahnya warna atau cerah lembutnya warna,disebut..........
a. Tont
b. Hue
c. Value
d. Interval
e. Chrome

42. Dua cara untuk menghemat ruang hardisk dalam menyimpan gambar, yaitu.........
a. Lossy dan lossless
b. Zoom size
c. Piktograf dan toporafi
d. Bitmap dan vektor
e. Ekstensi dan format

43. Perangkat lunak yang di gunakan untuk membuat animasi 3D, adalah..........
a. Coreldrow
b. Shop pro
c. 3D studio max
d. Adobe photoshop
e. Delphi

44. Pencampuran dua warna yaitu cyan dan magenta menghasilkan warna. .........
a. Green
b. Gray
c. Red
d. Blue
e. Black

45. Dibawah ini kepanjangan dari JPG yang paling tepat, adalah.........
a. Join Photos Exspert Group
b. Jion Photograpic Exspert Group
c. Join Photograpic Exspert Group
d. Just Photos Exspert Group
e. Just Photograpic Exspert Group

46. Di bawah ini yang termasuk Hue, adalah.........
a. Blue
b. Keselarasan warna
c. Kesatuan warna
d. value
e. Interval warna

47. Tehnik penggambaran opjek dengan memenuhi warna ke benda yang di jadikan model, disebut........
a. Linier
b. Arsir
c. Block
d. Aquarel
e. Pointilis

48. Pada warna sebagai alat, serta sarana dan media komunikasi, warna putih berarti..........
a. Kesucian
b. Kebersihan
c. Kebaikan
d. Kesucian
e. Semua jawaban benar

49. Menggambar bentik dapat di artikan sebagai suatu susunan opjek gambar adalah pengertian dari..........
a. Gelap-terang
b. Bayang-bayang
c. Prespektif
d. Block
e. Komposisi

50. Berikut ini merupakan pernyataan yang benar mengenai bitmap, kecuali.........
a. Mampu menangkap nuansa warna dengan bentuk yang natural
b. Perubahan ukuran mempenaruhi kualitas gambar
c. Kompres gambar mempengaruhi kualitas gambar
d. Mempunyai warna yang solit cocok untuk gambar yang sederhana
e. Ukuran file relatif besar

Demikianlah 50 Soal Multimedia Kelas XI Semester 2 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya, semoga bermanfaat salam sukses untuk semua sahabat Multimedia. 

 Sumber https://administrasingajar.blogspot.com/

Saturday, 9 April 2022

Contoh Lengkap Soal Ulangan Harian Online Teks Laporan Pecobaan | Bahasa Indonesia SMP2019

Kali ini admin akan membagikan conoth soal ulangan harian (UH) teks laporan percobaan bahasa Indonesia kelas 9 semester 1 dalam bentuk soal online. Semoga soal online yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal onlone terbaru seputar mata pelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya soal-soal yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah maupun di rumah saat berlatih soal online ini.
 
Selamat datang dan selamat bergabung bersama dengan anak didik lainnya di situs kami ini. Dapatkan soal-soal online terbaru pilihan yang pastinya sesuai dengan kurikulum 2013 revisi dengan sangat mudah dan praktis. Soal online teks laporan percobaan admin bagikan khusus buat anak didik kelas 9 yang akan melakukan ulangan harian (UH). Semoga hasil kalian setelah ulangan ini mendapatkan nilai yang tentunya memuaskan dan sesuai dengan harapannya.

Kali ini admin akan membagikan conoth soal ulangan harian  Soal Ulangan Harian Online Teks Laporan Pecobaan | Bahasa Indonesia SMP 2019

Sebelum kalain mengerjakan soal-soal yang ada dalam soal online ini langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengisi dengan lengkap identitas di halaman peling depan soal. Peserta ujian wajib mengisi nama lengkap, kelas, dan asal sekolah. Setelah itu ikuti petunjuk soal dengan benar. Dan yang paling utama adalah jangan terburu-buru dalam mengerjakan soal agar apa yang kalian kerjakan hasilnya lebih memuaskan. Selamat mengerjakan dan mohon maaf apabila ada soal atau pertanyaan yang kurang jelas. Sukses selalu buat kalian semua.

 

 Sumber http://www.ilmubindo.com/