Thursday, 13 October 2016

Salam SMK Bisa, 
Salam Pramuka,
Gerakan pramuka sebagai organisasi nonformal dilingkungan sekolah, merupakan organisasi yang memberikan begitu banyak manfaat secara langsung maupun tidak langsungkepada peserta didik, tentang berbagai macam bidang keilmuwan maupun pembentukan mental serta akhlakul karimah. Melalui kegiatan kepramukaan, eksplorasi bakat dan minat peserta didik akan tersalurkan, karena pramuka menghargai setiap bakatdan minat peserta didik yang kemudian akan terus dikembangkan oleh organisasi pramuka, dengan cara memberi wadah serta memfasilitasi peserta didik sesuai dengan bidang yang ditekuni. Di dalam pramuka peserta didik pun dapat mempraktekan teori-teori keilmuwan yang dipelajari dalam pembelajaran wajib di sekolah dan dapat membuktikan langsung ilmu yang telah didapat sehingga kecerdasan dan ketrampilan peserta didik semakin terasah.

Keikutsertaan SMK Budi Luhur dalam kegiatan kepramukaan
di Kampus Undhari Dharmasrya

Pembelajaran pramuka termasuk model pembelajaran terintegrasi atau terpadu adalah pengorganisasian kurikulum yang menggunakan pendekatan interdisipliner, mencocokpadukan beberapa mata pelajaran dengan berlandaskan pada konsep dan topik yang ada. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013, dijelaskan bahwa tujuan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka pada satuan pendidikan adalah untuk:
  1. Meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik
  2. Mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya.
Dengan landasan tersebut SMK Budi Luhur mencoba untuk menggerakkan kegiatan kepramukaan di lingkungan sekolah. SMK Budi Luhur mempunyai Gudep 09045-09046. Saat ini kegiatan kepramukaan dibawah bimbingan Dwi Asmoko

0 comments:

Post a Comment